Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Mengenal Beef Stroganoff, Makanan Sehat Rasa Nikmat Asal Rusia

Written by Mealfit | Oct 18, 2023 2:00:00 PM

Beef stroganoff merupakan salah satu makanan khas Rusia yang sebenarnya lezat namun kurang dikenal atau underrated. Padahal, ini dapat menjadi rekomendasi kuliner yang sebaiknya Anda coba.

Selain cita rasanya yang nikmat, ini juga merupakan makanan sehat yang mengandung berbagai zat nutrisi. Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan mari lebih mengenal kuliner yang satu ini!

Sejarah mengenai Beef Stroganoff

Pada dasarnya, hidangan ini memang sudah ada di Rusia sejak sekitar abad ke-17 Masehi. Nama dari masakan ini diambil dari salah satu diplomat asal Rusia, Count Pavel Alexandrovich Stroganov. Nama belakang atau nama keluarga dari diplomat tersebutlah yang akhirnya menjadi nama yang terkenal dari hidangan ini.

Diplomat tersebut sempat meminta juru masaknya untuk membuat masakan dengan berbagai bahan khas dari Rusia. Saat itu, mereka sedang berada di Negara Prancis dalam rangka kunjungan.

Juru masak tersebut akhirnya membuat masakan dengan menambahkan krim asam khas Rusia, dicampurkan dengan saus mustard dari Prancis. Hasil pencampuran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam hidangan daging sapi. Selanjutnya, makanan itu pun populer dan mulai digemari banyak orang.

Komposisi dan Cara Membuat Beef Stroganoff

Secara umum, untuk dapat membuat hidangan yang satu ini, maka Anda perlu menyiapkan berbagai jenis bahan berikut:

  1. 120 gr daging sapi tenderloin
  2. 70 gr bawang bombai
  3. 10 gr bawang putih
  4. 60 gr jamur kancing
  5. 1 sdm yogurt yang polos
  6. 10 sdm krim masak
  7. 50 ml kaldu sapi
  8. 2 gr daun parsley yang masih segar
  9. Merica hitam secukupnya
  10. 3 sdm minyak zaitun
  11. Garam secukupnya
  12. Paprika

Setelah menyiapkan berbagai bahan di atas, maka Anda dapat mulai memasak dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Potong bawang bombai, bawang putih, dan paprika.
  2. Bersihkan jamur, dilanjut dengan memotongnya hingga menjadi 4 bagian.
  3. Selanjutnya, potong daging sapi menjadi bentuk potongan dadu.
  4. Tumislah bawang bombay, lalu dilanjutkan dengan memasukkan bawang putih dan jamur yang telah dipotong.
  5. Berikutnya, masukkan daging sapi, merica, dan garam.
  6. Aduk hingga merata, lalu masukkan paprika.
  7. Masukkan krim masa, aduk hingga merata. Gunakan api kecil untuk tahap ini.
  8. Setelah merata, tambahkan juga yogurt.
  9. Tuangkan merica dan air kaldu.
  10. Cincang daun parsley, setelah itu masukkan dan aduk hingga rata.
  11. Setelah matang, Anda dapat menyajikan hidangan tersebut selagi masih hangat, supaya cita rasanya lebih terasa.
  12. Anda dapat menyajikannya dengan nasi atau pasta. Selain itu, jika ingin menambahkan karbohidrat berupa kentang, maka Anda dapat memasukkannya ke dalam resep tadi, sehingga dapat dimasak bersama.

Setelah membaca komposisi dan cara memasak di atas, mungkin saja terasa mudah bagi sebagian orang. Namun, bagi Anda yang merasa kesulitan atau tidak memiliki cukup waktu untuk membuatnya, MealFit dapat menjadi solusi. Anda dapat menghubungi di sini untuk memesan menu Beef Stroganoff.

Menu tersebut memiliki komposisi bahan yaitu daging sapi, bawang bombay, bawang putih, garam, jamur shitake, gula, cabai merah, wortel, lada hitam, kentang, susu segar, krim masak, lada hijau, dan lada kuning.

Memesan makanan dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, atau yang ingin memakan menu sehat namun tetap praktis. Maka dari itu, jangan ragu untuk segera memesannya untuk menu andalan Anda! 

Kandungan Nutrisi Beef Stroganoff

Kandungan gizi dalam hidangan ini dapat dipengaruhi oleh resep dan bahan digunakan. Jika Anda memesan menu dari MealFit seperti yang sudah dibahas sebelumnya, maka berikut adalah kandungan nutrisi yang dapat Anda peroleh.

1. Protein

Karena ini merupakan menu yang sangat menonjolkan daging sapi sebagai daya tarik utamanya, maka tentu saja hidangan ini memiliki kandungan protein yang cukup kaya.

Protein merupakan zat nutrisi yang memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh, misalnya dalam membentuk jaringan otot. Dengan sumber protein yang sehat dan bernutrisi tinggi, maka Anda asupan gizi di tubuh akan lebih terpenuhi.

2. Karbohidrat

Ada berbagai jenis karbohidrat yang dapat dipadukan dengan hidangan ini, salah satunya yaitu kentang. Dengan adanya asupan karbohidrat dalam makanan ini, maka kebutuhan sumber energi Anda pun dapat terpenuhi. Aktivitas sehari-hari pun dapat berjalan dengan lancar.

3. Lemak

Hidangan ini juga memiliki kandungan lemak yang berasal dari sebagian besar berasal dari daging sapi.

4. Gula dan Sodium

Selanjutnya, terdapat juga kandungan gula dan sodium yang juga diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu.Itulah berbagai penjelasan tentang hidangan lezat khas Rusia yang satu ini. Pada dasarnya, memasak makanan asing seperti hidangan yang satu ini memang susah-susah gampang.

Untuk yang sudah terbiasa memasaknya, mungkin saja akan menjadi mudah. Namun, untuk yang baru pertama kali, terlebih yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan, ini bisa menjadi tantangan yang cukup sulit.

Namun, modern problem requires modern solution! Anda hanya perlu berlangganan Meal Plan dari MealFit jika ingin mengonsumsi makanan lezat nan bergizi ini tanpa perlu ribet mencari bahan dan memasaknya di rumah! Apalagi ke Rusia! Segera hubungi kami untuk memesan Beef Stroganoff atau hidangan lainnya.