Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Perbaiki Kandungan Gizi Makanan untuk Kesehatan Mental Anda

Written by Mealfit | Oct 13, 2023 2:00:00 PM

Secara sadar ataupun tidak sadar, diri Anda sangat dipengaruhi oleh berbagai makanan yang Anda konsumsi. Dengan kandungan gizi makanan yang seimbang dan berkualitas, maka kondisi tubuh dan mental pun dapat terjaga dengan lebih baik.

Ada berbagai kandungan gizi yang penting untuk menjaga kesehatan diri Anda, termasuk kesehatan mental dan pengelolaan stres. Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan pastikan Anda tidak mengabaikan nilai gizi dalam setiap menu makanan.

7 Kandungan Gizi Makanan yang Penting

Inilah berbagai kandungan gizi yang penting bagi tubuh manusia, sebaiknya Anda mengkonsumsinya secara rutin dalam menu sehari-hari.

1. Karbohidrat

Pertama, ada karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Karbohidrat dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, misalnya beras, kentang, gandum, ubi, singkong, dan jagung.

2. Protein

Kandungan gizi makanan yang penting kedua yaitu protein. Ada berbagai sumber protein nabati dan hewani yang dapat menjadi pilihan bagi Anda, misalnya daging, telur, ikan, kacang-kacangan, ayam, dan bebek.

Protein dapat berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otot, kulit, rambut, serta berbagai organ tubuh lainnya.

3. Lemak

Selanjutnya, ada kandungan lemak yang dapat dibagi menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh. Kandungan ini sebenarnya baik bagi tubuh manusia, namun dapat memiliki berbagai risiko jika dikonsumsi secara berlebihan.

Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu daging dan susu. Selanjutnya, contoh lemak tidak jenuh yaitu kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

4. Kalsium

Kalsium dapat memperkuat tulang dan terkandung dalam bahan susu, keju, kacang almond, dan yogurt.

5. Serat

Kandungan gizi makanan selanjutnya yaitu serat yang dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung. Serat dapat diperoleh dari buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran.

6. Vitamin

Vitamin berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Sebagai contoh, dari buah, sayur, daging sapi, ayam, dan minyak ikan.

7. Air

Selanjutnya, ada air yang juga penting bagi tubuh manusia karena dapat membantu pencernaan, penyerapan zat gizi, serta distribusi nutrisi ke seluruh tubuh.

Itulah berbagai kandungan gizi makanan yang sebaiknya Anda perhatikan dan penuhi. Terkadang, sebagian orang mungkin memiliki kesulitan atau tidak punya waktu untuk menyiapkan menu yang bergizi seimbang.

Hubungan Makanan dengan Kesehatan Mental

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental manusia, misalnya tentang pola hidupnya. Jika seseorang menjalani pola hidup yang kurang sehat, maka bisa jadi akan berdampak buruk pada kesehatan mentalnya.

Salah satu hal penting yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan memenuhi kandungan gizi makanan yang diperlukan oleh tubuh. Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai jenis kandungan gizi penting bagi tubuh. Hal tersebut sudah selayaknya menjadi perhatian Anda, karena memiliki dampak untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Di berbagai tempat, terdapat beraneka menu diet tradisional yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Umumnya, makanan tersebut yaitu seafood, ikan, aneka sayuran, dan berbagai makanan yang tidak mengandung banyak gula.

Menjaga asupan nutrisi dapat menjadi alternatif tepat untuk mengurangi stres, mencegah depresi, serta meminimalisir risiko dari berbagai penyakit mental lainnya.

1. Contoh Makanan untuk Moodbooster

Ada beberapa kandungan dalam makanan yang dapat menjadi moodbooster ketika Anda merasa jenuh, misalnya sebagai berikut

  • Zat besi, dapat berupa sayuran hijau, sereal, dan kacang.
  • Vitamin B12, dapat berupa ikan, susu, daging sapi, dan telur.
  • Zinc, dapat berupa daging, kerang, kacang, dan cokelat hitam.

2. Pembiasaan Sejak Dini

Menjaga dan membiasakan pola hidup sehat sebaiknya dilakukan sedini mungkin, sehingga kebiasaan baik tersebut dapat lebih mudah untuk terbawa hingga dewasa. Hal ini juga berlaku untuk pola makan yang sehat dengan memperhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Sejak masih kecil, setiap anak perlu mendapatkan gizi seimbang untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Anak yang kurang dalam mengonsumsi buah, sayur, protein, dan berbagai makanan bergizi lainnya, dapat menjadi lebih rentan terkena penyakit, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan mentalnya.

Konsumsi Sayur dan Kelola Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang dapat membuat kesehatan mental lebih terjaga. Salah satu jenis makanan tersebut yaitu berbagai sayuran.

Bagi sebagian orang, makanan manis mungkin dianggap sebagai makanan penghilang stres. Namun, ada jenis makanan yang lebih sehat untuk menghilangkan stres, yaitu dengan konsumsi sayuran.

Kandungan antioksidan, serat, dan vitamin yang terdapat pada sayur dapat menjadi penangkal untuk berbagai pengaruh negatif bagi pikiran Anda. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka Anda dapat lebih menjaga kesehatan mental dan mengelola stres dengan baik.

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan bergizi memang menjadi aspek penting bagi tubuh manusia. Namun, menyiapkan menu sehat mungkin menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang, terlebih yang tidak memiliki cukup waktu.

Mealfit dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Misalnya, Anda dapat memilih menu Ayam Arsik Medan, Ikan Kakap Sambal Matah, dan Spaghetti Napolitana. Silakan hubungi kontak kami untuk pemesanan berbagai menu andalan kami.