Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Pahami Makanan setelah Olahraga yang Tepat Untuk Anda

Written by Mealfit | Oct 6, 2023 2:00:00 PM

Setelah menghabiskan waktu berolahraga yang intens, tubuh akan merasa sangat lelah karena kehilangan sejumlah energi. Inilah mengapa pemilihan makanan setelah olahraga dengan nutrisi yang tepat sangat penting untuk membantu tubuh pulih dan merasa segar kembali.

Nutrisi yang paling dibutuhkan adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Pasalnya, jenis makanan yang mengandung ketiga zat gizi makro ini dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh dan pertumbuhan otot. 

9 Rekomendasi Makanan setelah Olahraga

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang Anda konsumsi setelah olahraga. Berikut ini adalah rekomendasi menu sehat yang bisa menjadi pilihan:

1. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan alami yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, buah juga mengandung gula alami yang membantu memecah asam amino sekaligus mencegah inflamasi atau peradangan pada otot setelah olahraga.

Sebagai contoh, sebuah riset terbaru di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa karbohidrat di dalam pisang bisa membantu tubuh Anda menyerap serta menggunakan protein secara lebih baik Sehingga, otot tubuh bisa pulih cepat.

2. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah salah satu pilihan makanan setelah olahraga yang simpel tapi bermanfaat. Yogurt ini kaya akan protein dan rendah gula. Selain itu dibandingkan dengan yogurt biasa, Greek yogurt mengandung dua kali lebih banyak protein.

Protein diketahui sebagai nutrisi yang sangat penting untuk memulihkan otot yang rusak selama olahraga. Selain itu, jenis yogurt ini juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu mengembalikan energi yang hilang.

3. Roti Gandum Utuh

Dibanding roti biasa, roti gandum utuh adalah pilihan yang lebih kaya akan karbohidrat kompleks dan kandungan nutrisi. Karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, roti gandum utuh juga kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Agar menunya semakin bervariasi, Anda dapat mengolah roti gandum utuh dengan berbagai isian seperti telur, daging, atau sayuran hijau.

4. Sereal Gandum Utuh

Rekomendasi makanan setelah olahraga yang selanjutnya masih berasal dari bahan gandum, yaitu sereal gandum utuh. Sama seperti roti gandum utuh, jenis sereal ini sudah mengandung karbohidrat dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi sereal adalah pilihan yang lebih praktis. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan susu, yogurt, atau bahkan aneka buah-buahan untuk mendapatkan hidangan yang cepat, lezat, dan bergizi.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah alternatif sumber karbohidrat kompleks lain yang juga sangat baik untuk mendukung tubuh pulih sesudah olahraga. Selain itu, oatmeal juga tinggi akan kandungan melatonin yang juga disebut hormon tidur.

Melatonin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Kombinasi antara karbohidrat kompleks dan melatonin membuat oatmeal menjadi makanan yang ideal setelah olahraga, terutama jika Anda berolahraga di malam hari.

6. Telur Rebus

Telur rebus adalah sumber protein yang sangat baik, baik pada bagian putih maupun kuningnya. Melansir studi dari The American Journal Of Clinical Nutrition, konsumsi telur utuh dapat merangsang pertumbuhan serta perbaikan otot yang lebih baik.

Jadi, sebaiknya jangan hanya mengonsumsi salah satu bagian putih atau kuningnya saja. Selain protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, D, B12, asam folat, hingga zat besi dan zinc.

7. Dada Ayam Panggang

Dada ayam panggang menjadi salah satu olahan makanan setelah olahraga yang paling baik untuk memperoleh protein tinggi. Selain itu, daging bagian dada diketahui lebih rendah lemak dibandingkan dengan bagian ayam lainnya.

Sebagai variasi, Anda dapat menambahkan sayuran seperti selada atau timun untuk asupan serat dan vitamin tambahan. Jika menginginkan variasi rasa lain, marinasi dada ayam sebelum memanggangnya untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

8. Ubi Jalar

Apakah Anda pernah merasakan kondisi kram otot setelah berolahraga? Sebagai solusi, cobalah mengonsumsi ubi jalar. Makanan ini bisa mencegah ketidakseimbangan kadar elektrolit yang membuat sensasi kram setelah olahraga.

Sebab, ubi jalar adalah sumber kalium yang baik, sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memelihara fungsi sistem saraf. Selain itu, ubi jalar mengandung karbohidrat yang dapat mengembalikan energi Anda yang hilang.

9. Alpukat

Terakhir, ada buah alpukat yang memiliki keistimewaan karena mengandung lemak sehat. Meskipun lemak sehat ini tidak dapat langsung menggantikan energi tubuh, nutrisi ini dapat menggantikan cadangan energi yang hilang setelah latihan.

Selain itu, lemak sehat dari alpukat juga dapat membantu meminimalkan inflamasi dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsinya sebagai bagian dari smoothies dengan mencampurkannya dengan yogurt ataupun sebagai sebagai isian roti gandum utuh.

Sebagai solusi mendapatkan makanan sehat dengan nutrisi yang tepat setelah berolahraga, MealFit bisa menjadi alternatif. MealFit menawarkan beragam menu sehat dan ideal yang bebas MSG, rendah glikemik, kaya protein, serta bergizi seimbang. 

Dengan teknologi vacuum skin packaging, menu MealFit siap disantap kapan saja dalam 3 menit, membuatnya lebih praktis untuk dikonsumsi sebagai makanan setelah olahraga. Untuk informasi lebih lanjut terkait pilihan menu dan pemesanan, hubungi kami sekarang!