Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Manfaat, Tips, serta Rekomendasi Makanan untuk Gaya Hidup Sehat

Written by Mealfit | Sep 6, 2023 4:00:00 AM

Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan berbagai hal, salah satunya dengan mengatur pola makan agar tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang cukup. Jika diterapkan dengan benar, maka ada banyak sekali manfaat gaya hidup sehat bagi tubuh manusia.

Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja hal yang perlu dilakukan dalam memulai gaya hidup sehat, termasuk dalam mengatur pola makan. Karena itu, simak manfaat dan tips menerapkan gaya hidup sehat hingga rekomendasi makanan yang sehat di ulasan berikut.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Membiasakan gaya hidup sehat tidak hanya memiliki efek positif pada kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental manusia. Adapun berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menerapkan gaya hidup sehat yaitu:

1. Menjaga Imunitas Tubuh

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, tubuh mendapatkan dukungan untuk membangun dan mempertahankan sistem imun yang kuat. Imunitas yang kuat dapat membantu melawan serangan virus dan bakteri penyebab ancaman penyakit.

2. Meningkatkan Energi dan Stamina

Melalui gaya hidup sehat berupa olahraga dan pola makan teratur, proses metabolisme tubuh akan semakin optimal. Hasilnya, produksi energi meningkat sehingga stamina juga menjadi lebih baik.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu aspek penting dalam gaya hidup sehat adalah tidur yang cukup. Jadi, meningkatkan kualitas tidur juga merupakan manfaat gaya hidup sehat. Dengan tidur berkualitas, maka kesehatan fisik dan mental juga akan meningkat.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Ketika tubuh mendapatkan nutrisi dan dukungan fisik yang tepat, suasana hati akan menjadi lebih stabil. Selain itu, beberapa aktivitas olahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang memberikan perasaan bahagia.

5. Memelihara Berat Badan Ideal

Melalui kombinasi antara aktivitas fisik secara teratur dan pola makan yang seimbang, berat badan ideal akan tetap terjaga. Sehingga, Anda bisa terhindar dari masalah obesitas (berat badan berlebih) maupun berat badan yang terlalu kurus.

Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah mengetahui apa saja manfaat gaya hidup sehat bagi tubuh manusia, ketahui pula berbagai tips untuk menerapkannya berikut ini:

1. Berolahraga Rutin

Gaya hidup sehat perlu diiringi dengan aktivitas fisik yang teratur. Pilihlah jenis olahraga yang cocok untuk Anda, contohnya seperti jogging, yoga, berenang, bersepeda, berolahraga di gym, dan lain sebagainya.

2. Cukupi Waktu Tidur

Waktu tidur yang cukup dan berkualitas adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Hindari begadang berlebihan dan pastikan tidur selama 7-9 jam per malam. Sebab tidur cukup dapat mendukung daya tahan tubuh, konsentrasi, dan kesehatan jantung.

3. Tingkatkan Asupan Air Putih

Pentingnya hidrasi dari air putih juga tidak boleh diabaikan dalam gaya hidup sehat. Minum air putih cukup diketahui dapat membantu mencegah dehidrasi, menjaga pencernaan, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Anda tentu pernah mendengar bahwa kebersihan adalah bagian dari kesehatan. Jadi, selalu jaga kebersihan diri maupun lingkungan untuk menghindari resiko penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan virus.

5. Atur Pola Makan

Salah satu manfaat gaya hidup sehat yaitu menjaga berat badan ideal. Hal ini bisa dicapai jika Anda mengatur pola makan sehat. Jadi, pastikan setiap menu makanan Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang seimbang.

Rekomendasi Menu Makanan untuk Gaya Hidup Sehat

Sebagai solusi untuk mengatur pola makan yang baik sesuai gaya hidup sehat, Anda bisa memanfaatkan jasa katering sehat. Berikut ini rekomendasi menu makanan untuk menjalankan gaya hidup sehat dari katering sehat Mealfit:

1. Daging Sapi Brenebon

Terdiri atas nasi organik dengan daging sapi dan kacang brenebon. Dalam 1 porsi 350 gram, menu ini mengandung sebanyak 311,1 kalori, 31,7 g protein, 7,7 g lemak, dan 26,4 g karbohidrat.

2. Ayam Bakar Jimbaran Bali

Adalah masakan ayam bakar dengan bumbu khas Bali yang disajikan bersama nasi organik. Porsi seberat 350 gram dari menu ini mengandung 488,9 kalori, 30,1 g protein, 23,5 g lemak, dan 38,8 g karbohidrat.

3. Beef Stroganoff

Menu khas Rusia ini terdiri atas tumisan daging sapi yang disajikan bersama krim dan saus jamur, bisa dinikmati bersama nasi atau pasta. Dalam setiap porsi 300 g, terkandung 543 kalori, 37 g protein, 23 g lemak, dan 39 g karbohidrat.

4. Ayam Bumbu Naniura

Naniura adalah bumbu khas batak yang terdiri atas rempah seperti kunyit, bawang merah, jahe, dan lain-lain. Dalam 1 porsi seberat 350 gram, ayam bumbu naniura dari Mealfit memiliki 488,9 kalori, 29,9 g protein, 19,6 g lemak, dan 45 g karbohidrat.

5. Norwegian Salmon Steak

Menu ini menawarkan steak salmon ala Norwegia yang disajikan bersama wortel, kentang, jamur shimeji, dan sayuran lainnya. Satu porsinya memiliki berat 300 gram dengan 354 kalori, 23 g protein, 11 g lemak, dan 32g karbohidrat.

Katering sehat Mealfit menawarkan berbagai menu lezat dan bernutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi harian Anda. Untuk mendapatkan manfaat gaya hidup sehat secara maksimal, ketahui berbagai rekomendasi menu lainnya di sini. Informasi selengkapnya dapat Anda tanyakan melalui kontak kami untuk lebih detail.