Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Wajib Tahu! Persiapan Sebelum dan Sesudah Latihan Beban Tubuh

Written by Mealfit | Nov 27, 2023 5:00:00 AM

Latihan beban tubuh dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membentuk otot dan menjaga bentuk tubuh. Melakukan latihan beban secara rutin juga bagus untuk meningkatkan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Jika, ingin mendapat hasil yang maksimal Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum memulai olahraga ini. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah selesai latihan untuk memaksimalkan masa recovery tubuh. 

4 Persiapan Sebelum Latihan Beban Tubuh

Selain menjaga pola makan, olahraga juga penting dilakukan untuk membentuk otot dan postur tubuh. Walaupun latihan beban bukan olahraga ekstrem yang berbahaya Anda perlu melakukan persiapan sebelum memulainya, berikut beberapa persiapan yang wajib dilakukan.

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Persiapan pertama yang harus dilakukan yaitu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Persiapan ini sangat penting terutama bagi penderita yang memiliki riwayat penyakit seperti rematik.

Dengan melakukan konsultasi dokter akan memberi arahan atau anjuran dalam melakukan olahraga yang tepat sesuai kondisi tubuh. Meskipun tubuh dalam keadaan bugar Anda harus melakukan pemeriksaan medis untuk mendeteksi masalah kesehatan yang kemungkinan muncul saat melakukan latihan beban.  

Dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu risiko mengalami cedera parah akan terminimalisir. Biasanya dokter juga akan memberi rekomendasi jadwal dan durasi olahraga yang sesuai dengan kekuatan tubuh Anda. 

2. Membeli Perlengkapan Olahraga yang Tepat 

Setelah melakukan konsultasi dengan dokter, langkah selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan olahraga seperti sepatu dan baju. Saat melakukan olahraga tubuh akan berkeringat sehingga memerlukan pakaian yang nyaman. 

Hindari menggunakan pakaian olahraga yang terlalu ketat karena akan terasa sesak saat dipakai dan membatasi pergerakan tubuh. Selain itu pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik seperti kain katun. 

Alas kaki juga harus dipersiapkan khusus agar kaki bisa memijak dengan baik untuk menopang berat tubuh. Sepatu olahraga yang terlalu sempit tidak direkomendasikan dipakai saat olahraga. Untuk meminimalisir cedera sebaiknya pilih model sepatu olahraga yang memiliki anti selip yang bagus. 

3. Mempersiapkan Energi Sebelum Berlatih

Persiapan selanjutnya sebelum latihan beban tubuh yaitu mempersiapkan kondisi fisik tubuh. Dengan memenuhi energi yang nantinya akan dibakar saat berolahraga. Jika, tujuan Anda untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya hindari kebiasan yang menjadi penyebab berat badan naik meningkat.

Berbeda lagi jika ingin membentuk badan dan otot, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi nutrisi terutama protein. Contohnya dengan mengonsumsi roti gandum, yogurt, jus buah atau sayur, susu segar, oatmeal, ubi jalar, atau quinoa

4. Memulainya dengan Pemanasan

Apu pun jenis olahraganya, pemanasan menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk mempersiapkan otot dan sendi-sendi. Tanpa melakukan pemanasan Anda akan lebih berisiko mengalami cedera saat melakukan latihan otot.

Memulai olahraga dengan pemanasan bertujuan untuk mempersiapkan otot agar mampu melakukan pergerakan secara optimal. Berikut beberapa jenis pemanasan yang dapat dicoba sebelum latihan beban:

  • Hip circle, cara melakukannya dengan mengangkat satu kaki sembari memutar-mutarnya dalam 8 kali hitungan dan dilakukan secara bergantian
  • Arm circle, pemanasan ini dilakukan dengan memutar kedua lengan tangan ke arah depan dan belakang dalam 8 kali hitungan
  • Squat, dilakukan dengan menekuk kedua  bagian lutut sembari membungkukkan badan dengan meletakan kedua tangan ke arah depan. Lalu kembali ke posisi tegak dan melakukannya kembali secara bergantian. 

3 Hal yang Dilakukan setelah Latihan Beban Tubuh

Setelah selesai latihan beban ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tubuh tidak dehidrasi dan kelelahan. Jika, tidak dilakukan hasil latihannya akan sia-sia karena hasilnya tidak maksimal. Berikut hal-hal wajib yang harus dilakukan setelah latihan beban. 

1. Penuhi Cairan dan Istirahat yang Cukup

Selepas olahraga cairan tubuh akan terkuras dan harus segera diganti agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain mengganti cairan yang hilang Anda juga perlu istirahat 1 – 2 jam sebelum kembali beraktivitas. 

Hal ini bertujuan untuk merilekskan otot-otot tubuh. Selain itu hindari tidur terlalu larut malam agar mendapat waktu istirahat yang cukup (7 – 8 jam per hari). 

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Latihan beban tubuh akan berujung sia-sia jika Anda tidak menjaga pola makan. Pastikan mengonsumsi makanan sehat untuk memaksimalkan hasil olahraga yang Anda lakukan. Jika, ingin membentuk otot tubuh sebaiknya tingkatkan asupan protein dengan mengonsumsi daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Konsistensi Latihan

Agar Anda konsisten latihan sebaiknya buatlah jadwal olahraga. Latihan beban sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena termasuk olahraga berat yang bisa membuat tubuh kelelahan. Buatlah jadwal latihan selang-seling agar kondisi tubuh tetap prima. 

Selain rutin latihan, otot tubuh akan terbentuk maksimal jika mengonsumsi makanan yang tepat. Anda bisa menerapkan pola makan yang sehat melalui meal plan yang tersedia di MealFit untuk mendapat hasil latihan yang optimal.  

MealFit juga menyediakan beragam menu makanan tinggi protein untuk membantu Anda membentuk otot tubuh. Nikmati menu makanan sehat bermutu tinggi untuk mendukung latihan beban tubuh dengan produk dari MealFit sekarang! Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail untuk pertanyaan lebih lanjut.