Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Manfaat Mengonsumsi Menu Makanan Ikan Kakap Sambal Matah

Written by Mealfit | Sep 27, 2023 4:00:00 AM

Sambal matah yang merupakan pendamping makanan khas Bali sudah cukup terkenal untuk dipadukan dengan berbagai variasi makanan. Salah satu jenis makanan yang cukup populer yaitu ikan sambal matah.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa dipadukan dengan sambal matah, termasuk ikan kakap. Selain lezat, perpaduan makanan yang satu ini juga bernutrisi tinggi. Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam ikan kakap dan sambal matah? Intip penjelasan berikut hingga tuntas dan pastikan Anda mencicipi hidangan yang satu ini!

Ikan Kakap Sambal Matah: Manfaat Mengonsumsi Ikan Kakap

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Ada banyak jenis ikan yang umum ditemui di Indonesia, salah satunya yaitu ikan kakap. Ikan ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Kaya akan Mineral yang Penting bagi Pertumbuhan Sel

Ikan kakap mengandung berbagai jenis mineral yang penting bagi tubuh, misalnya zink, zat besi, fosfor, dan kalsium. Semua zat tersebut memiliki manfaat bagi tubuh, termasuk untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan berbagai sel penting dalam tubuh.

2. Mengandung Berbagai Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Jika Anda mengonsumsi ikan kakap secara rutin, maka kebutuhan asupan vitamin dalam tubuh juga bisa lebih terpenuhi. Bahan makanan yang satu ini kaya akan vitamin A, vitamin D, serta berbagai vitamin B kompleks (vitamin B1, B2, B3, dan B9).

Karena memiliki berbagai kandungan vitamin, maka menu ikan kakap bisa menjadi pilihan yang sehat untuk Anda, misalnya menu ikan sambal matah. 

3. Mengandung Lemak Tak Jenuh

Jenis lemak yang terkandung dalam ikan kakap yaitu lemak tak jenuh atau sering disebut lemak baik. Ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung serta bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Maka dari itu, menu ikan sambal matah bisa menjadi andalan untuk Anda dan orang-orang tercinta.

Ikan Kakap Sambal Matah: Manfaat Mengonsumsi Sambal Matah

Sambal merupakan pendamping makanan yang umum dipakai untuk menu khas di berbagai daerah Nusantara. Setiap daerah, bisa jadi memiliki sambal khasnya masing-masing, termasuk Bali yang terkenal dengan sambal matah miliknya.

Campuran bahan yang dipakai untuk membuat sambal matah, membuatnya memiliki berbagai kandungan zat gizi, mulai dari vitamin C hingga berbagai jenis mineral yang diperlukan tubuh.

Berikut merupakan manfaat mengonsumsi sambal matah yang sebaiknya Anda ketahui. Anda bisa mendapatkan manfaat ini di dalam berbagai jenis menu, misalnya ikan sambal matah.

1. Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

Vitamin C di dalam sambal matah dapat memberikan asupan karoten, flavonoid, dan beberapa kandungan mineral. Hal tersebut dapat sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat tekanan darah, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi risiko penyakit stroke.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Salah satu bahan penting dalam pembuatan sambal matah yaitu bawang merah. Di dalamnya, terdapat kandungan sulfur yang dapat berperan aktif untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dengan memakan daging yang dicampur dengan sambal pedas, termasuk hidangan ikan sambal matah, maka Anda bisa menurunkan hormon ghrelin. Hormon tersebut berperan untuk memicu rasa lapar di dalam tubuh.

Dengan turunnya hormon tersebut, maka Anda bisa mencegah rasa lapar dan menjalani diet dengan lebih optimal. Akan lebih optimal untuk menurunkan berat badan jika mengetahui cara menghitung berat badan ideal.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Dengan mengonsumsi sambal yang satu ini, misalnya dalam hidangan ikan sambal matah, maka Anda bisa mendapatkan manfaat berupa peningkatan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi, maka memang cukup banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Masalah gusi dan sariawan juga bisa dicegah dengan hidangan ini.

5. Solusi Masalah Pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, maka salah satu jenis makanan yang bisa menjadi solusinya yaitu sambal matah.

Ketika Anda mengonsumsinya dalam takaran yang tidak berlebihan, maka dapat membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Cabai mengandung zat capsaicin sehingga dapat membantu sistem pencernaan.

Varian Sambal Matah yang Bisa Dicoba

Meski merupakan sambal khas Bali, namun saat ini dapat ditemukan aneka ragam variasi dari sambal matah yang menyebar di berbagai daerah Nusantara. Jika dilihat dari bahan pendukungnya, maka ada berbagai jenis varian sambal matah yang bisa Anda coba cicipi. Sebagai contoh, sambal matah tomat, sambal matah kecombrang, dan sambal matah udang.

Selain sebagai pendamping lauk yang terbilang cukup berat, sambal matah kini bahkan sudah dapat ditemui pada mie instan sebagai salah satu varian rasanya.

Pada dasarnya, sambal matah memiliki berbagai manfaat dan sangat cocok untuk berbagai hidangan, termasuk dipadukan dengan ikan kakap. Tadi juga sudah dibahas mengenai manfaat mengonsumsi ikan kakap dan sambal matah, sehingga membuat kombinasi kedua makanan ini menjadi semakin menyehatkan.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan bernutrisi dan lezat yang satu ini, namun merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk memasaknya sendiri, maka katering dari Mealfit bisa menjadi solusi terbaik! Silakan langsung hubungi kami untuk pemesanan ikan sambal matah atau berbagai variasi menu lainnya!