Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Jenis-jenis Program Full Body Workout dan Tips Rahasianya

Written by Aaron S. | May 11, 2024 8:44:30 AM

Bagi para penggiat workout, program full body workout menjadi jenis latihan yang kini sedang cukup populer.

Dengan menjalankan program ini, maka tubuh Anda akan tampak lebih sehat dan berotot. Jenis programnya pun bisa disesuaikan dengan target latihan, sehingga penting bagi Anda untuk memahami jenisnya.

Apa saja jenis dari program workout yang satu ini? Simak selengkapnya di sini, lalu temukan juga tips untuk menjalankan program supaya lebih optimal.

Jenis-jenis Program Full Body Workout

Sebenarnya, ada banyak jenis program yang bisa dilakukan, baik di rumah maupun bersama dengan trainer untuk melakukan workout, termasuk jenis-jenis di bawah ini.

1. Pull Up

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah pull up. Meski terlihat mudah dan sederhana, namun sebenarnya gerakan pull up cukup sulit dilakukan untuk pemula.

Anda bisa melakukan gerakan ini dengan memakai tiang pull up untuk menopang tubuh. Angkatlah tubuh perlahan hingga bagian kepala dan leher melebihi tinggi penopang tersebut.

Supaya bisa melakukan gerakan ini dengan benar, dibutuhkan latihan secara berkala.

2. Face Pulls

Kedua, ada gerakan face pulls untuk melatih otot tubuh pada bagian sayap dan punggung. Anda bisa melakukannya dengan bantuan dari tali fleksibel.

Tarik tali tersebut secara perlahan hingga menyentuh bagian ujung kepala. Lakukan gerakan ini beberapa kali, supaya terjadi kontraksi pada bagian otot punggung.

3. Barbell Bench Press

Selanjutnya, ada program full body workout yang membutuhkan alat, yaitu barbel. Tujuan utama dari program barbell bench press adalah untuk melatih otot bahu, dada, dan trisep.

Gerakan dari latihan ini yaitu dalam posisi berbaring di bangku, lalu tekuk kedua kaki. Selanjutnya, minta instruktur atau rekan latihan Anda untuk memberikan barbel ke tangan Anda.

Posisikan kedua tangan untuk memegang barbel dengan stabil di atas bagian dada. Lalu, angkat barbel tersebut dengan menggunakan seluruh tenaga otot, lalu turunkan kembali.

4. Barbell Back Squat

Program yang berikutnya juga masih menggunakan barbel, yaitu dengan mengangkatnya dalam posisi seperti sedang melakukan gerakan squat. Anda bisa melakukan gerakan ini hingga 10 kali setiap set, lalu ulang hingga 3 sampai 4 set.

Fungsi utama dari program ini adalah untuk menguatkan otot kaki dan lengan. Otot kaki memang perlu bekerja di sini, sebab bagian kaki juga turut bergerak naik dan turun.

5. Drag Curls

Drag pulls adalah latihan dengan barbel dan bertujuan untuk membentuk otot bisep. Caranya yaitu dengan menggerakkan siku ke bagian belakang, Anda bisa memulai gerakan ini dengan memakai barbel yang ringan.

6. Lying Dumbbell Hamstring Curls

Selanjutnya, ada latihan dengan berbaring dalam posisi telungkup. Tekuk kedua siku ke depan dan letakkan dumbbell di antara dua kaki Anda. latihan ini berguna untuk membentuk otot bagian paha belakang, perut, serta punggung.

Untuk menguasai gerakan ini, Anda perlu melakukannya selama beberapa kali. Selanjutnya, tambahkan durasi latihan jika sudah mulai terbiasa dengan gerakannya.

Baca Juga: Apa itu Resistance Training? Manfaat dan Panduan Praktisnya

Tips Sukses Menjalankan Program Full Body Workout

Setelah mengetahui berbagai jenis program workout, ada berbagai tips yang bisa mendukung latihan Anda, misalnya sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Latihan yang Tepat

Tips pertama yakni pilihlah jenis latihan yang tepat, Anda bisa menentukannya berdasarkan tujuan apa yang ingin dicapai.

2. Sesuaikan Intensitas Latihan dengan Kemampuan

Kedua, penting untuk menyesuaikan intensitas latihan dengan kemampuan Anda saat ini. Jika sudah disesuaikan, maka latihan akan berjalan dengan lebih optimal dan Anda bisa meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

3. Rencanakan Program Latihan

Tips berikutnya yakni membuat perencanaan program workout. Tips ini berkaitan dengan dua poin pembahasan sebelumnya, Anda bisa memilih jenis workout yang sesuai, lalu merancang intensitas dan jadwal latihannya.

4. Konsisten dalam Melakukan Latihan

Tips penting selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan latihan dengan konsisten, supaya hasil yang dicapai semakin optimal.

Itulah penjelasan tentang berbagai jenis program untuk full body workout yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Selain itu, penting juga untuk mengatur pola makan, buatlah menu sehat supaya program workout dapat lebih optimal.

Baca Juga: Wajib Tahu! Persiapan Sebelum dan Sesudah Latihan Beban Tubuh

Solusi Praktis Miliki Pola Makan Sehat di Tengah Kesibukan

Jika tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan menu makanan sehat, maka menu catering sehat yang tersedia di Mealfit bisa menjadi rekomendasi.

Dengan catering tersebut, Anda akan mendapatkan menu yang fresh, praktis, dan tentunya enak. Menu yang dirancang juga sudah disajikan juga disesuaikan, sehingga cocok untuk program fitness dan workout.

Jika bertanya tentang kualitas, maka Anda tidak perlu khawatir, sebab produk dari Mealfit sudah memenuhi standar dari Australia. Lalu, jika bicara tentang cita rasa, Anda akan tetap mendapatkan rasa lezat karena maka menu di sini tetap memiliki cita rasa khas Indonesia yang kuat.

Kandungan gizi dari menu Mealfit sudah terstandarisasi untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan cocok untuk mendukung program full body workout.

Jadi jangan tunda lagi, segera pesan menu catering sehat dari Mealfit!