Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Capai Berat Ideal dengan 5 Makanan Khas Indonesia untuk Diet

Written by Mealfit | Dec 12, 2023 3:42:00 AM

Agar bisa mencapai berat badan ideal, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pilihan menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain menu ala barat, ternyata ada juga berbagai menu makanan khas Indonesia untuk diet yang sehat namun tetap lezat.

Sebab selama ini, diet selalu identik dengan makanan khas western seperti salad, roti gandum, dan lain sebagainya. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, sebenarnya Indonesia juga memiliki aneka pilihan menu yang sehat namun bernutrisi lengkap.

Selain itu, ada juga beberapa menu yang bahan dan proses pembuatannya bisa dimodifikasi agar lebih sehat untuk mendukung program diet. Penasaran apa saja? Yuk, pelajari selengkapnya di ulasan berikut!

5 Rekomendasi Makanan Khas Indonesia untuk Diet

Salah satu tantangan paling sulit dalam menjalankan diet adalah memilih menu makanan yang lezat namun nutrisinya seimbang dan sehat. Jika Anda adalah penggemar masakan Nusantara, ini dia 5 rekomendasi menu diet khas Indonesia yang bisa dicoba:

1. Gado-gado

Rekomendasi pertama sekaligus menu makanan sehat yang paling populer di Indonesia adalah gado-gado. Gado-gado adalah hidangan khas Indonesia yang menggabungkan berbagai sayuran dengan saus kacang.

Contohnya seperti kombinasi aneka sayuran hijau, tauge, kentang rebus, telur rebus, tahu, dan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti kerupuk sesuai selera. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang lezat.

Tidak hanya lezat, gado-gado juga sangat tinggi serat sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Bahkan dalam setiap porsi ukuran 100 g, menu ini hanya mengandung 132 kalori saja.

Jika ingin menjadikan gado-gado sebagai menu diet, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan tambahan lontong untuk mengurangi asupan karbohidrat di dalamnya.

2. Pepes Tahu

Ingin mencoba opsi makanan khas Indonesia untuk diet lainnya yang memiliki cita rasa lebih berbumbu tapi tetap sederhana? Pepes tahu bisa jadi opsi.lezat dan kaya kandungan nutrisi, kalorinya juga sangat rendah, hanya 63-90 kalori saja per bungkus.

Sejak dulu, tahu yang terbuat dari kacang kedelai dikenal mengandung isoflavon yang memiliki berbagai manfaat. Di antaranya yaitu dapat membantu mencegah kanker, menurunkan risiko diabetes, dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Pepes tahu dibuat dengan cara mengukus campuran tahu dan bumbu rempah di dalam bungkusan daun pisang. Sebagai variasi agar tidak bosan, Anda bisa memadukannya dengan aneka bahan lain, misalnya potongan daging ikan atau ayam.

3. Ayam Arsik Medan

Rekomendasi makanan khas Indonesia untuk diet selanjutnya adalah  Ayam Arsik Medan. Menu ini merupakan hidangan khas yang berasal dari wilayah Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia.

Arsik dikenal dengan rasa pedasnya yang kuat dan khas, dihasilkan dari rempah yang melimpah. Salah satu rempahnya yang paling mencolok adalah andaliman. Meski biasanya disajikan dengan ikan, namun arsik juga cocok dimasak untuk menu ayam.

Untuk mendukung program diet Anda, MealFit menyediakan pilihan menu Ayam Arsik Medan dengan porsi 350 gram yang mengandung 506 kalori, 32 g protein, 29 g lemak, dan 27,9 g karbohidrat per sajiannya.

4. Ayam Bakar Taliwang

Berikutnya ada ayam bakar Taliwang yang berasal dari Karang Taliwang, Nusa Tenggara Barat. Anda bisa menyajikannya sebagai variasi makanan khas Indonesia untuk diet sehari-hari.

Hidangan ini terkenal karena penyajiannya yang sederhana namun memiliki cita rasa yang kaya dan pedas yang khas. Daging ayam yang sudah terbalut bumbu akan dibiarkan selama beberapa saat hingga bumbunya meresap lalu dipanggang. Olahan ini juga cocok untuk diet dengan makanan pedas.

Jika tertarik untuk mencoba, Anda bisa mencicipi Ayam Bakar Taliwang ala Meal Plan dari MealFit. Per satu porsi ukuran 350 gram, menu ini mengandung 488,9 kalori, 29,9 g protein, 19,6 g lemak, dan 45,0 g karbohidrat.

5. Ayam Bumbu Naniura

Kembali ke menu khas Sumatera Utara, rekomendasi terakhir adalah Ayam Bumbu Naniura ala Batak. Hidangan ini dibuat dari ayam yang dibakar dengan bumbu panggang yang kaya rempah, memberikan sensasi pedas nikmat.

Selain versi ayam, terdapat pula ikan bumbu naniura yang terbuat dari ikan mas segar yang masih mentah. Itu sebabnya, naniura versi ini seringkali disebut sebagai menu sashimi ala Indonesia.

Anda bisa mencobanya sebagai salah satu menu diet dari MealFit. Per porsinya, menu ini disajikan dengan ukuran 350 gram serta mengandung 488,9 kalori, 29,9 g protein, 19,6 g lemak, dan 45,0 g karbohidrat.

Tertarik untuk mencoba berbagai pilihan menu di atas? Jika iya, Anda bisa mencoba Meal Plan dari MealFit yang terdiri atas berbagai variasi menu sehat dengan nutrisi seimbang yang cocok untuk mendukung diet Anda.

Mulai dari makanan khas Indonesia untuk diet hingga makanan ala western, Anda bisa memilih menunya sesuai selera dan kebutuhan nutrisi harian. Hubungi kami sekarang untuk informasi lengkapnya!