Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Makanan Apa Saja yang Bikin Gemuk? Waspadai 12 Makanan Ini

Written by Mealfit | Jul 19, 2023 2:00:00 PM

Faktanya banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal dan sehat. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat seseorang cepat gemuk. Jadi, jenis makanan apa saja yang bikin gemuk dengan cepat?

Sebenarnya, makanan yang membuat gemuk tidak hanya terbatas pada jenis makanan yang tidak sehat saja. Tetapi, beberapa makanan sehat yang sering dianggap sebagai pilihan yang baik untuk tubuh ternyata juga dapat memicu kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan Apa Saja yang Bikin Gemuk? Berikut 12 Jenisnya

Sebenarnya, mengapa beberapa jenis makanan sehat dapat menyebabkan penambahan berat badan? Alasannya, makanan sehat seringkali mengandung kalori yang cukup tinggi, terutama dalam bentuk lemak dan karbohidrat sehat.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini tentu dapat mengakibatkan penumpukan lemak berlebih. Oleh karena itu, kunci utamanya adalah mengonsumsi dalam jumlah yang tepat dan selalu memperhatikan kebutuhan kalori harian.

Lalu, apa saja jenis makanan apa saja yang bikin gemuk dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Setiap 100 gram nasi putih mengandung sekitar 130 kalori dan 28,2 gram karbohidrat, sehingga konsumsi dalam porsi besar secara teratur dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

2. Roti Gandum

Roti gandum utuh mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi daripada roti putih. Setangkup atau dua helai roti gandum dapat mengandung sekitar 138 kalori.

3. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat kompleks sebagai sumber energi. Dalam setiap 100 gram kentang rebus, terdapat sekitar 87 kalori dan 20,1 gram karbohidrat.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang baik yang juga mengandung serat. Pada setiap 100 gram ubi jalar terdapat sekitar sekitar 76 kalori dan 17,7 gram karbohidrat.

5. Pasta

Pasta merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Setiap 100 gram penyajian pasta dapat mengandung sekitar 139 kalori dan 22,6 gram karbohidrat. 

6. Daging Merah

Jenis makanan apa saja yang bikin gemuk untuk kategori daging merah? Contohnya yaitu daging sapi, kambing, dan kerbau. Per 100 gram daging sapi berlemak, terdapat  sekitar 273 kalori, 17,5 gram protein, dan 22 gram lemak.

7. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein dan lemak sehat omega-3. Per 100 gram ikan salmon segar dapat mengandung sekitar 208 kalori, 20,4 gram protein, dan 13,4 gram lemak.

8. Telur

Setiap 100 gram telur ayam utuh mengandung sekitar 154 kalori, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak, dan 0,7 gram karbohidrat, sehingga cocok untuk meningkatkan berat badan.

9. Susu

Susu sapi segar dikenal kaya protein, karbohidrat, dan lemak. Setiap 245 gram penyajiannya dapat mengandung sekitar 146 kalori, 8 gram protein, 11 gram karbohidrat, serta 7,8 gram lemak.

10. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kenari mengandung kalori tinggi dan juga lemak sehat. Setiap 100 gram penyajiannya dapat mengandung sekitar 579 kalori, 21,6 gram karbohidrat, 21,2 gram protein, dan 49,9 gram lemak.

11. Kurma

Setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori, 75 gram karbohidrat, dan 1,8 gram protein. Dengan jumlah yang sesuai, konsumsi kurma dapat membantu menambah berat badan.

12. Alpukat

Terakhir, ada alpukat yang mengandung lemak sehat, karbohidrat, dan serat. Per 100 gram, terdapat sekitar 85 kalori, 7,7 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, dan 6,5 gram lemak.

Tips Meningkatkan Berat Badan dengan Sehat Tanpa Resiko Kegemukan

Dengan mengetahui jenis makanan apa saja yang bikin gemuk, Anda bisa mengontrol kadar yang dikonsumsi agar tetap ideal sesuai kebutuhan. Namun jika ingin meningkatkan berat badan secara sehat tanpa resiko kegemukan, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Perhatikan Konsumsi Kalori

Untuk menaikkan berat badan, tambahkan konsumsi kalori sedikit lebih tinggi daripada yang biasanya Anda konsumsi. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan agar tidak terjadi surplus kalori. Anda dapat menghitung kebutuhan kalori tubuh untuk menghindari surplus kalori.

Pilih menu yang nutrisinya seimbang baik dari segi kalori, karbohidrat, vitamin, protein, lemak sehat, dan lain sebagainya.

2. Hitung Surplus Kalori

Untuk menaikkan berat badan secara sehat, terdapat aturan surplus kalori yang harus Anda perhatikan. Ingat, penambahan kalori dalam pola makan harian harus dilakukan secara bertahap.

Penambahan idealnya adalah sekitar 300 – 500 kalori per hari. Namun jika ingin menambah bobot badan secara lebih cepat, Anda bisa menambahkan hingga 700 – 1.000 kalori per hari.

3. Tingkatkan Konsumsi Protein

Dibanding lemak dan kalori, protein ternyata efektif untuk meningkatkan berat badan dengan cara membangun otot. Anda bisa memilih sumber protein yang baik dari daging tanpa lemak, ikan, telur, dan susu low fat.

Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang bikin gemuk, Anda bisa menerapkan 3 tips di atas agar program untuk menaikkan berat badan tetap sehat dan terkontrol. Sebagai solusi mengontrol menu dan pola makan, hubungi MealFit melalui halaman kontak berikut