Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Mengenal Salmon Norwegia yang Kaya Akan Nutrisi

Written by Mealfit | Oct 23, 2023 2:00:00 PM

Terkenal sebagai ikan kaya nutrisi, salmon memiliki banyak jenis untuk Anda konsumsi. Salah satu peringkat teratas salmon adalah jenis salmon Norwegia, yang kualitas dan kandungan nutrisinya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Hal tersebut disebabkan oleh keberadaan fyord, atau teluk dari lelehan gletser, yang jumlahnya cukup banyak sehingga ideal sebagai tempat budidaya salmon. Lantas apa saja keunggulan dari salmon Norwegia? Mari bahasa secara lengkap mulai dari kandungan nutrisi hingga manfaat mengonsumsinya berikut ini!

Kandungan Nutrisi Salmon Norwegia

Bagi pecinta sashimi, salmon dari perairan dingin yang murni di Norwegia ini cukup populer dan banyak peminatnya. Selain karena rasanya yang gurih dan sedikit berminyak, salmon Norwegia disukai karena memiliki kandungan nutrisi seperti di bawah ini.

1. Omega 3

Asam amino atau Omega 3 ini bermanfaat untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskular. Jenis nutrisi satu ini juga mampu mencegah terjadinya peradangan, mendukung pertumbuhan anak, serta baik bagi indera penglihatan.

2. Vitamin A

Kandungan vitamin A pada salmon dari Norwegia bagus untuk kesehatan mata Anda serta mendukung pemeliharaan imun tubuh. Mendapatkan manfaat vitamin A dari salmon asal Norwegia bisa Anda jadikan untuk menambah asupan vitamin dan manfaat ikan bagi kesehatan tubuh Anda.

3. Vitamin D

Nutrisi ketiga dalam salmon asal Norwegia berikutnya adalah vitamin D. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung, kandungan ini baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin D juga membantu penyerapan kalsium di tubuh.

4. Vitamin B12

Kandungan vitamin B12 dalam salmon Norwegia akan meningkatkan sel darah merah tubuh serta memperbarui sel-sel tubuh Anda.

5. Selenium

Jika ingin meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi ikan salmon ini akan membantu Anda karena mampu melawan racun di dalam tubuh.

Perbedaan Salmon Asal Norwegia dengan Salmon Negara Lain

Salmon dari Norwegia termasuk jenis ikan salmon yang selalu memiliki grade unggul dari ikan salmon lain di seluruh dunia. Apa saja yang membuat salmon asal Norwegia ini unggul dan berbeda dari salmon negara lain? Berikut jawabannya!

1. Grade Kualitas Prima

Faktor utama kualitas prima ikan salmon ini adalah habitat salmon yang ideal untuk tumbuh kembangnya. Salmon hidup dan tumbuh pada perairan dingin alami yang bisa Anda sebut dengan fyord.

Perairan tersebut menjadi habitat ideal salmon sehingga tumbuh menjadi ikan berkualitas dan tinggi nutrisi. Fyord pun terlindungi dari arus laut maupun cuaca buruk, sehingga menurunkan risiko penyakit pada salmon karena lingkungan pemeliharaannya terkendali.

2. Level Kontaminan yang Rendah

Berikutnya, salmon Norwegia ini memiliki risiko terpapar kontaminan yang rendah. Sebab habitat budidayanya berada di perairan dingin yang bersih, sehingga membantu melindungi salmon dari risiko kontaminasi.

Hal tersebut membuat kualitas salmon sebagai menu makanan sehat semakin tinggi karena murni dan bebas dari jenis kontaminan yang bahayanya tinggi, seperti merkuri hingga PCB.

3. Praktik Budidaya Berkelanjutan

Budidaya ikan salmon di negara Norwegia tidak boleh sembarangan karena telah memiliki peraturan tersendiri. Jadi, praktik budidayanya dilaksanakan dengan mengacu kepada pedoman berkelanjutan yang diawasi secara ketat.

Tujuan praktik budidaya ikan salmon yang berkelanjutan berkaitan erat dengan mengurangi dampak lingkungannya. Jadi, salmon dari Norwegia dibudidayakan dengan penerapan pengelolaan limbah, pengurangan antibiotik, hingga pemberian pakan yang bertanggung jawab.  

Manfaat Konsumsi Salmon Norwegia

Begitu banyak keunggulan salmon asal Norwegia dari salmon lain. Lalu, apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan bila rutin konsumsi salmon dari Norwegia? Simak di bawah ini!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salmon memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, serta mengurangi penumpukan plak di arteri.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Rutin makan salmon juga meningkatkan fungsi otak hingga mendorong kemampuan kognitif Anda. Hal tersebut akan menjauhkan Anda dari risiko depresi serta Alzheimer di masa tua.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A serta vitamin D pada salmon esensial dalam memelihara kesehatan mata. Anda pun dapat mencegah risiko mata rabun karena pertambahan usia jika menambahkan salmon pada menu makanan sehari-hari.

4. Memelihara Kesehatan Sendi

Manfaat lain dari asam lemak Omega-3 adalah mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan persendian. Jadi, salmon asal Norwegia ini sangat bagus untuk Anda dengan kondisi osteoartritis.

5. Membentuk Otot

Salmon juga tinggi kandungan proteinnya. Bersamaan dengan asam amino, kandungan protein pada salmon akan membantu Anda yang sedang membentuk maupun mempertahankan massa otot.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi salmon Norwegia beserta keunggulan dan manfaatnya, tidak heran bila Anda jadi ingin mencicipinya setelah membaca artikel ini. Namun, tidak perlu jauh-jauh ke Norwegia, Anda tinggal berlangganan saja Meal Plan dari MealFit.

Meal Fit menyediakan menu Norwegian Salmon Steak yang lengkap dengan sayuran seperti wortel hingga brokoli. Menu tersebut mengandung 23 gram protein yang ideal untuk mendukung diet Anda. Segera hubungi kontak Meal Fit untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.