Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Pola Makan Sehat, serta Tips Memilih Makanan agar Cepat Gemuk

Written by Mealfit | Oct 11, 2023 2:00:00 PM

Berat badan yang sulit bertambah memang dapat menjadi kerisauan bagi sebagian orang. Namun, permasalahan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mengubah pola dan menu makan. Sebaiknya, Anda mengetahui pola makan agar cepat gemuk, sehingga dapat segera mencapai berat badan ideal yang sehat.

Untuk dapat meningkatkan berat badan, simak penjelasan berikut. Anda akan mengetahui faktor penyebab berat badan sulit bertambah, cara menambah berat badan, jadwal makan, serta rekomendasi makanan.

Faktor Penyebab Badan Tidak Kunjung Gemuk

Berat badan yang sulit naik dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit, misalnya sebagai berikut:

  1. Gangguan pencernaan, misalnya menderita penyakit kolitis ulseratif.
  2. Gangguan makan, misalnya anoreksia nervosa.
  3. Malabsorbsi makanan, contohnya penyakit Celiac.
  4. Menderita kurang gizi atau malnutrisi.
  5. Gangguan psikologis, misalnya karena depresi atau stres.
  6. Infeksi, contohnya tuberkulosis dan HIV.
  7. Penyakit kanker, terutama yang sudah mencapai stadium lanjut.
  8. Berbagai penyakit tertentu lainnya, misalnya diabetes dan hipertiroidisme.
  9. Efek samping dari obat-obatan, kemoterapi, pil pelangsing, atau alkohol

Cara Sehat Menambah Berat Badan

Untuk Anda yang ingin menambah berat badan secara sehat, berikut adalah berbagai tips yang dapat dilakukan.

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan  yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, misalnya dengan sayuran, ikan, tempe, tahu, telur, dan kacang-kacangan.

2. Makan dengan Porsi Kecil dan Lebih Sering

Seringkali, banyak orang yang sulit meningkatkan berat badan karena merasa cepat kenyang ketika makan. Maka dari itu, salah satu saran pola makan agar cepat gemuk yang selanjutnya yaitu Anda dapat makan dengan porsi kecil, namun dengan intensitas yang lebih sering.

3. Konsumsi Minuman Bernutrisi dan Padat Kalori

Selain dilihat dari asupan makanan, Anda juga dapat memperhatikan minuman yang dikonsumsi.  Berbagai asupan gizi dapat diperoleh dari jenis minuman padat kalori dan nutrisi. Misalnya, dengan mengonsumsi susu, jus buah segar, dan yogurt.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Selain dari makanan berat, pemilihan camilan juga penting untuk mendukung pola makan agar cepat gemuk.  Anda dapat memilih jenis camilan yang kaya nutrisi, misalnya buah-buahan, cokelat hitam, dan roti gandum.

5. Minum setelah Makan

Dibandingkan banyak minum sebelum makan, ada baiknya Anda minum air setelah makan. Jika terlalu banyak minum sebelum makan, maka dapat membuat tubuh semakin cepat kenyang dan porsi makan pun berkurang. Maka dari itu, jangan lupa untuk perhatikan juga pola minum ketika sedang makan.

6. Lakukan Olahraga Rutin

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga rutin, sehingga tubuh dapat membentuk jaringan otot dengan lebih banyak dan padat.

Jadwal Makan Ideal untuk Tingkatkan Berat Badan

Hal penting selanjutnya untuk mengatur pola makan sehat agar cepat gemuk yaitu dengan membuat jadwal makan yang ideal. Anda dapat membuat jadwal makan hingga 5-6 kali sehari, namun bukan semuanya makanan berat. Berikut adalah rekomendasi jadwal makan yang dapat dicoba.

1. Sarapan

Ketika akan menambah berat badan, jangan lupa untuk melakukan sarapan, dapat dilakukan di antara pukul 7 sampai 9 pagi. Anda dapat mengatur 350 kkal untuk sarapan, dengan berbagai menu sehat bernutrisi.

2. Camilan antara Pagi dan Siang

Pola makan agar cepat gemuk berikutnya yaitu dengan camilan di antara jam sarapan dan makan siang. Anda bisa makan camilan sehat apapun, pada kisaran jam 10.

3. Makan Siang

Selanjutnya, pada jam makan siang, sekitar pukul 12.00 hingga 13.00, Anda perlu makan berat dengan kalori yang lebih tinggi dari sarapan.

4. Camilan Sore

Sekitar pukul 3-4 sore, berbagai camilan ringan dapat Anda makan, misalnya kacang-kacangan atau buah.

5. Makan Malam

Berikutnya, jangan lupa makan malam dengan makanan yang tinggi akan kandungan protein.

6. Camilan Malam

Camilan malam juga dapat menjadi pendukung pola makan agar cepat gemuk. Biasanya, jadwal yang tepat untuk camilan malam yaitu di atas jam 8, namun jangan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Rekomendasi Makanan untuk Percepatan Kenaikan Berat Badan

Ada berbagai rekomendasi makanan untuk menaikkan berat badan, misalnya dengan mengonsumsi makanan berikut:

1. Buah Alpukat

Terdapat kandungan kalori yang tinggi dan lemak tidak jenuh dalam buah alpukat, sehingga cocok untuk menjadi camilan sehat.

2. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan protein yang tinggi, sehingga dapat menambah berat badan dan massa otot.

3. Salmon

Ikan salmon kaya akan protein dan omega-3, sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menaikkan berat badan.

4. Susu

Selanjutnya, minum susu dapat menjadi rekomendasi tepat bagi Anda untuk menaikkan berat badan. Berbagai makanan hasil olahan susu juga menjadi pilihan berikutnya.

Itulah berbagai penjelasan tentang pola makan yang dapat meningkatkan berat badan. Ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan, termasuk pemilihan menu makan yang tepat. Namun, bagi sebagian orang, menyiapkan menu sehat mungkin merupakan hal yang sulit akan memakan banyak waktu.

Maka dari itu, Meal Plan dari MealFit dapat menjadi solusi untuk mendukung pola makan agar cepat gemuk. Beberapa menu yang dapat Anda pilih antara lain Beef Stroganoff, Ayam Bakar Taliwang, dan Daging Sasak Lombok. Segera hubungi kami untuk pemesanan menu atau pertanyaan lebih lanjut.