Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Perbedaan Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana

Written by Mealfit | Nov 13, 2023 5:00:00 AM

Karbohidrat adalah sumber utama penghasil energi dalam tubuh sehingga Anda dapat beraktivitas dengan baik. Karbohidrat sendiri terbagi menjadi 2 yaitu kompleks dan sederhana. Lalu, apa perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana?

Meski memiliki fungsi utama sebagai sumber energi, namun pemilihan karbohidrat yang salah juga bisa berdampak pada lonjakan kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui perbedaan jenis karbohidrat. 

4 Perbedaan Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat kompleks dan sederhana memiliki perbedaan baik dari segi komponen atau kandungan, manfaat, sampai contoh makanannya. Berikut sederet perbedaan 2 jenis karbohidrat yang perlu Anda ketahui. Ketahui juga  perbedaan lemak jenuh dan lemak tak jenuh untuk informasi lainnya. 

1. Komponen dan Kandungan

Karbohidrat pada dasarnya terdiri atas 3 komponen yang meliputi serat, pati, serta gula. Komponen karbohidrat kompleks terdiri atas serat, pati, dan rantai molekul gula yang panjang dan kompleks yaitu lebih dari tiga molekul gula. 

Karena memiliki rantai molekul yang lebih panjang dan kompleks, maka karbohidrat kompleks lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga energi yang dihasilkan juga lebih tahan lama. 

Karbohidrat kompleks biasanya juga mengandung serat, lemak sehat, vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan. 

Sedangkan komponen karbohidrat sederhana terdiri atas dua rantai molekul gula yang lebih pendek dari karbohidrat kompleks. 

Karena memiliki rantai molekul gula yang lebih pendek, maka karbohidrat ini cenderung lebih cepat dicerna dan energi yang dihasilkan tidak tahan lama. 

2. Contoh Makanannya

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana bisa dilihat dari contoh makanannya. Karbohidrat kompleks bisasanya dapat ditemukan pada makanan seperti biji-bijian utuh ataupun biji-bijian olahan. 

Biji-bijian utuh mengandung tinggi serat, vitamin B dan E serta lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit seperti diabetes dan kardiovakular. Contoh biji-bijian utuh diantaranya yaitu oat, beras merah, dan soba.

Adapun biji-bijian olahan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya yaitu nasi putih, tepung dan roti putih. Biji-bijian olahan ini cenderung tidak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Selain itu, karbohidrat ini juga bisa terdiri dari campuran antara karbohidrat sederhana dan kompleks seperti buah dan kacang-kacangan. 

Karbohidrat sederhana biasanya bisa ditemukan pada makanan sehat seperti sayuran, buah, dan susu. Makanan tersebut mengandung vutamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh Anda. 

Selain dapat ditemukan pada makanan sehat, karbohidrat sederhana juga bisa ditemui pada makanan tak sehat seperti makanan olahan yang mengandung gula atau pemanis tambahan seperti sirup. 

3. Proses Pencernaan 

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana bisa dilihat dari proses dicernanya dalam tubuh. 

Karbohidrat kompleks cenderung dicerna lebih lama di dalam tubuh karena memiliki molekul gula yang panjang. Karbohidrat kemudian dipecah dan menghasilkan glukosa serta energi jangka panjang.

Itulah mengapa Anda tidak akan mudah cepat merasa lapar ketika mengonsumsi karbohidrat kompleks. 

Sedangkan karbohidrat sederhana cenderung lebih cepat dicerna. Karena lebih cepat dicerna, karbohidrat ini bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan energi dalam jangka pendek.

Lonjakan gula darah dalam jangka pendek ini yang perlu diwaspadai karena bisa memicu penyakit diabetes. 

Perlu Anda pahami bahwa tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat sederhana buruk untuk tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana juga ada yang baik untuk kesehatan tubuh seperti susu atau buah. 

4. Manfaat 

Mana yang lebih baik antara karbohidrat kompleks dan sederhana? Tidak semua karbohidrat sederhana buruk untuk tubuh dan perlu dihindari, begitupula sebaliknya. Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana juga bisa dilihat dari manfaatnya. 

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet atau ingin mempertahankan berat badan ideal. Hal tersebut dikarenakan makanan ini cenderung membuat Anda lebih kenyang dalam waktu lama.

Selain itu, bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes seperti diabetes tipe 2 juga disarankan memilih makanan dengan karbohidrat kompleks karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah dan dapat mengontrol kolesterol.

Karbohidrat sederhana cocok dikonsumsi bagi Anda yang memerlukan karbohidrat yang menghasilkan energi lebih cepat misalnya ketika Anda sedang kelelahan, sakit atau sebelum dan sesudah berolahraga.

Hal tersebut dikarenakan molekul karbohidrat lebih pendek sehingga glukosa yang dihasilkan akan bisa lebih cepat diserap oleh tubuh dan dapat mengembalikan energi tubuh Anda dengan lebih cepat.

Jadi, sebenarnya kedua jenis karbohidat di atas sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Demi menjaga kesehatan, sebaiknya Anda menghindari atau mengurangi makanan karbohidrat olahan seperti nasi putih, roti serta makanan yang diberi gula tambahan seperti sirup. 

Untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks dan sederhana, Anda bisa memanfaatkan meal plan dari Mealfit. 

MealFit menyediakan berbagai menu makanan bergizi yang dapat disesuaikan kebutuhan nutrisi harian Anda. Anda bisa memilih menunya dan order sekarang di website kami. Itulah beberapa perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana yang perlu Anda ketahui. Informasi lebih lanjut mengenai meal plan dari MealFit bisa Anda akses dan hubungi kami selengkapnya melalui kontak kami.