Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Ini 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Written by Mealfit | Aug 28, 2023 4:00:00 AM

Terdapat berbagai jenis makanan yang harus dihindari saat diet, sehingga target berat badan bisa tercapai dengan optimal. Mulai dari makanan siap saji hingga berbagai jenis kue, perlu dihindari jika Anda ingin berat badan berkurang sesuai harapan.

Pola makan merupakan hal yang sangat penting untuk diet yang berhasil, sehingga perlu diperhatikan dengan betul. Meski terasa sulit untuk menahan godaan dari berbagai makanan enak, namun hal ini perlu dilakukan.

Makanan yang Harus Dihindari saat Diet

Inilah berbagai jenis makanan serta minuman yang perlu Anda hindari jika sedang dalam program diet. Perhatikan dengan baik, supaya Anda bisa menyusun menu diet yang optimal dengan menghindari makanan berikut.

1. Makanan Siap Saji

Berbagai jenis makanan siap saji cenderung memiliki tingkat kalori yang tinggi, melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Kandungan kolesterol dan garamnya juga terbilang tinggi. Sebaliknya, kandungan nutrisinya rendah dan belum mencukupi kebutuhan harian.

Jika mengkonsumsi makanan siap saji secara berlebihan, maka terdapat berbagai risiko penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, bahkan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, makanan siap saji merupakan jenis makanan yang harus dihindari saat diet. Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsinya, gantilah dengan makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

2. Makanan dengan Banyak Gula

Ketika sedang menjalani diet, pastinya Anda perlu menghindari konsumsi gula yang berlebihan. Oleh sebab itu, makanan yang mengandung banyak gula menjadi penting untuk dihindari.

Berbagai jenis makanan sering kali ditambahkan banyak gula supaya bisa memperkuat rasanya. Padahal, hal tersebut tidak terlalu baik untuk tubuh, terutama jika Anda sedang berniat untuk menurunkan berat badan.

Berbagai risiko penyakit juga bisa timbul karena terlalu banyak konsumsi gula, misalnya penyakit obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.

Menu yang sehat perlu diperhatikan ketika menjalani diet, pastikan seluruh nutrisinya seimbang dan tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan. 

3. Minuman Kemasan

Selain makanan, berbagai jenis minuman yang memiliki kadar gula tinggi juga perlu untuk dihindari saat diet. Minuman kemasan merupakan salah satunya, karena cenderung memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Selain itu, jumlah kalori dalam minuman kemasan juga terbilang tinggi. Hal tersebut tidak hanya berisiko untuk menaikkan berat badan, namun bisa memicu berbagai jenis penyakit.

Sebaiknya, Anda menghindari minuman kemasan seperti soda, teh kemasan, serta kopi kaleng. Untuk menggantinya, Anda bisa minum jus buah murni dan tidak perlu diberi gula tambahan.

Jika ingin jus yang manis, maka Anda bisa memilih jenis buah yang sudah manis meski tanpa tambahan gula. Dengan begitu, Anda bisa menjalani diet dengan lebih sehat karena kebutuhan serat di dalam tubuh juga semakin terpenuhi.

4. Keripik Kentang dan Kentang Goreng

Salah satu bahan makanan sehat yang baik dikonsumsi saat diet adalah kentang, karena bisa menjadi pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Namun, berbagai jenis olahan kentang juga merupakan makanan yang harus dihindari saat diet, misalnya kentang goreng dan keripik kentang.

Ketika hendak memasukkan kentang ke dalam menu diet, maka pengolahannya perlu diperhatikan. Anda sebaiknya memasaknya dengan sehat, misalnya dengan mengukus, merebus, atau memanggang kentang. Dengan proses pengolahan yang tepat, maka nutrisi yang terkandung juga tetap terjaga.

5. Es Krim

Meski es krim merupakan makanan yang cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas, namun ini juga termasuk bagian dari makanan yang harus dihindari saat diet.  Kalori dan gula yang terkandung dalam es krim cenderung tinggi dan tidak baik untuk diet Anda.

Namun, jika tetap ingin makan es krim, maka sebaiknya Anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sehat, misalnya yogurt dan berbagai buah segar. Dengan demikian, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus tetap menjaga supaya berat badan tidak naik.

6. Berbagai Jenis Kue

Berbagai jenis kue memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi, sehingga memiliki potensi untuk menaikkan berat badan Anda. Tentunya, hal tersebut tidak baik untuk target diet yang telah Anda rencanakan.

Meski tinggi kalori, namun kue bukanlah hal yang mudah membuat kenyang, sehingga cenderung dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, jika tetap ingin memakan camilan manis, maka sebaiknya Anda memilih cokelat hitam.

Cokelat hitam dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, terdapat kandungan antioksidan dalam cokelat hitam, sehingga baik untuk tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika sedang menjalani masa diet. Menahan godaan dari makanan enak memang cukup sulit, namun hal tersebut menjadi penting supaya target diet Anda bisa tercapai dengan baik.

Meski tidak memakan berbagai jenis makanan yang harus dihindari saat diet, namun Anda tetap bisa makan berbagai makanan enak. Anda bisa menyusun menu diet dengan bahan-bahan yang Anda sukai namun tetap sehat. Jika merasa kesulitan, maka menu makanan dari Mealfit bisa menjadi solusi untuk diet Anda. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan kunjungi kontak kami di sini.