Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

8 Menu Makanan Sehat Untuk Diet Bagi Pemula

Written by Mealfit | Aug 11, 2023 5:00:00 AM

Dalam merencanakan diet, penting untuk memilih makanan yang rendah kalori, dan juga kaya akan nutrisi. Ada banyak makanan sehat untuk diet pemula yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Namun, olahraga secara teratur dan mendapatkan cukup tidur juga berperan dalam menjaga kesehatan dan penurunan berat badan. Jadi, sambil memperhatikan apa yang Anda makan, jangan lupa untuk juga memperhatikan aspek-aspek lain dari gaya hidup sehat.

8 Makanan Sehat untuk Diet Pemula

Memulai perjalanan diet bisa menjadi tantangan, terutama bagi pemula. Salah satu kunci untuk sukses dalam diet adalah memilih makanan yang sehat dan bergizi. Berikut ini 9 makanan sehat yang bisa Anda coba:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Alpukat juga kaya akan serat, vitamin E, dan kalium. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sementara vitamin E dan kalium adalah nutrisi penting yang mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak.

Meski alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, lemak ini sehat dan dapat membantu dalam proses penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Serat dalam sayuran hijau dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

Vitamin dan mineral dalam sayuran hijau, seperti vitamin A, C, K, dan folat, serta mineral seperti kalsium dan kalium, sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik. Karbohidrat kompleks ini dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang lebih lama dan membantu mengendalikan rasa lapar.

Oatmeal juga kaya akan serat, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mendukung kesehatan pencernaan.

Selain itu, oatmeal sebagai makanan sehat untuk diet pemula juga mengandung protein dan berbagai vitamin dan mineral, seperti mangan, fosfor, dan vitamin B1.

4. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik. Protein adalah nutrisi penting yang dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot. Telur juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, vitamin D, dan zat besi.

Selain itu, telur juga mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak dan kesehatan hati. Sibuk menghadang Anda untuk menyiapkan makanan Sehat? MealFit meal plan menyediakan menu makanan sehat dengan nutrisi seimbang, termasuk telur.

5. Daging Ayam

Daging ayam, terutama bagian dada, adalah sumber protein yang sangat baik. Protein dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan mendukung pembentukan otot.

Daging ayam mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti niacin, vitamin B6, dan seng. Daging ayam juga rendah lemak, terutama jika kulitnya dihilangkan, sehingga cocok untuk diet rendah lemak.

6. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang sehat dan mengandung serat, yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Kentang sebagai makanan sehat untuk diet pemula juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalium.

Meski kentang sering dikaitkan dengan penambahan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa kentang bisa menjadi bagian dari diet sehat jika dimasak dengan cara yang sehat dan dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

7. Daging Sapi (Tanpa Lemak)

Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein yang sangat baik, yang dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot. Daging sapi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti zat besi, vitamin B12, dan zinc.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi daging sapi justru bisa menambah berat badan dan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, Anda perlu memastikan daging sapi tanpa lemak dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

8. Jamur

Makanan sehat untuk diet pemula selanjutnya adalah jamur. Jamur adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti selenium, kalium, dan beberapa vitamin B.

Jamur juga mengandung serat dan protein, yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jamur rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk diet rendah kalori dan rendah lemak.

Dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet pemula di atas, Anda akan melihat perubahan positif dalam penampilan dan kesehatan. Selalu ingat, kunci dari diet yang sukses adalah konsistensi dan komitmen untuk menjaga pola makan yang sehat.

Selain makanan di atas, Anda juga bisa memilih menu dengan kandungan nutrisi seimbang dari MealFit. Penyedia makanan sehat MealFit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti makanan defisit kalori, surplus kalori, fat loss, vegan meal plan, dan lain sebagainya. Untuk menjaga pola makan sehat, dapatkan rekomendasi menu makanan sehat yang ideal dari MealFit dengan cara menghubungi kontak kami.