Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Kardio vs Angkat Beban, Pilih Mana untuk Diet?

Written by Aaron S. | May 25, 2024 10:05:24 AM

Ketika akan melakukan diet, ada berbagai program yang dapat Anda rencanakan, salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Dua olahraga yang cukup populer dan sering dipertimbangkan yakni kardio dan angkat beban.

Namun, antara kardio vs angkat beban, jenis olahraga mana yang lebih efektif untuk mendukung diet sehat?

Mari simak penjelasannya dalam paparan di bawah ini, lalu rencanakan program diat Anda dengan optimal!

Perbedaan Kardio vs Angkat Beban

Sebenarnya, secara umum, kedua jenis olahraga ini memang dapat menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin dan tepat. Ketika keduanya digabungkan, bahkan bisa membuat Anda mencapai hasil yang lebih optimal.

Namun, memang terdapat perbedaan jika dilihat dari cara menurunkan berat badan tersebut, berikut penjelasannya supaya dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

1. Dilihat dari Tujuannya

Pertama, mari melihat dari tujuan kedua olahraga ini. Untuk olahraga kardio, Anda bisa memanfaatkannya ketika ingin membakar lebih banyak kalori.

Selanjutnya, untuk olahraga angkat beban, tujuannya lebih ke arah mengurangi lemak di area perut.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai menurunkan berat badan dengan mengontrol asupan kalori, Anda bisa membaca artikel berikut "Apa Itu TDEE? Rahasia Diet Defisit Kalori yang Sehat".

2. Jumlah Kalori yang Terbakar

Ketika sedang melakukan diet untuk mengurangi berat badan, maka hal yang sangat menjadi perhatian yakni jumlah kalori yang perlu dikurangi.

Salah satu target dari melakukan olahraga secara rutin yakni untuk membakar kalor, termasuk kedua jenis olahraga yang saat ini dibahas.

Pada dasarnya, kedua olahraga ini memang cukup efektif untuk membakar kalori. Namun, terdapat perbedaan jumlah kalori terbakar di antara keduanya.

Bagaimana perbandingannya?

Jika melihat dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Harvard Health, seseorang yang memiliki berat badan 56 kilogram dan melakukan olahraga aerobik (kardio) dalam 30 menit, maka dapat menurunkan kalori hingga angka 165 kkal.

Selanjutnya, seseorang yang memiliki berat badan sama, 56 kilogram, lalu melakukan olahraga angkat beban dengan durasi yang sama, jumlah kalori yang terbakar yakni 108 kkal.

Jadi, jika dilihat dari angka tersebut, dapat diketahui bahwa olahraga kardio lebih efektif dalam membakar kalori di dalam tubuh.

Sebenarnya, hal ini disebabkan oleh aktivitas kardio yang menuntut Anda untuk melakukan berbagai gerakan fisik secara intensif dengan waktu yang terbilang singkat.

Latihan ini dapat membuat lebih banyak otot yang berkontraksi secara intensif dan menyebabkan kalori terbakar secara efektif.

3. Untuk Mengurangi Lemak di Perut

Mengurangi lemak perut adalah tujuan penting bagi banyak orang yang sedang diet. Maka dari itu, banyak orang yang akan mencari cara paling efektif untuk hal tersebut.

Jika Anda berniat untuk mengurangi lemak di perut, maka di antara kedua olahraga ini, angkat beban dapat menjadi pilihan yang lebih efektif.

Hal ini telah dibuktikan oleh adanya penelitian, seseorang yang melakukan latihan angkat beban mengalami pengurangan lingkar pinggang yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan pria yang melakukan latihan kardio dalam durasi yang sama.

Penting untuk Anda pahami bahwa angkat beban dapat berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Selanjunya, peningkatan tersebut dapat membuat metabolisme di dalam tubuh Anda meningkat.

Dengan metabolisme yang lebih optimal, maka tubuh dapat lebih banyak membakar lemak dan efeknya dapat dirasakan untuk jangka panjang.

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Setelah membahas berbagai perbedaan di atas, mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan mana yang tampak lebih baik antara kardio vs angkat beban.

Sebenarnya, mana yang lebih baik dipilih, akan tergantung dari tujuan Anda dalam melakukannya.

Jika memang fokus diet Anda kepada penurunan jumlah kalori, maka kardio dapat menjadi pilihan utama. Lalu, jika ingin meningkatkan metabolisme yang berdampak pada pengurangan lemak perut, maka fokuslah kepada olahraga angkat beban.

Namun, jika ingin hasil yang lebih optimal, ada baiknya Anda menggabungkan kedua jenis olahraga ini, karena kedua tujuan dari olahraga tersebut memang penting untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan intermittent fasting untuk hasil yang lebih maksimal. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai tips intermittent fasting untuk pemula.

Solusi Catering Diet yang Mudah, Praktis dan Enak di Jakarta

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan dan menerapkan pola makan yang sehat. Pastikan kebutuhan asupan nutrisi Anda terpenuhi dengan gizi yang seimbang.

Meski begitu, mungkin saja Anda mengalami kesulitan untuk mengatur menu diet sehat, terlebih untuk mendapatkan rasa yang lezat. Maka dari itu, Mealfit hadir sebagai katering diet sehat yang tepat untuk Anda.

Mari optimalkan olahraga kardio vs angkat beban dengan menu makanan yang sehat! Kunjungi halaman menu catering sehat Mealfit untuk menemukan berbagai menu yang sehat, enak, dan segar.

Anda bisa melakukan pemesanan Mealfit dengan mudah di sini

 

Sumber referensi: