Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Tips Mudah Menghitung dan Membagi Porsi Makan

Written by Mealfit | Dec 21, 2023 3:09:00 AM

Salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa diabaikan adalah makan, supaya kebutuhan nutrisi dalam tubuh pun dapat terpenuhi dengan baik. Namun, pola dan porsi makan perlu dikontrol dengan baik, supaya Anda dapat mencegah berbagai penyakit atau masalah kesehatan.

Jika Anda merasa kebingungan untuk menghitung dan membagi porsi tersebut, maka kini Anda sedang membaca artikel yang tepat. Simak penjelasan di bawah ini, lalu pastikan Anda kini bisa lebih memperhatikan porsi dan pola makan yang sehat.

Tips Menentukan Porsi Makan secara Tepat

Ketika akan menentukan porsi yang tepat, maka ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Ukuran Piring

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan piring yang akan Anda gunakan. Sebaiknya, gunakan piring yang berukuran kecil, karena biasanya banyak orang yang akan cenderung memasukkan porsi yang lebih banyak jika memakai piring berukuran besar.

Inilah salah satu faktor yang bisa membuat Anda makan lebih banyak dibanding porsi yang seharusnya.

2. Komposisi Makanan

Kedua, perhatikan komposisi makanan yang disiapkan ke dalam piring Anda. Perlu dipastikan bahwa makanan tersebut telah mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, misalnya protein, karbohidrat, mineral, vitamin, serta lemak sehat.

Anda juga membagi setiap jenis makanan ke dalam bagian-bagian tertentu, sehingga porsinya bisa lebih seimbang.

3. Rasa Lapar

Tips ketiga yaitu sebaiknya Anda makan sebelum merasa terlalu lapar. Jika perut sudah merasa sangat lapar, maka Anda bisa saja memiliki kecenderungan untuk memasukkan lebih banyak makanan ke dalam piring.

Maka dari itu, makan dengan porsi kecil sebanyak beberapa kali serta mengonsums cemilan sehat dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa lapar dengan cara yang tepat. Terlebih hal tersebut dapat manjadi salah satu  cara engatasi lapar saat malam hari

4. Fokus pada Makanan

Ketika sedang makan, maka sebaiknya Anda fokus kepada aktivitas tersebut. Hindari melakukan aktivitas lain di saat yang bersamaan, misalnya bermain gadget atau menonton televisi.

Jika makan sambil melakukan aktivitas lain, maka bisa saja Anda tidak menyadari jika memasukkan porsi yang terlalu banyak ke dalam piring, atau menambah porsi yang sebelumnya sudah disiapkan.

Cara Menghitung Porsi Makan yang Tepat

Selain memperhatikan hal-hal di atas, maka ada juga cara yang tepat untuk menghitung porsi yang tepat. Inilah bagian penting yang sebaiknya Anda perhatikan, supaya tidak salah salam menakar porsi untuk makanan.

1. Jari

Pertama, Anda bisa memanfaatkan jari untuk menghitung porsi, misalnya untuk mengukur karbohidrat. Gunakan jari telunjuk untuk mengukur roti atau nasi yang akan dimakan. Namun, Anda juga perlu mengetahui perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

2. Ukuran Tangan

Selanjutnya, bisa juga dengan menggunakan ukuran tangan, misalnya ketika kan mengukur porsi protein sejenis ikan atau daging. Selanjutnya, untuk porsi sayuran, bisa diukur memakai kepalan tangan Anda.

3. Timbangan

Selain diukur dengan jari dan tangan, akan lebih akurat jika Anda memakai timbangan atau jenis alat ukur yang lainnya. Dengan begitu, maka Anda dapat memasukkan porsi yang lebih tepat, tidak terlalu banyak atau sedikit.

Tips untuk Mengurangi Porsi Makan saat Diet

Bagi orang-orang yang sedang melakukan diet dengan mengurangi porsi untuk makan, maka berbagai tips di bawah ini dapat menjadi solusi tepat.

1. Makan secara Lambat

Anda bisa makan dengan lambat dan menikmati setiap gigitannya, supaya tidak cepat merasa kenyang dan ingin menambah porsi.

2. Menghindari Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

Tips kedua, usahakan untuk menghindari berbagai jenis makanan atau minuman yang memiliki tingkat kalori tinggi. Aturlah untuk mengubahnya menjadi berbagai makanan sehat seperti sayur, buah, serta jenis protein yang rendah lemak.

3. Menggunakan Piring Kecil

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, ada baiknya Anda mengganti piring dengan ukuran yang lebih kecil supaya porsinya tidak berlebihan.

4. Tidak Melewatkan Sarapan

Tips terakhir, atur waktu makan dengan baik, supaya kebutuhan energi sepanjang hari dapat terpenuhi secara optimal. Pastikan Anda tidak meninggalkan waktu sarapan, lalu aturlah menu sarapan dengan gizi seimbang. 

Trik Membagi Porsi Makanan Pokok, Buah, dan Sayur

Untuk orang dewasa, jumlah kalori yang dibutuhkan umumnya berada di angka 2.000 kkal untuk setiap harinya. Namun, jika ada kondisi kesehatan tertentu, maka kebutuhannya dapat lebih disesuaikan. Berikut adalah anjuran jumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk makanan sehari-hari:

  • Untuk karbohidrat, jika mengonsumsi nasi, maka Anda bisa makan 500 gram setiap harinya.
  • Untuk protein, sebaiknya konsumsi sebanyak 100 sampai 400 gram jika menggunakan bahan nabati, atau 70 sampai 160 gram jika memakan protein hewani.
  • Untuk sayur dan buah, disarankan mengonsumsi 400 sampai 600 gram setiap harinya.
  • Lalu, jika akan membaginya dalam piring, maka Anda bisa membagi 50% bagian untuk makanan pokok dan lauk, sedangkan sisanya untuk sayur dan buah.

Setelah membaca berbagai cara, tips, dan trik di atas, mungkin saja ada banyak orang yang merasa hal tersebut terlalu merepotkan. Jika Anda tidak memiliki waktu atau tenaga, maka sebenarnya Anda tidak perlu mempersiapkan semua itu sendiri.

Tenang saja, Anda juga bisa memesan menu Meal Plan dari Mealfit, sehingga tidak perlu lagi pusing-pusing menghitung porsi makan yang ideal. Jangan tunda lagi, segera hubungi dan pesan menu favorit Anda di Mealfit!