Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

8 Kriteria Makanan Sehat, Sudahkah Anda Terapkan?

Written by Mealfit | Aug 21, 2023 4:00:00 AM

Belakangan ini, semakin banyak orang yang secara rutin mengonsumsi makanan cepat saji. Padahal, belum tentu asupan gizi dan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Memahami kriteria makanan sehat menjadi hal penting untuk Anda, sehingga bisa mengatur pola makan dengan baik.

Dengan pola makan yang baik, maka hidup akan menjadi lebih sehat. Hal ini perlu dibiasakan sehingga berbagai jenis penyakit juga bisa dihindari.

Daftar Kriteria Makanan Sehat yang Wajib Diketahui

Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan asupan kalori dan nutrisi sehingga bisa melakukan aktivitas dengan optimal. Untuk bisa membuat menu yang sehat, berbagai asupan di dalamnya perlu diperhatikan, perhatian kriteria di bawah ini.

1. Karbohidrat

Asupan pertama yang sangat penting untuk pola makan sehat adalah karbohidrat yang menjadi sumber energi untuk tubuh. Karbohidrat bisa berasal dari berbagai jenis makanan, misalnya beras, gandum, kentang, serta ubi.

Enam puluh persen dari kebutuhan kalori tubuh berasal dari karbohidrat, sehingga hal ini penting untuk diperhatikan ketika menyusun menu makan.

2. Vitamin

Selanjutnya, ada vitamin yang sangat penting bagi tubuh karena berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Vitamin bisa diperoleh dari berbagai makanan, misalnya dari sayur dan buah segar.

Kriteria makanan sehat Anda bisa terpenuhi dengan memperhatikan kandungan vitamin pada menu sehari-hari. Namun, perlu diperhatikan tentang cara mengolahnya, kara bisa saja vitamin menjadi berkurang atau hilang jika terlalu lama dimasak.

Untuk bisa menghindari hal tersebut, maka ada baiknya Anda memilih jenis makanan yang cara memasaknya bisa dengan ditumis, dikukus, atau direbus. Sebagai contoh, wortel, bayam, minyak ikan, dan brokoli.

3. Protein

Asupan protein menjadi penting bagi tubuh karena nantinya akan diproses menjadi asam amino. Zat tersebut sangat berguna untuk kesehatan organ tubuh, otot, rambut, serta kulit manusia. Selain menjadi asam amino, protein juga berperan untuk mengatur fungsi hormon dalam tubuh.

Pemenuhan protein menjadi penting, sehingga tubuh Anda siap menjalani berbagai aktivitas rutinnya. Ketika membuat menu makanan, pemenuhan ini penting untuk menjadi perhatian bagi Anda.

4. Serat

Kriteria makanan sehat berikutnya adalah adanya kandungan serat dalam menu makan. Anda bisa memilih berbagai makanan yang berserat tinggi, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur.

Serat dapat berguna untuk mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, serta stroke. Serat juga baik untuk kulit Anda dan bisa bermanfaat secara efektif jika sedang dalam masa menurunkan berat badan. 

Jika Anda sedang menjalani diet, asupan serat sebaiknya tidak diabaikan, supaya hasil diet menjadi optimal.

Kandungan serat perlu menjadi perhatian bagi Anda, karena berpengaruh terhadap keseimbangan gizi yang diperlukan tubuh.

5. Lemak

Lemak merupakan komponen yang diperlukan untuk keseimbangan nutrisi bagi tubuh. Namun, konsumsi lemak yang berlebihan juga bisa mengakibatkan berbagai risiko, mulai dari berat badan yang tidak ideal hingga risiko berbagai penyakit.

Sebenarnya, lemak terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Untuk lemak jenuh, bisa didapatkan dari berbagai makanan, misalnya olahan daging.

Selanjutnya, lemak tidak jenuh terkandung dalam makanan seperti alpukat, ikan-ikanan, serta jenis kacang-kacangan.

Supaya kebutuhan lemak dalam tubuh tetap terpenuhi, namun tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka pemilihan bahan bisa dipertimbangkan. Anda bisa lebih memilih bahan makanan yang berasal dari lemak tidak jenuh supaya lebih sehat.

6. Air

Dalam tubuh manusia, enam puluh persennya terdiri dari air. Oleh sebab itu, penting untuk Anda selalu memperhatikan asupan air yang dikonsumsi setiap harinya. Sebaiknya, Anda minum dua liter air per hari, supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, misalnya untuk mencerna dan menyalurkan nutrisi ke tubuh. Air juga bisa membantu dalam mengatur suhu tubuh, sehingga tetap dalam kondisi yang baik.

7. Mineral

Selanjutnya, tubuh manusia juga memerlukan asupan mineral yang cukup. Berbagai jenis mineral dibutuhkan oleh tubuh, misalnya zat besi, kalium, yodium, selenium, dan magnesium.

Untuk bisa mencapai kriteria makanan sehat di menu makanan sehari-hari, kebutuhan mineral perlu dipertimbangkan. Mineral dapat diperoleh dari berbagai sumber hewani dan nabati, misalnya dari alpukat, sayuran hijau, udang merah, sarden, serta kalkun.

8. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu fungsi dari kalsium adalah untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit tulang seperti osteoporosis.

Kalsium bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, misalnya dari susu, yogurt, keju, dan kacang almond. Baik anak-anak maupun orang dewasa memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk bisa menjaga kesehatannya dengan baik.

Berbagai jenis makanan sehat di atas perlu Anda pertimbangkan untuk membuat menu makanan yang sehat. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan bisa meminimalisir berbagai risiko penyakit.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiap menu seimbang dan sesuai dengan kriteria makanan sehat, maka Anda bisa mengonsumsi makanan yang sudah terjamin nutrisinya. Misalnya, menu dari Mealfit yang bisa menemani Anda dalam menjalani pola makan yang sehat. Informasi selengkapnya dapat Anda tanyakan melalui kontak kami untuk informasi lebih lengkap!