Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Mitos atau Fakta: Menu Makanan Ayam Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Written by Mealfit | Sep 22, 2023 4:00:00 AM

Menu makanan ayam merupakan santapan yang lezat serta kaya akan manfaat, terlebih jika melalui proses memasak yang tepat. Ada berbagai macam yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda, mulai dari makanan khas Indonesia hingga menu dari berbagai penjuru dunia.

Daging ayam sering disebutkan memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, apakah hal tersebut hanya merupakan mitos ataukah memang fakta? Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut, temukan juga manfaat lainnya dari daging ayam serta rekomendasi menu untuk Anda!

Mitos Makanan Ayam Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan 5 Fakta Lainnya

Ada berbagai zat yang terkandung dalam daging ayam yang masih mentah, misalnya protein, lemak, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, kalium, zinc, dan niacin. Setelah diolah, maka kandungan gizinya bisa berubah, tergantung dari bagaimana cara mengolah atau memasaknya.

Berbagai zat tersebut, memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh Anda. Maka dari itu, pernyataan yang menyebutkan daging ayam dapat meningkatkan sistem kekebalan bukan merupakan mitos.

Berikut adalah berbagai manfaat dari daging ayam yang bisa Anda dapatkan. Namun, pastikan Anda mengolahnya menjadi menu yang sehat dengan gizi seimbang.

1. Meningkatkan Sistem Imunitas yang Mendukung Kekebalan Tubuh

Manfaat dari daging ayam yang sudah banyak disinggung sebelumnya yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas. Dengan mengonsumsi daging ayam, maka salah satu khasiatnya yaitu dapat menahan perpindahan sel darah putih ke bagian saluran pernapasan, sehingga dapat berpengaruh terhadap sistem imunitas tubuh.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Karena kaya akan protein, menu makanan ayam dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Protein tersebut memiliki dampak yang baik bagi penyerapan kalsium dan kepadatan tulang Anda. Massa tubuh juga dapat meningkat dengan mengonsumsi protein secara rutin dan tepat.

3. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Daging ayam memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun merupakan lemak tidak jenuh. Manfaatnya yaitu untuk mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk jantung koroner dan gagal jantung.

Namun, proses pengolahannya tetap perlu diperhatikan, karena kandungan gizinya bisa berkurang jika tidak dimasak dengan tepat. Maka dari itu, pastikan menu makanan ayam yang Anda pilih merupakan menu yang sehat.

4. Menurunkan Kolesterol

Dengan melakukan pengolahan daging ayam yang tepat, maka manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Lemak jenuh yang berlebih dapat menjadi sumber kolesterol, sedangkan daging ayam memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, namun tetap kaya akan protein.

5. Menjadi Salah Satu Rekomendasi Menu Diet Sehat

Jika Anda ingin menu diet yang tetap enak, maka olahan daging ayam bisa menjadi solusi yang tepat. Daging ayam, terutama untuk bagian dada, merupakan makanan yang tinggi protein namun rendah kalori. Berbagai jenis olahan ayam dapat menjadi rekomendasi menu untuk diet sehat bagi Anda.

Rekomendasi Menu Makanan Ayam dari Mealfit

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari daging ayam, maka kini saatnya memilih menu ayam favorit Anda. Berikut merupakan rekomendasi menu ayam dari Mealfit yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. 

1. Ayam Bakar Jimbaran Bali

Menu pertama yaitu makanan khas yang sudah sangat populer, yaitu Ayam Bakar Jimbaran Bali. Menu lezat pertama ini sangat kuat dengan aroma bumbu khas Bali, sehingga cocok untuk Anda yang menyukai makanan kaya akan bumbu dan rempah.

Berbagai sayuran seperti buncis, wortel, dan kembang kol, akan berpadu dengan nikmat bersama berbagai bumbu khasnya.

2. Ayam Bumbu Naniura

Menu makanan ayam kedua yaitu ayam bumbu naniura yang terasa nikmat dengan berbagai rempahnya. Perpaduan paha ayam, beras basmati, kacang hijau, ubi jalar, kentang, jagung, serta berbagai bumbu dan rempah, membuat menu ini cocok untuk menjadi andalan bagi Anda.

3. Ayam Bakar Taliwang

Menu selanjutnya yaitu ayam bakar taliwang yang akan dipadukan dengan nasi merah, kentang segar, serta berbagai bumbu pendukungnya. Lada dan cabai segar turut membuat menu ini semakin nikmat, cocok untuk Anda yang menyukai bumbu pedas.

4. Ayam Arsik Medan

Makanan khas Medan yang satu ini pun bisa menjadi pilihan bagi Anda. Dilengkapi dengan nasi basmati serta berbagai bumbu dan rempah, membuat ayam arsik medan terasa nikmat.

5. Chicken Forrestierre & Hawaiian Salad

Bosan dengan menu Indonesia dan ingin menjelajahi menu lain? Anda bisa memilih menu yang satu ini. Perpaduan antara chicken forestiere dan salad khas Hawaii, dapat menjadi rekomendasi andalan bagi Anda.

Itulah berbagai jenis menu ayam yang sehat dan lezat, sangat cocok untuk santapan sehari-hari. Berbagai manfaat dari daging ayam bisa Anda peroleh, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga manfaat sebagai menu diet sehat.

Masih banyak orang yang mengira menu makanan sehat adalah makanan yang kurang enak. Padahal, ada berbagai variasi menu makanan ayam yang sehat namun bisa Anda santap dengan nikmat. Berbagai menu katering dari Mealfit bisa menjadi solusi untuk Anda, hubungi kami untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut!