Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Seberapa Pentingkah Manfaat Protein untuk Diet?

Written by Aaron S. | Jun 13, 2024 2:48:06 AM

Ada berbagai manfaat protein untuk diet yang sebaiknya Anda pahami, karena pada dasarnya ada yang disebut dengan diet tinggi protein. Maksud dari diet sehat tersebut yakni mengurangi konsumsi karbohidrat dan mengonsumsi lebih banyak asupan protein untuk tubuh.

Jadi, apa saja manfaat protein tersebut? Seberapa penting untuk melancarkan program dan target diet? Simak penjelasan selengkapnya di sini dan pastikan Anda mengonsumsi menu bergizi seimbang setiap harinya!

Manfaat Protein untuk Diet

Perlu diketahui bahwa protein adalah salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Ada berbagai fungsi dasar dari protein, antara lain untuk perbaikan sel, pemeliharaan sel, dan menjaga fungsi hormon dan enzim.

Kembali pada diet tinggi protein, jumlah protein yang umumnya direkomendasikan yakni lebih dari dua puluh persen jika dihitung dari total kalori setiap harinya. Berikut adalah berbagai manfaat penting asupan protein untuk menjalankan program diet Anda.

1. Menurunkan Nafsu Makan

Ketika melakukan program diet dengan target tertentu, maka salah satu tantangan terbesar yang perlu dihadapi yakni keinginan untuk makan, baik makan besar maupun mengonsumsi camilan. Nafsu makan yang tinggi dapat membuat Anda makan lebih banyak dari porsi yang disarankan.

Salah satu langkah yang bisa mengantisipasi hal ini yakni mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein, termasuk untuk camilan sehari-hari. Asupan protein dapat membuat Anda lebih kenyang lebih lama. Hal ini selanjutnya bisa mengurangi nafsu makan.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, maka Anda berpotensi untuk menurunkan jumlah kalori yang dimakan setiap harinya, khususnya untuk Anda yang sudah terlalu banyak konsumsi kalori.

2. Mengoptimalkan Metabolisme Makanan

Setelah Anda mengonsumsi makanan, maka sebagian dari kalori yang masuk ke tubuh akan terpakai untuk sistem pencernaan dan metabolisme. Proses ini umumnya disebut sebagai thermic effect of food atau efek termik makanan.

Lalu, perlu Anda ketahui bahwa protein memiliki tingkat efek termik yang lebih tinggi jika dibandingkan lemak dan karbohidrat. Hal ini membuat protein dapat memaksimalkan metabolisme di dalam tubuh.

3. Membakar Kalori dalam Jumlah Lebih Banyak

Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup dapat membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.

Hal ini disebabkan oleh kandungan dan efek yang dimiliki protein dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Maka dari itu, kalori di tubuh pun semakin mudah terbakar, bahkan ketika Anda sedang beristirahat atau tidur.

Selanjutnya, dampak ini membuat diet tinggi protein terbukti efektif dalam menurunkan berat badan.

Namun, sering kali banyak orang yang merasa kesulitan untuk mempersiapkan makanan tinggi protein setiap harinya. Maka dari itu, menu diet sehat dari Mealfit dapat menjadi solusi, Anda bisa melihat berbagai pilihan menu yang sudah disediakan.

4. Mencegah Berkurangnya Massa Otot

Jika Anda sedang diet dalam rangka mengurangi berat badan, sebaiknya Anda perhatikan lagi hal apa yang akan dikurangi dalam tubuh Anda. Diet yang baik adalah diet untuk mengurangi lemak di dalam tubuh. Lemak ini terdiri dari lemak viseral yang berada di sekitar organ lemak subkutan yang berada di bawah kulit.

Namun, masih banyak orang yang diet dan berkurang berat badannya, bukan karena berkurangnya lemak, melainkan karena berkurangnya massa otot di dalam tubuh.

Ini adalah efek samping dari program diet yang sudah sering dialami oleh banyak orang. Padahal, Anda perlu menjaga massa otot selama diet, justru yang perlu dikurangi adalah lemak.

Untuk bisa mencapai hal ini, maka konsumsi protein dapat menjadi solusi. Salah satu manfaat protein untuk diet adalah mencegah berkurangnya massa otot, sehingga tubuh tetap sehat.

5. Mengubah Kadar Hormon untuk Mengatur Berat Badan

Di dalam otak, terdapat area yang dikenal dengan hipotalamus. Area ini menjadi penting untuk mengatur berat badan Anda, karena dapat memproses berbagai informasi tentang seberapa banyak makanan yang perlu Anda konsumsi dan kapan saja waktu makannya.

Jadi, bisa dibilang bahwa ini adalah tempat yang mengatur perubahan hormon. Adanya asupan protein yang cukup dapat membuat kadar hormon kenyang meningkat, sekaligus dapat menurunkan ghrelin atau hormon lapar yang ada di dalam tubuh.

Inilah manfaat protein untuk diet yang berhubungan dengan pembahasan pertama, tentang menurunkan nafsu makan.

Dapatkan Manfaat Protein untuk Diet dari Makanan Sehat

Itulah berbagai manfaat protein yang penting bagi tubuh, bahkan ketika sedang menjalani program diet. Maka dari itu, pastikan asupan kebutuhan protein Anda tetap terpenuhi dengan konsumsi makanan sehat, bernutrisi, dan bergizi seimbang.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menyiapkan menu makan sehat untuk setiap harinya, maka Mealfit bisa menjadi solusi praktis. Berbagai meal plan di Mealfit dapat menemani program diet Anda.

Mealfit adalah catering sehat yang menyediakan berbagai variasi menu yang praktis, fresh, cocok untuk diet, serta sudah memenuhi standar Australia. Namun jangan salah, cita rasanya tetap menjadi perhatian penting sehingga Anda bisa tetap menikmati makanan enak setiap hari.

Macam-macam manfaat protein untuk diet pun bisa didapatkan. Jadi, jangan ragu untuk segera memesan menu catering sehat MealFit, silakan hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut. Lalu, baca juga artikel "7 Jenis Protein Terbaik untuk Diet Maksimal".