Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Wajib Tahu! Ini 8 Makanan Pembentuk Otot Terbaik

Written by Aaron S. | Jul 19, 2024 3:08:29 PM

Makanan pembentuk otot umumnya adalah makanan yang tinggi protein. Anda perlu mengonsumsinya bila menginginkan peningkatan massa otot. Kekuatan otot pun akan semakin optimal bila Anda menerapkan diet tinggi protein bersama dengan latihan fisik pendukungnya.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui apa saja makanan tinggi protein pembentuk otot terbaik. Artikel ini akan membahasnya untuk Anda, jadi mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

8 Makanan Pembentuk Otot Terbaik

Menambah massa otot dan meningkatkan kekuatannya bisa Anda peroleh melalui konsumsi makanan tinggi protein. Beberapa jenis makanan tersebut di antaranya:

1. Dada Ayam

Makanan pertama adalah dada ayam. Kandungan protein untuk 100 gram ayam fillet adalah 25 gram. Jumlah tersebut cukup tinggi dan bisa membantu pengoptimalan pembentukan otot.

Sebelum diolah, pastikan Anda memilih daging ayam yang segar dan sehat untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Pengolahan dada ayam sebaiknya Anda lakukan melalui pemanggangan, pengukusan, atau perebusan. Tujuannya untuk mempertahankan khasiat kesehatannya ketika Anda konsumsi.

Mencampur dada ayam ke makanan seperti salad sayur pun menjadi opsi yang ideal untuk Anda coba.

2. Telur

Pilihan makanan pembentuk otot yang murah meriah adalah telur. Nutrisi pada telur sangat variatif. Beberapa contohnya mulai dari omega-3, asam amino leusin, lalu fosfolipid, serta vitamin B dan D.

Berbagai kandungan nutrisi tersebut mampu mendukung pembentukan otot dan menjadikannya lebih kuat. Mengolah telur pun tidak hanya direbus atau dikukus saja. Anda dapat menumis telur dengan minyak zaitun lalu kombinasikan bersama sayuran favorit.

3. Daging Merah Tanpa Lemak

Selanjutnya, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis daging merah untuk menambah massa otot. Bisa daging sapi, domba, ataupun daging kambing. Terdapat asam amino atau leusin pada daging merah yang menjadi stimulan terbentuknya jaringan otot yang baru pada tubuh.

Tetapi, pastikan Anda mengonsumsi daging merah tanpa atau rendah lemak. Ini demi memaksimalkan pembentukan otot tubuh Anda. Bila masih terdapat lemak menempel di daging, lebih baik buang terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

4. Tahu

Vegetarian yang sedang membentuk otot tubuh tidak perlu khawatir. Sebab, Anda memiliki alternatif protein nabati seperti tahu. 125 gram tahu mentah memiliki kandungan protein sebanyak 10 gram.

Protein nabati yang ada pada tahu termasuk salah satu yang berkualitas tinggi. Anda bisa mengukus, menumis, hingga memasukkan tahu ke dalam sup saat memasaknya agar lebih variatif.

5. Ikan Kaya Omega-3

Sumber protein hewani seperti ikan juga cocok menjadi makanan pembentuk otot. Namun, Anda harus memilih ikan yang kaya akan lemak sehat seperti omega-3.

Ketika tubuh mendapatkan asupan omega-3, maka peningkatan massa otot jadi lebih maksimal. Terlebih bila Anda turut mengimbanginya bersama olahraga yang rutin.

Variasi ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi mulai dari ikan tuna, salmon, serta ikan tenggiri. Anda perlu menyimpan ikan tersebut di kulkas secara terpisah dari bahan-bahan lainnya. Jadi, ikan terjaga kesegarannya dalam jangka waktu yang lama.

6. Seafood

Udang, kepiting, serta lobster jadi jenis seafood atau makanan laut selain ikan yang dapat mendukung pembentukan otot tubuh. Kandungan protein seafood tersebut cukup tinggi. Oleh karena itu, tubuh lebih optimal dalam membentuk jaringan otot.

Nutrisi menyehatkan selain protein yang terkandung pada seafood juga tidak kalah banyak. Terdapat serat, lemak sehat omega-3, mineral, vitamin, serta asam amino di dalam seafood yang tinggi khasiatnya untuk tubuh.

Sebagai catatan, batasi konsumsi seafood agar Anda terlindung dari risiko gagal ginjal hingga gangguan saraf akibat keracunan merkuri.

7. Berbagai Jenis Kacang

Makanan pembentuk otot berikutnya adalah macam-macam jenis kacang. Beberapa jenis kacang seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang hijau, kacang mete, kacang polong, kacang pistachio, hingga kacang merah adalah makanan tinggi protein nabati.

Anda dapat menjadikan kacang-kacangan tersebut sebagai camilan atau menambahkannya sebagai topping pada salad.

8. Alpukat

Buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh ganda maupun tunggal sekaligus sumber protein nabati berkualitas. Buah ini akan menambah kadar HDL atau kolesterol baik Anda serta mengurangi LDL atau kolesterol jahatnya.

Manfaat alpukat yang tidak boleh Anda lewatkan ialah memaksimalkan pembentukan otot tubuh. Terdapat protein serta kandungan pendukung seperti potasium dan magnesium pada alpukat yang akan menguatkan massa otot Anda.

Alpukat enak dimakan langsung atau dikombinasikan dengan bahan lain untuk menjadi isian roti sandwich.

Baca Juga: Kardio vs Angkat Beban, Pilih Mana untuk Diet?

Demi memelihara kesehatan selama proses membentuk otot tubuh, Anda perlu memastikan asupan nutrisi terlengkapi.

Tidak hanya mengandalkan makanan pembentuk otot saja, Anda harus menyeimbangkannya dengan makanan sehat lain.

Mendapatkan berbagai makanan sehat harian kini lebih praktis karena Mealfit hadir sebagai solusinya. Kunjungi laman Menu Makanan Sehat dari Mealfit yang tinggi protein serta rendah kalori!