Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

10 Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Sehat bagi Tubuh

Written by Mealfit | Aug 2, 2023 5:00:00 AM

Pentingnya makanan sehat bagi tubuh jarang disadari oleh manusia. Apalagi saat ini, keberagaman fastfood telah menggeser objektif masyarakat. Sehingga, mereka yang semula mementingkan gizi dan nutrisi, kini fokus pada cita rasa dan cepatnya penyajian makanan saja.

Artikel kali ini akan membahas betapa pentingnya makanan sehat bergizi dan nutrisi seimbang bagi tubuh. Ingin tahu apa saja? Maka sebaiknya jangan lewatkan pembahasan berikut ini!

Inilah 10 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, dan lemak tak jenuh. Anda dapat melakukan informasi lebih lanjut terkait apa saja makanan-makanan yang mengandung kandungan tersebut. 

Perlu Anda ketahui, mengonsumsi makanan sehat bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, dengan rutin menjadikannya sebagai konsumsi sehari-hari, hal tersebut bisa mendapatkan kesehatan yang stabil dan manfaat jangka panjang.

Bicara soal manfaat makanan sehat, apakah Anda telah mengetahui apa saja itu? Apabila belum, Anda dapat cek daftar dan pemaparan ringkas di bawah ini:

1. Berat Badan Terkontrol

Pentingnya makanan sehat bagi tubuh yang pertama yakni mengontrol berat badan.. Anda dapat memperoleh berat badan yang terkontrol apabila rutin mengonsumsi makanan sehat. 

Tidak hanya itu, risiko kendala kesehatan yang kronis, khususnya diabetes dan penyakit jantung dapat ditekan dengan baik. Sebagai saran, Anda dapat mengkombinasikan konsumsi makanan sehat dengan olahraga rutin untuk mendapatkan berat badan ideal.

2. Kesehatan Tulang dan Gigi Terjamin

Mengonsumsi makanan tinggi magnesium dan kalsium mampu membuat kesehatan tulang dan gigi Anda terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, risiko penyakit tulang, khususnya patah tulang dan osteoporosis dapat ditekan dengan 2 kandungan tersebut.

Makanan mengandung magnesium dapat Anda peroleh dari kacang mete, biji rami, biji labu, dan kacang almond. Anda dapat memperoleh vitamin D dan K dari kubis, brokoli, hingga sayuran-sayuran hijau lainnya.

3. Kadar Gula Terkontrol

Makanan yang sehat mampu membantu menstabilkan kadar glukosa darah. Anda dapat membatasi asupan gula dan garam agar kadar gula mulai dari sekarang dengan meal prep atau catering makanan sehat seperti mealfit!

Jika Anda adalah penderita diabetes, Anda dapat mengonsumsi makanan rendah gula dan garam supaya kadar glukosa di dalam darah tidak menjadi tinggi. Adapun contoh makanannya adalah kacang almond, hazelnut, tomat, dan timun.

4. Sistem Pencernaan Terjaga

Usus besar memiliki bakteri alami yang bertugas menjaga pencernaan dan metabolisme. Melalui konsumsi makanan sehat tinggi serat dan rendah lemak, maka usus Anda akan terjaga dan tetap sehat.

Jika Anda menyadari pentingnya makanan sehat bagi tubuh, khususnya usus besar, maka mulai sekarang sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung probiotik, contohnya yogurt, dan makanan tinggi serat, seperti sayuran hijau.

5. Risiko Penyakit Jantung Dapat Ditekan dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri, penyakit jantung adalah penyebab primer kematian mayoritas orang dewasa di dunia. Adapun, separuh populasi penderita yang hidup memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Untuk menekan risiko penyakit jantung dan memelihara kesehatannya, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung sumber protein nabati. Adapun contohnya yakni buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, dan sumber protein lainnya.

Selain mengonsumsi sejumlah makanan seperti yang telah disebutkan, Anda sebaiknya membatasi lemak jenuh. Dengan rutin menerapkan hal ini, maka Anda dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

6. Risiko Kanker Dapat Ditekan dengan Baik

Pentingnya makanan sehat bagi tubuh yakni menekan risiko tumbuh kembang sel kanker. Anda dapat mengonsumsi makanan mengandung antioksidan, vitamin A, dan beta-karoten yang terdapat pada kacang-kacangan, buah, dan sayur. 

7. Memori Otak Meningkat

Makanan sehat kaya akan Omega 3, vitamin D, C, E, flavonoid, serta polifenol bermanfaat sebagai pelindung otak dari demensia dan penurunan kognitif. Anda dapat memperoleh makanan dengan kandungan ini dari tuna, salmon, patin, dan bandeng.

8. Kualitas Tidur Meningkat

Tidak hanya menekan pelbagai risiko penyakit, pentingnya makanan sehat bagi tubuh yakni meningkatkan kualitas tidur. Mengapa demikian? Sebab, tubuh bekerja dengan baik jika ia memperoleh gizi dan nutrisi seimbang, sehingga tidur pun bisa lebih lelap.

9. Suasana Hati Menjadi Baik

Anda tidak dapat menolak fakta bahwa mengkonsumsi makanan sehat dapat menjadikan mood menjadi baik. Faktanya, mengonsumsi makanan sehat dapat menghindarkan Anda dari kelelahan dan gejala depresi.

Dengan mengetahui manfaat makanan sehat bagi tubuh satu ini, sebaiknya Anda mulai rutin mengonsumsi makanan-makanan yang membuat mood baik. Contohnya yakni kuaci, edamame, alpukat, salmon, semangka, dan masih banyak lagi. 

10. Kecantikan Kulit Terjaga

Tubuh yang memperoleh gizi dan nutrisi berkualitas mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan sehat. Bonusnya, Anda bisa terlihat semakin awet muda! Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran, buah, serta asam Omega-3.

Itulah pentingnya makanan sehat bagi tubuh! Setelah mengetahui informasi tersebut, apakah Anda tertarik untuk memulai rutinitas konsumsinya? Jika iya, Anda dapat mencoba meal plan  dari MealFit! Informasi selengkapnya dapat Anda tanyakan melalui kontak kami untuk informasi yang lebih lengkap!