Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Tips Pola Makan Diet Sehat dan Makanan yang Perlu Dihindari

Written by Mealfit | Aug 18, 2023 4:00:00 AM

Banyak orang yang merasa berat badannya sudah tidak ideal, sehingga perlu melakukan diet supaya bisa mengurangi berat badan. Pola makan diet sehat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan jika ingin berat badan menjadi semakin ideal.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang kurang tepat, bahkan ada yang sampai menyiksa diri. 

Sebagai contoh, menghindari waktu makan atau memaksakan beraktivitas tanpa asupan kalori. Padahal, diet seharusnya bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, termasuk tentang pola makan.

Tips Pola Makan Diet Sehat

Tubuh membutuhkan nutrisi dan energi supaya bisa menjalani aktivitas dengan optimal. Oleh sebab itu, meski sedang dalam masa diet, kebutuhan tersebut tetap harus terpenuhi.

Terdapat berbagai hal yang bisa menjadi tips pola makan untuk Anda jika hendak melakukan diet yang sehat, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Ketahui Kebutuhan Kalori Harian

Setiap orang membutuhkan kalori untuk bisa menjalani kesehariannya dengan optimal. Namun, asupan kalori yang berlebih juga tidak baik untuk tubuh, sebab bisa membuat berat badan Anda jadi meningkat. Selain itu, berbagai risiko penyakit juga bisa muncul jika tubuh kelebihan kalori.

Maka dari itu, penting untuk memahami seberapa banyak jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga bisa menerapkan pola makan diet sehat. Kebutuhan kalori dari masing-masing orang bisa jadi berbeda, tergantung dari berbagai faktor.

Jenis kelamin dan usia bisa menentukan atau menghitung jumlah kebutuhan kalori manusia. Secara umum, pemerintah juga memberikan rekomendasi kebutuhan kalori, yaitu sebagai berikut:

  • Anak berusia 1 sampai 6 tahun membutuhkan 1.350 hingga 1.400 kalori
  • Anak berusia 7 sampai 9 tahun membutuhkan 1.650 kalori
  • Usia remaja membutuhkan 2.000 - 2.600 kalori
  • Usia dewasa membutuhkan 2.150 hingga 2.600 kalori
  • Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 2.400 hingga 2.650 kalori

Selain itu, tingkat aktivitas juga bisa berpengaruh, misalnya atlet yang cenderung membutuhkan kalori lebih banyak dibanding anak sekolah atau kuliah.

2. Pilih Makanan Sehat untuk Diet

Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, maka selanjutnya Anda bisa mulai memilih makanan sehat untuk program diet Anda.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa menjadi rekomendasi untuk mengatur menu makan supaya bisa menerapkan pola makan diet sehat, misalnya:

  • Berbagai sumber protein, seperti telur, daging ayam, kacang-kacangan, dan ikan
  • Berbagai jenis sayuran, seperti sawi, wortel, dan bayam
  • Buah-buahan segar, misalnya pisang, jeruk, dan apel
  • Biji-bijian dan sereal, seperti gandum dan oatmeal
  • Minyak yang sehat, seperti minyak kedelai dan minyak sayur
  • Susu rendah lemak

Jika mengonsumsi makanan dalam kemasan yang memiliki keterangan kalori, maka Anda bisa memperhatikannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

3. Makan Camilan yang Sehat

Menghindari camilan mungkin merupakan hal yang sangat sulit bagi banyak orang. Berbagai jenis cemilan memang bisa jadi tidak baik untuk kesehatan, sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

Namun, jika Anda masih ingin memakan camilan, maka Anda bisa memilih camilan yang sehat untuk tubuh. Sebagai contoh, yogurt, telur, dan berbagai jenis buah segar. Perhatikan juga jumlah kalorinya, supaya tidak melebihi batas kebutuhan tubuh Anda.

4. Makanlah Sebelum Lapar

Sebaiknya, Anda makan sebelum lapar, namun tetap sesuai dengan jadwal makan. Dengan makan sebelum merasa lapar, maka porsi makan akan lebih mudah dikontrol. Jika Anda selalu menunggu lapar, maka ada kemungkinan tubuh akan cenderung ingin makan secara berlebihan.

5. Jangan Menghindari Waktu Makan

Waktu makan penting untuk menjadi perhatian Anda dan jangan menghindarinya. Jika menunda atau bahkan melewatkan jam makan, maka tubuh bisa jadi kekurangan kalori atau nutrisi sehingga berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari.

6. Pahami Berbagai Makanan yang Perlu Dihindari

Untuk bisa menjalani pola makan diet sehat, maka ada berbagai jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari, misalnya junk food atau makanan cepat saji. Kalori yang terkandung dalam makanan cepat saji cenderung tinggi dan bisa membuat berat badan Anda menjadi naik.

Selanjutnya, perhatikan juga konsumsi garam, gula, serta lemak. Ketika mengatur menu makanan, ketiga hal tersebut perlu diperhatikan dengan benar, berikut adalah rekomendasi konsumsinya dalam satu hari:

  • 5 gram satu sendok teh untuk garam
  • 50 gram gula atau 4 sendok makan untuk gula
  • 67 gram atau 5 sendok makan untuk lemak

Ketiga hal tersebut sebaiknya Anda terapkan ketika memasak, hindari konsumsi yang berlebihan. Makanan kemasan dan sejenisnya, juga perlu Anda diperhatikan agar asupan yang masuk ke tubuh terkontrol.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan ketika mengatur pola makan saat diet. Ada juga berbagai jenis makanan yang perlu Anda hindari sehingga berat badan bisa semakin terkontrol sesuai harapan.Setiap harinya, manusia membutuhkan kalori untuk bisa beraktivitas, namun asupan yang berlebih juga tidak baik bagi tubuh. 

Pola makan diet sehat menjadi penting jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal, termasuk dalam memilih menu makanan. MealFit bisa menjadi alternatif jika Anda membutuhkan rekomendasi makanan sehat. Ada beragam rekomendasi menu sehat dan bernutrisi yang dapat Anda  tanyakan bersama kami !