Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

10 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bagi Kesehatan

Written by Mealfit | Sep 11, 2023 7:17:20 AM

Mengutamakan pola makan yang sehat dan seimbang merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis makanan yang bisa jadi pilihan adalah ikan. Sebab, ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi ikan bagi tubuh dan kesehatan.

Hal ini karena ikan adalah sumber protein yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, ketahui apa saja manfaat ikan bagi kesehatan tubuh hingga rekomendasi menu berbahan ikan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan bagi Tubuh

Ikan bukan sekadar hidangan lezat, melainkan juga merupakan sumber nutrisi yang sangat berharga bagi kesehatan. Ikan mengandung protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Selain itu, ikan juga mengandung beberapa nutrisi kunci seperti asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Bahkan terdapat pula kandungan lemak jenuh yang rendah, protein tinggi, vitamin D, yodium, kalsium, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Dengan berbagai kandungan tersebut, berikut ini berbagai manfaat jika mengkonsumsi ikan secara rutin bagi tubuh dan kesehatan:

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyebab utama dari banyak kematian di dunia. Berdasarkan penelitian, orang yang rajin mengonsumsi ikan setidaknya 1 porsi seminggu memiliki penurunan risiko serangan jantung dan stroke hingga 15%.

2. Mendukung Perkembangan Otak dan Mata

Asam docosahexaenoic (DHA) dalam ikan memiliki peran krusial dalam perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, konsumsi ikan sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin..

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat mengkonsumsi ikan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena asupan omega-3 dari ikan memiliki efek positif terhadap daya ingat dan kesehatan otak secara keseluruhan.

4. Melawan Depresi

Studi menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengkonsumsi ikan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami depresi. Omega-3 dalam ikan memiliki efek positif dalam melawan gejala depresi dan meningkatkan respon terhadap obat antidepresan.

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Ikan merupakan salah satu sumber terbaik vitamin D, yang berperan dalam kesehatan tulang dan regulasi kalsium. Jenis ikan seperti salmon juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Autoimun

Manfaat mengkonsumsi ikan yang tidak banyak orang tahu yaitu dapat menurunkan resiko penyakit autoimun. Contoh penyakit autoimun yang umum terjadi di antaranya seperti diabetes tipe 1 pada anak-anak dan orang dewasa.

7. Mencegah Asma pada Anak

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko asma pada anak-anak hingga 24%. Itu sebabnya, nutrisi pada ikan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

8. Menurunkan Risiko Degenerasi Makula

Rutin mengkonsumsi ikan juga dapat membantu penurunan risiko degenerasi makula pada wanita, yang dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan dan kebutaan terkait usia.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kekurangan vitamin D dapat berdampak pada gangguan tidur. Karena itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan vitamin D dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

10. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Asupan omega-3 dari ikan dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur pada ibu hamil, serta mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Yang penting, pastikan untuk mengkonsumsi ikan segar yang bersih dan bebas kandungan merkuri.

Rekomendasi Menu Makanan Ikan dari Mealfit

Karena banyaknya manfaat mengkonsumsi ikan, Anda bisa memperoleh berbagai menu makanan berbahan ikan yang sehat sekaligus lezat dari katering sehat Mealfit. Berikut ini rekomendasi menu makanan ikan dari Mealfit:

1. Snapper Fish Curry Flavor

Rekomendasi menu pertama adalah ikan kakap (snapper) yang dimasak bersama bumbu kari. Dalam 1 porsi 350 gram, menu ini mengandung 582,2 kalori, 31, 1 g protein, dan 27,6 g lemak.

2. Kokohu Ikan Tenggiri

Berikutnya adalah kokohu, menu khas Maluku yang divariasikan bersama aneka rempah dan jamur dan sayuran. Per porsi 350 gram, menu ini memiliki kandungan 506,7 kalori, 29,6 g protein, serta 21,4 g lemak.

3. Norwegian Salmon Steak

Menu ini adalah steak ikan salmon yang disajikan bersama sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, tomat ceri, jagung manis dan aneka rempah. 300 gram menu ini mengandung 354 kalori, 23 g protein, dan 11 g lemak.

4. Ikan Kakap Sambal Matah

Kemudian, ada menu ikan kakap yang disajikan bersama sambal matah dan nasi organik. Dalam 1 porsi ukuran 350 gram, menu ini mengandung 524,4 kalori, 31,2 g protein, dan 1,4 g lemak.

Selain 4 menu di atas, tersedia juga aneka menu sehat dan lezat lainnya dari Mealfit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan program diet Anda. Selain itu, Mealfit menyediakan Meal Plan harian yang bisa Anda pilih.

Yuk, dapatkan berbagai manfaat mengkonsumsi ikan dengan berlangganan katering sehat Mealfit yang menu makanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan! Simak informasi lengkapnya dengan. hubungi tim kami untuk pertanyaan atau pemesanan!