Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Mudah Penat? Atasi dengan Gerakan Olahraga Penghilang Stres

Written by Mealfit | Dec 22, 2023 7:00:22 AM

Olahraga penghilang stres adalah solusi yang bisa Anda coba ketika sedang merasa penat. Sebab, olahraga adalah cara ampuh yang telah terbukti menjaga tubuh tetap bugar dan segar, memelihara kesehatan mental, hingga meningkatkan suasana hati. 

Terdapat berbagai gerakan olahraga yang mudah untuk Anda lakukan ketika ingin menghilangkan stres dan rasa penat. Bahkan, Anda tidak memerlukan alat tambahan karena dilakukan di atas karpet yang lembut dan tebal pun tidak masalah. 

Berikut ini berbagai gerakan olahraga yang tidak memerlukan ruang terlalu luas, sehingga bisa Anda coba olahraga di rumah atau pun di kantor.

Ringan! Ini 5 Gerakan Olahraga Penghilang Stress

Hanya mengandalkan tubuh dan bebannya saja tanpa bantuan alat, gerakan di bawah ini akan menurunkan stres dan membuat Anda lebih bugar sehingga tidak mudah penat. Menggunakan yoga mat akan lebih baik agar terdapat alas yang tebal untuk Anda.

1. Jumping Jacks

Gerakan pertama adalah jumping jacks, yang bisa Anda lakukan dengan posisi berdiri tegak. Lalu, lakukan lompatan dengan posisi kedua kaki keluar bersamaan kemudian kembali lagi ke posisi semula yang rapat.

Jumping jacks bisa Anda lakukan selama 45 detik, lalu jeda 15 detik untuk ambil napas. Lanjutkan seperti itu berulang mulai dari 3 putaran, atau hingga Anda merasa segar kembali.

Manfaat gerakan ini cukup banyak, mulai dari menyeimbangkan detak jantung, melancarkan sirkulasi darah ke tubuh, lalu mengontrol tekanan darah, hingga mencegah stroke.

Efek positif yang tidak kalah penting adalah jumping jacks membantu pelepasan endorfin di tubuh, sehingga kadar stress Anda pun menurun.

2. Yoga Downward Facing Dog

Selanjutnya, Anda bisa meniru salah satu gerakan dalam yoga yang paling dasar, yakni downward facing dog. Seperti namanya, Anda membawa posisi atas tubuh ke bawah. 

Gerakan olahraga penghilang stres ini bisa Anda mulai dengan plank, kemudian dorong tangan Anda ke depan sambil mengangkat pinggul ke atas. Lalu, regangkan kaki Anda ke belakang. Luruskan kaki, serta tumit arahkan ke lantai. Tahan posisi tersebut untuk 30 detik.

Rutin melakukan gerakan ini akan membuat otot kaki belakang lebih regang, sistem saraf lebih tenang, stres menghilang, serta sakit kepala teratasi.

Selain itu, Anda bisa sempurnakan dengan menjaga asupan nutrisi melalui makanan sehat. Seperti Meal Plan dari Mealfit, yang tersedia dengan berbagai menu variatif untuk mendukung pengelolaan stres Anda.

3. Yoga Child’s Pose

Gerakan yoga lainnya adalah child’s pose, yang membantu meningkatkan peredaran darah serta melepaskan stres dan rasa lelah. 

Cara melakukan child’s pose mudah sekali, Anda bisa mulai dengan duduk di lantai dan posisi kaki menekuk ke belakang. Pastikan bahwa jari-jari kaki Anda rapat. Kemudian, hembuskan napas sambil menurunkan tubuh dan merentangkan kedua tangan ke depan.

Pose gerakan ini terlihat seperti sedang menyembah. Durasi gerakan perlu Anda tahan paling tidak 30 detik, sembari mengatur pernapasan Anda. Apabila Anda telah rutin melakukan gerakan olahraga penghilang stres ini dan sudah mahir, tingkatkan durasi posisi menjadi 45 hingga 60 detik.

4. Side Leg Lift 

Tidak kalah mudah, Anda bisa melakukan gerakan side leg lift sambil rebahan! Anda pun bisa mencobanya saat sedang menonton televisi.

Untuk memulainya, Anda bisa berbaring di satu sisi saja, lalu angkat kaki yang berada di posisi atas lebar-lebar. Lakukan hingga mencapai 20 kali pengulangan, setelah itu Anda bisa menukar posisi ke sisi sebelahnya agar bisa mengangkat kaki yang satu lagi.

Jika Anda melakukan side leg lift dengan rutin, maka rentang gerak serta stabilisasi tubuh akan lebih baik, lalu daya tahan otot meningkat, hingga yang sangat penting adalah mampu menurunkan stres.

5. Taichi 

Gerakan olahraga penghilang stres ini sebenarnya adalah seni bela diri dari China kuno. Terdapat beberapa gerakan variasi yang bisa Anda lakukan sembari mengatur napas. 

Lebih tepatnya, ada 13 postur yang dilakukan secara berkelanjutan, yakni:

  • Peng, menangkal
  • Lu, memutar kembali
  • Chi, menekan
  • An, mendorong
  • Tsai, tarik ke bawah
  • Lieh, terpisah
  • Chou, serangan siku
  • Kao, pukulan bahu
  • Chin, maju
  • Tui, mundur
  • Ku, lihat ke kiri
  • Pan, lihat ke kanan
  • Ting, tengah

Anda bisa membuka Youtube untuk melihat tutorial taichi yang lebih lengkap, atau datang saja ke kelas taichi yang tersedia di sekitar Anda agar dibimbing langsung oleh ahlinya. Selain mengurangi stres, rutin melakukan taichi akan meminimalisir kekhawatiran, menjadikan tidur lebih nyenyak, serta meningkatkan fleksibilitas.

Penutup

Lima gerakan olahraga penghilang stres tersebut akan membantu Anda lebih bahagia dan segar bugar, sehingga tidak mudah merasa penat. Selain memelihara kesehatan fisik dan mental, Anda juga perlu memastikan makanan setelah olahraga yang perlu Anda konsumsi dengan tepat.

Hal ini dapat menjaga tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan juga harus Anda lakukan agar manajemen stres Anda lebih komplet. 

Meal Plan dari MealFit hadir untuk Anda sebagai solusi mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Variasi makanan sehat yang tersedia pun luas, mulai dari menu makanan Nusantara hingga Western dengan kualitas terjamin.

Hubungi kami untuk mendapatkan Meal Plan terbaikmu yang sehat dan berkualitas. Stres dan penat pun jadi tidak mudah datang lagi!