Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Perbedaan Nutrisi Makro dan Mikro Makanan yang Anda Konsumsi

Written by Mealfit | Aug 23, 2023 4:00:00 AM

Supaya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi dengan baik, maka Anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Nutrisi makro dan mikro perlu terpenuhi supaya tetap sehat.

Dengan pola makan yang sehat, maka Anda juga bisa menghindari berbagai risiko penyakit. Aktivitas sehari-hari pun menjadi semakin optimal karena tubuh berada dalam stamina yang prima.

Perbedaan Nutrisi Makro dan Mikro

Nutrisi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia, misalnya untuk mendukung perkembangan otak dan membantu supaya sistem imun tubuh tetap terjaga.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bisa dibagi ke dalam dua kategori, yaitu makro dan mikro. Pemisahan nutrisi menjadi makro dan mikro ini dibedakan berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nutrisi makro dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar jika dibandingkan dengan nutrisi mikro. Namun, keduanya menjadi penting untuk mendukung kesehatan tubuh, sehingga menjadi penting untuk mengatur menu makan yang bisa mencangkup kedua jenis nutrisi ini.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap untuk nutrisi makro dan mikro, pastikan Anda mengetahuinya dengan baik.

1. Nutrisi Makro

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi. Nutrisi makro menjadi jenis nutrisi yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh. 

Nutrisi makro dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak karena bertugas untuk memberikan kalori serta menjalankan berbagai jenis fungsi penting lainnya.

Terdapat tiga nutrisi yang masuk dalam kategori nutrisi makro atau makronutrien, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Tiga jenis nutrisi ini juga merupakan komponen utama dalam makanan sehari-hari mayoritas orang.

  • Karbohidrat

Karbohidrat berperan penting sebagai sumber energi, sehingga Anda bisa memiliki tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya.

Terdapat berbagai jenis makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat, misalnya nasi, kentang, singkong, roti, gandum, dan pasta. Selain itu, karbohidrat juga terkandung dalam berbagai jenis buah, kacang-kacangan, beberapa jenis susu, serta gula.

  • Lemak

Bahan makanan yang bisa menjadi sumber lemak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yaitu ikan yang berminyak, keju, mentega, biji-bijian, kacang-kacangan, daging berlemak, dan minyak.

Namun, perlu diperhatikan dalam jumlah konsumsinya, karena tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Protein

Terakhir, ada protein yang bisa berasal dari bahan hewani dan nabati. Contoh protein yang umum dikonsumsi sehari-hari yaitu telur, daging, ikan, kacang-kacangan, tahu, tempe, serta kacang-kacangan.

Kebutuhan tiga jenis nutrisi tersebut dapat tergantung dari berbagai hal, misalnya tujuan dan gaya hidup untuk konsumsi nutrisi. Jika melihat dari kebutuhan kalori per hari, maka bisa disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin, sesuai dengan berbagai rekomendasi para ahli.

Penting untuk membuat menu yang mengandung berbagai nutrisi, supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Namun, tidak semua orang punya waktu untuk menyiapkan menu sehat setiap harinya. 

2. Nutrisi Mikro

Kategori kedua ada nutrisi mikro yang juga penting bagi tubuh, meski kebutuhannya tidak sebanyak nutrisi makro. Nutrisi mikro ini terdiri dari berbagai jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam berbagai jenis makanan sehari-hari.

Meski tingkat kebutuhannya tidak banyak, namun tetap harus terpenuhi supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat dan prima. Terdapat berapa jenis nutrisi mikro atau mikronutrien yang umum dan penting untuk tubuh Anda.

  • Kalsium

Pastinya, zat ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena merupakan mineral penting yang sangat diperlukan tubuh. Fungsi yang sudah umum diketahui dari kalsium adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, sehingga sangat penting untuk anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, kalsium juga memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh, misalnya untuk menjaga kesehatan otot, saraf, serta organ jantung.

  • Zat Besi

Fungsi utama dari zat besi untuk tubuh manusia adalah sebagai pembawa kadar oksigen yang berada di dalam darah. Selain itu, manfaat lain dari zat besi adalah untuk meningkatkan fungsi otak serta kekebalannya.

  • Magnesium

Magnesium memegang fungsi penting untuk sistem saraf, produksi energi, serta kontraksi otot.

  • Potasium

Mineral selanjutnya yaitu potasium, yang memegang peran penting dalam mengontrol berbagai komponen di dalam tubuh. Potasium berfungsi untuk mengontrol keseimbangan cairan, tekanan darah, serta fungsi dari saraf dan otot.

  • Vitamin

Semua jenis vitamin, mulai dari vitamin A hingga vitamin K, memiliki peran pentingnya masing-masing untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan berbagai sumber vitamin ke dalam menu makanan sehari-hari, misalnya buah dan sayur.

Itulah berbagai penjelasan tentang nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membuat menu makanan yang sehat setiap harinya, maka berbagai kebutuhan nutrisi perlu menjadi pertimbangan.

Makanan sehat menjadi penting supaya berbagai aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, tubuh menjadi lebih terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Namun, karena berbagai jenis kesibukan sehari-hari, seringkali tidak ada waktu yang cukup untuk menyiapkannya. Mealfit  menyediakan menu makanan sehat yang lengkap dengan nutrisi makro dan mikro. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan kunjungi kontak kami di sini.