Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Manfaat dan Rekomendasi Menu Makanan Sehat bagi Pencinta Pedas

Written by Mealfit | Sep 25, 2023 4:00:00 AM

Ada berbagai jenis menu makanan sehat yang bisa Anda pilih, dengan berbagai variasi rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Menu sehat dengan cita rasa pedas pun bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Pemilihan bahan makanan dengan kandungan gizi yang baik serta cara pengolahannya, menjadi aspek penting dalam membuat menu yang sehat. Tentu saja, para pencinta pedas juga tetap bisa mendapatkan menu yang cocok.

Manfaat Makanan Sehat bagi Tubuh

Menjalani pola makan yang sehat tentu saja dapat mendatangkan berbagai manfaat. Dengan memilih bahan makanan yang kaya akan zat gizi, lalu mengolah atau memasaknya dengan tepat, maka Anda bisa mendapatkan menu yang sehat dan tetap lezat.

Berikut adalah berbagai jenis manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi menu makanan yang sehat.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari makanan sehat yaitu kadar gula darah di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. berbagai karbohidrat kompleks bisa menjadi rekomendasi untuk Anda, misalnya beras merah, roti gandum, serta oatmeal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Anda dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi menu makanan sehat yang mengandung kacang-kacangan, ikan, biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun. Bahan tersebut dapat mengurangi berbagai risiko penyakit jantung, sehingga dapat menjadi rekomendasi yang sehat.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Jika ingin memperkuat tulang dan gigi, maka sebaiknya Anda secara rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung magnesium serta kalsium. Konsumsi tersebut sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit tulang, misalnya osteoarthritis dan osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka Anda bisa menjaga fungsi dan kesehatan otak. Selain itu, makanan sehat dan bergizi dapat pula berguna untuk meningkatkan kesehatan bagi mental.

4. Mengontrol Berat Badan supaya Tetap Ideal

Berbagai jenis makanan sehat seperti sayur, buah, biji-bijian, serta protein tanpa lemak, bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda jika ingin mempertahankan berat badan yang ideal.

Menu makanan dengan berbagai bahan tersebut juga bisa menjadi alternatif untuk diet sehat. Jika diolah dengan tepat, maka Anda bisa mendapatkan menu yang menyehatkan, namun tetap nikmat dan memiliki cita rasa tinggi.

5. Menjaga Kulit supaya Tetap Sehat

Kandungan zat gizi yang tepat juga bisa bermanfaat bagi kulit, sehingga akan lebih sehat, halus, dan bisa membuat Anda tampil awet muda. Jika ingin mendapatkan manfaat ini, maka Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung buah, sayur, serta asam omega-3.

Rekomendasi Menu Makanan Sehat bagi Pencinta Pedas

Makanan sehat seringkali dibayangkan sebagai makanan yang kurang lezat dan membosankan. Padahal, ada berbagai variasi menu makanan yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang segar dan sehat, termasuk makanan pedas.

Jika Anda merupakan pencinta pedas dan ingin mencari rekomendasi menu sehat yang sesuai selera, berikut adalah berbagai menu yang bisa Anda coba.

1. Ayam Panggang Taliwang

Rekomendasi menu makanan sehat dengan cita rasa pedas yang pertama yaitu ayam panggang taliwang. Aneka bahan yang digunakan untuk membuat bumbu menu ini yaitu cabai merah kering, tomat, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi, garam, dan gula merah.

Bumbu yang sudah dihaluskan, nantinya akan ditumis bersama dengan daging ayam yang telah dipanggang setengah matang. Lalu, daging tersebut akan dipanggang lagi sambil diolesi bumbu, sehingga cita rasanya semakin kuat.

2. Daging Sasak Lombok

Selanjutnya, ada menu daging sasak khas Lombok yang cocok untuk menjadi rekomendasi makanan pedas untuk Anda. Bahan untuk membuat menu ini antara lain daging sapi, daun salam, lada, cabai segar, gula, garam, lada, ketumbar, lengkuas, serta bawang merah dan putih.

3. Ayam Arsik Medan

Rekomendasi ketiga yaitu ayam arsik medan yang dilengkapi dengan berbagai bumbu dan rempah. Bahan yang di dalamnya antara lain bawang putih, bawang merah, dan sereh, kemiri, daun jeruk, jahe, lengkuas, pastinya cabai segar.

Jika disajikan dengan nasi basmati, maka cita rasanya bumbu pedasnya akan semakin nikmat. Rekomendasi ini tentu saja sangat cocok untuk para pencinta pedas yang menyukai menu yang kaya akan bumbu.

4. Ikan Kakap Sambal Matah

Jika ingin makanan berbahan ikan yang dipadukan dengan sambal, maka menu makanan sehat yang satu ini bisa menjadi solusi.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memasak ikan yang sudah dilumuri tepung, lalu menyiapkan sambal matahnya. Bahan untuk sambal matah antara lain yaitu cabai merah, cabai hijau, garam, merica, gula, terasi, sereh, jeruk nipis, dan daun jeruk.

Itulah penjelasan tentang manfaat dari makanan sehat serta rekomendasi yang cocok untuk para pencinta pedas. Tentu saja, berbagai bahan dan proses memasak perlu diperhatikan, supaya kandungan gizinya tetap terjaga dan bermanfaat bagi tubuh.

Menu makanan sehat dari Mealfit dapat menjadi solusi tepat untuk Anda. Dapatkan menu yang sehat, segar, praktis, serta berstandar tinggi. Untuk berlangganan menu sehat atau berbagai pertanyaan lainnya, Anda bisa langsung hubungi kami!