Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Pahami 7 Jenis Protein Terbaik untuk Diet Maksimal

Written by Mealfit | Nov 3, 2023 4:00:00 AM

Dalam perjalanan menuju diet, penting untuk mencukupi tubuh dengan berbagai jenis protein dalam pola makan harian. Anda harus memilih protein terbaik untuk diet, supaya penggunaannya tepat.

Protein adalah salah satu komponen nutrisi yang esensial untuk kesehatan tubuh. Selain berperan dalam pembentukan dan perbaikan jaringan, protein juga memiliki peran penting dalam mendukung diet dan pembentukan massa otot. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari protein, penting untuk memahami jenis-jenis protein yang terbaik untuk diet Anda. Artikel ini akan membahas mengenai jenis protein yang juga mudah ditemukan dalam makanan Anda.

7 Makanan dengan Jenis Protein Terbaik untuk Diet

Sebelum membahas mengenai makanan, sebaiknya Anda memahami beberapa jenis protein di kehidupan ini. Antara lain, protein hewani yang berasal dari hewan seperti daging, telur, ikan dan lain sebagainya. Protein hewani ini memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Berikutnya ada juga protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Seperti kacang, biji, sayur dan lain sebagainya. Protein yang satu ini dapat membantu meningkatkan asupan serat dan antioksidan dalam tubuh, sambil mengurangi asupan lemak jenuh.

Kemudian Whey Protein yang berasal dari susu, dan belakangan ini populer untuk diet. Whey dikenal sebagai sumber protein lengkap yang cepat dicerna tubuh, menjadikannya pilihan yang populer di kalangan olahragawan dan mereka yang ingin membangun massa otot.

Berikut adalah beberapa makanan dengan jenis protein terbaik untuk diet Anda:

1. Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah sumber protein hewani yang rendah lemak dan tinggi protein. Memilih bagian daging tanpa kulit membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan kalori tambahan. 

Daging ayam dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti dipanggang atau direbus. Anda bisa memvariasikannya sesuai dengan selera. 

 

2. Ikan Salmon

Berikutnya ada salmon yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Per sajian salmon, mengandung protein sebesar 23 gram. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak Anda. 

Pilih ikan salmon alaskan atau salmon liar untuk meminimalkan paparan zat kimia dan antibiotik. Anda juga disarankan untuk memilih salmon yang masih utuh supaya rasanya lebih nikmat. 

3. Telur

Selanjutnya adalah protein lengkap yang sangat populer untuk diet. Telur Adalah sumber protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial. Ditambah lagi, telur juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D, dan selenium. 

Tentu saja telur bisa dimasak dalam berbagai cara. Seperti direbus, goreng atau bahkan dikombinasi untuk jadi omelet. 

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian:

Protein terbaik untuk diet berikutnya adalah protein nabati dalam kacang dan biji. Seperti kacang tanah, kacang hitam dan juga kacang almond. Kemudian biji-bijian utuh seperti quinoa dan beras merah, merupakan sumber protein nabati yang kaya nutrisi.

Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan produk yang satu ini dengan mudah. Bahkan beberapa menu harian untuk diet di pilihan mealpan, Kami juga seringkali menambahkan kacang dan biji-bijian dalam sajiannya.

Tentu saja, Anda bisa mendapatkan sekaligus kandungan protein pada menu diet ini. Jadi tidak perlu lelah menghitung kalori harian Anda.

5. Tahu dan Tempe

Produk olahan kedelai ini jadi favorit menu orang Indonesia. Keduanya kaya akan protein nabati dan bahkan dapat digunakan sebagai pengganti daging dalam berbagai hidangan. 

Untuk Anda ketahui, tahu dan tempe ini memiliki kandungan 12 gram protein per 3 oz tiap porsi. Tak heran jika tahu dan tempe menjadi salah satu makanan dengan protein terbaik untuk diet.

6. Daging Tanpa Lemak

Sumber protein lain yang juga cocok untuk membantu Anda dalam diet adalah daging tanpa lemak. Daging yang dimaksud seperti daging sapi tanpa lemak atau daging kalkun. Ini adalah pilihan protein hewani lain yang dapat dimasukkan ke dalam diet. 

Untuk mendukung hal tersebut, Anda harus memilih metode memasak yang sehat untuk daging. Seperti memanggang atau merebus, untuk menjaga nilai gizi daging.

7. Susu

Terakhir Anda bisa memilih diet dengan memanfaatkan susu. Pada satu gelas susu, Anda akan mendapatkan 8 gram protein. 

Sebaiknya dapatkan susu yang diperoleh langsung dari hewan. Seperti susu kambing atau sapi. Sehingga protein dan nutrisi lainnya juga semakin baik.

Untuk merancang diet supaya sukses, Anda harus memperhatikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari sana kemudian Anda dapat melakukan kombinasi antara protein hewani, nabati bahkan whey protein.

Tentu saja untuk mendukung hal ini, Anda membutuhkan meal plan yang tepat setiap harinya. Meal plan ini berisi mengenai menu makanan, kandungan kalori pada setiap menu yang disesuaikan dengan tubuh.

Bersama Mealfit Anda bisa berlangganan meal plan dengan fokus menu protein terbaik untuk diet melalui pilihan meal plan kam. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda, dan tanyakan lebih detail mengenai informasi tersebut melalui kontak kami