Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Tips dan Rekomendasi Makanan Sehat untuk Diet Pemula

Written by Mealfit | Oct 4, 2023 2:00:00 PM

Sering merasa gagal saat mencoba diet? Mungkin Anda belum memperhatikan pilihan makanan sehat untuk diet pemula. Banyak orang merasa terjebak dalam pilihan makanan yang tidak hanya membosankan tetapi juga kurang membuahkan hasil.

Terkadang, beberapa orang juga merasa kewalahan dengan banyaknya jenis makanan yang harus dihindari hingga yang dianjurkan. Namun, jangan khawatir. Ada berbagai pilihan makanan dan cara praktis dalam menjalani diet yang bisa Anda temukan di artikel ini.

7 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Diet Pemula

Simak tujuh rekomendasi makanan di bawah ini agar lebih mudah memilih menu diet yang tidak hanya sehat tetapi juga lezat.

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat untuk diet pemula yang sangat baik untuk diet karena kaya akan protein, vitamin D, dan kolin. Protein adalah nutrisi yang penting untuk membangun otot dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, vitamin D dalam telur membantu penyerapan kalsium yang baik untuk tulang. Cara terbaik untuk mengkonsumsi telur adalah dengan merebusnya, sehingga Anda bisa mendapatkan semua nutrisi tanpa menambahkan kalori.

2. Kentang

Kentang seringkali dianggap sebagai makanan yang harus dihindari saat diet, tetapi sebenarnya tidak demikian. Kentang adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi penting seperti kalium, vitamin B1, B9, C, dan B6.

Kalium adalah mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Jika Anda mengolah kentang dengan merebus atau mengukus, Anda bisa mendapatkan semua manfaat ini tanpa khawatir menambah berat badan.

3. Tomat

Buah yang sering disangka sebagai sayur ini adalah pilihan yang bagus untuk diet Anda karena rendah kalori, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, tomat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, tomat baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung.

4. Alpukat

Banyak orang menghindari alpukat saat diet karena tinggi lemak. Padahal, lemak yang ada di alpukat adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk kesehatan. Lemak ini bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, alpukat juga bisa membantu mengecilkan lingkar perut dan menahan rasa lapar. Ini karena alpukat kaya akan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, karbohidrat yang baik, dan serat. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sementara serat membantu melancarkan pencernaan.

Jadi, brokoli tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi brokoli dengan mengukus atau menulisnya dengan sedikit minyak zaitun.

6. Gandum

Gandum adalah makanan sehat untuk diet pemula sebagai sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat. Serat ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, gandum juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

7. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam atau daging sapi, adalah sumber protein yang sangat baik. Protein ini membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk otot.

Dengan otot yang lebih banyak, metabolisme Anda akan meningkat. Anda juga akan membakar lebih banyak kalori, bahkan saat sedang istirahat. Selain itu, daging tanpa lemak juga mengandung zat besi, mineral, vitamin, dan zinc.

5 Tips Diet bagi Pemula

Jika Anda masih merasa bingung dalam menjalani diet, pahami dulu limat tips berikut ini.

1. Mengatur Jadwal Makan dengan Baik

Dengan jadwal yang teratur, Anda bisa lebih mudah mengontrol asupan kalori dan nutrisi sepanjang hari. Ini membantu Anda untuk tidak makan secara berlebihan atau melewatkan makanan penting yang bisa mempengaruhi sistem metabolisme.

2. Mengonsumsi Makanan Rendah Kalori untuk Sarapan

Sarapan adalah makanan pertama yang Anda konsumsi setelah berpuasa semalaman. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang rendah kalori tetapi kaya nutrisi, seperti oatmeal atau smoothie buah.

3. Menghindari Snack dan Makanan Olahan

Snack dan makanan olahan biasanya tinggi kalori dan rendah nutrisi. Mengonsumsi makanan ini akan membuat Anda cepat lapar lagi dan menambah asupan kalori yang tidak perlu. Gantilah dengan camilan sehat seperti kacang atau buah-buahan.

4. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah makanan sehat untuk diet pemula dengan sumber nutrisi yang sangat baik dan rendah kalori. Mereka juga kaya akan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Olahraga dan Tidur yang Cukup

Olahraga dan tidur yang cukup adalah dua faktor lain yang sangat penting dalam diet. Olahraga membantu membakar kalori dan mempercepat metabolisme, sementara tidur yang cukup membantu tubuh memulihkan diri dan mengatur hormon.

Jika Anda serius ingin diet agar tubuh jadi lebih sehat, mulailah mengkonsumsi makanan sehat untuk diet pemula. Rasakan juga perubahan positif dalam diet Anda dengan melakukan lima tips sebelumnya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan menu meal plan dari MealFit. Menu dari Mealfit mengandung bahan makanan pilihan. Selain lezat, makanan juga dirancang khusus untuk membakar lemak tubuh Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi MealFit sekarang!