Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Ketahui 6 Manfaat Serat untuk Diet yang Lebih Mudah

Written by Aaron S. | Jun 29, 2024 1:00:00 AM

Anda mungkin sering mendengar bahwa diet adalah program menurunkan berat badan berlebih dengan cara mengurangi porsi makan.

Padahal, langkah yang lebih tepat adalah dengan mengatur asupan makanan sebaik mungkin, termasuk meningkatkan asupan serat. Hal ini karena ada berbagai manfaat serat untuk diet yang bisa Anda dapatkan.

Tidak semua asupan makanan perlu dikurangi saat diet, bahkan sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi serat. Artikel kali ini akan membahas apa saja manfaat dari serat untuk mendukung program diet.

Manfaat Serat untuk Diet

Serat memiliki berbagai manfaat penting, termasuk untuk mendukung program dan target diet Anda.

Serat dapat ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Anda dapat memasukkannya ke dalam menu sehari-hari supaya diet menjadi lebih optimal.

Berikut adalah berbagai manfaat serat, mulai dari membakar lemak hingga mengontrol gula darah di dalam tubuh.

1. Membakar Lemak

Ketika sedang ingin mengurangi berat badan, maka tentunya Anda ingin menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa serat adalah asupan bergizi yang dapat membakar lemak secara optimal. Kandungan dalam serat dapat membantu tubuh Anda untuk mengurangi dua jenis lemak, yakni lemak viseral yang berada di sekitar organ lemak subkutan yang berada di bawah kulit.

Namun, mungkin saja Anda kesulitan untuk menyiapkan menu sehat yang tinggi serat setiap harinya. Maka dari itu, menu catering sehat dari Mealfit bisa menjadi pilihan.

2. Merasa Kenyang Lebih Lama

Dilansir dari Healthline, manfaat serat untuk diet yang kedua yakni dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih panjang.

Serat bisa membuat Anda tidak cepat merasakan lapar, karena dapat mengisi perut sekaligus memberikan rangsangan reseptor supaya memberi tahu otak jika sudah waktunya berhenti makan.

Jadi, dengan mengonsumsi serat, Anda dapat mengurangi porsi makan, khususnya berbagai makanan yang kurang sehat.

Anda juga bisa mengurangi konsumsi terlalu banyak kalori yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan, misalnya memicu obesitas.

3. Membantu supaya Gerakan Usus Tetap Normal

Di dalam tubuh, usus adalah salah satu organ penting pada sistem pencernaan. Maka dari itu, pergerakan usus perlu dijaga dengan baik supaya tidak muncul masalah atau penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu manfaat serat adalah untuk meningkatkan ukuran serta berat dari tinja.

Hal ini selanjutnya dapat membuat tinja lebih mudah untuk dikeluarkan dan berbagai pergerakan di dalam usus tetap normal. Selanjutnya, ini dapat membuat Anda terhindar dari sembelit.

Dalam program diet, hal ini sangat penting diperhatikan untuk mendukung metabolisme yang baik di dalam tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Serat yang larut dalam air, memiliki fungsi penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh Anda. Kolesterol adalah ‘musuh’ besar dalam program diet, karena bisa membuat berat badan semakin tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagai serat larut. Misalnya, gandum, biji rami, dan berbagai kacang-kacangan.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Serat dapat membuat usus Anda lebih sehat, karena bisa meningkatkan keragaman bakteri baik yang ada di berbagai bagian usus.

Bakteri ini dapat membantu Anda dalam melancarkan sistem pencernaan di tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Contoh penyakit yang dapat muncul jika kesehatan usus tidak terjaga yakni penyakit divertikular dan wasir.

Kesehatan usus juga sangat penting untuk mendukung program diet sehat, sehingga konsumsi serat secara cukup adalah langkah yang tepat.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat serat yang selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Kadar gula darah yang rendah selanjutnya akan diikuti dengan kadar insulin yang juga rendah.

Dengan demikian, maka tubuh akan memiliki kecenderungan untuk tidak banyak menyimpan lemak.

Jadi, dengan konsumsi serat, maka Anda dapat mengurangi berat badan secara optimal. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit, misalnya diabetes tipe 2.

 

Itu tadi merupakan penjelasan tentang betapa pentingnya asupan serat untuk tubuh Anda, terutama mau menurunkan berat badan yang bertahan lama.

Jadi, perlu dipastikan bahwa tubuh Anda menerima asupan serat yang cukup, supaya tetap sehat dan mencapai target diet dengan optimal.

Namun, mungkin saja ada banyak orang yang kesulitan untuk menyiapkan menu sehat setiap harinya.

Jika Anda merupakan salah satunya, maka Mealfit bisa menjadi solusi praktis. Ada berbagai pilihan menu makanan diet yang dapat menemani program diet Anda, tentunya dengan memenuhi kebutuhan serat.

Mealfit adalah catering sehat yang menyediakan variasi menu praktis, fresh, cocok untuk diet, serta sudah memenuhi standar Australia. Namun tenang saja, cita rasanya tetap terjaga dengan baik, sehingga Anda bisa tetap menikmati makanan enak setiap hari.

Manfaat serat untuk diet pun bisa didapatkan secara optimal. Jangan ragu lagi untuk segera pesan menu sehat Mealfit dan pastikan Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dengan mudah.

Selanjutnya, baca juga artikel 7 Jenis Protein Terbaik untuk Diet Maksimal.

 

Sumber Referensi: