Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Korean Beef Buldak untuk Diet Sehat: Memangnya Bisa?

Written by Mealfit | Jan 19, 2024 3:00:00 AM

Korea tidak hanya terkenal dengan boyband atau dramanya, tetapi juga kuliner yang menggugah selera. Salah satunya Buldak dengan ciri khas warna merah dan rasa pedasnya. Saking terkenalnya kuliner Korea di masyarakat Indonesia, mulai banyak pebisnis kuliner yang mencoba mengkombinasikan antara makanan Indonesia dengan makanan khas ini.

Namun, apa sih makanan ini? Seperti apa bentuknya? Mari kita berkenalan melalui ulasan singkat ini. 

Mengenal Buldak, Makanan Khas Korea

Makanan ini terdiri dari dua kata yaitu Bul yang berarti api, dan Dak yang artinya ayam. Jadi, makanan ini berupa sajian daging ayam yang berapi dan identik dengan warna merah dan rasa pedasnya. 

Secara harfiah makanan khas ini memang diolah dari daging ayam. Namun, banyak juga restoran masakan Korea yang sudah memodifikasinya dengan daging sapi dan biasa disebut Korean Beef-Buldak. Bahkan ada yang menambahkan keju mozarella agar lebih menggugah selera penikmatnya. 

Asal Usul Buldak, Ayam Pedas dari Korea

Makanan ini memang bukan makanan tradisional yang ada dari zaman tiga negara atau Joseon. Akan tetapi, makanan yang khas dengan rasa pedasnya ini muncul untuk pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2000-an. Salah satu produsen makanan mengenalkan variasi baru mie instan yang diberi nama buldak-ramyeon. 

Dengan ciri khas saus pedas berwarna merah, popularitasnya di Korea Selatan pun mulai meningkat. Dari situlah, banyak restoran yang mulai menjual makanan ini tanpa ramyeon atau hanya olahan daging ayam atau sapi saja.

Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Buldak terkenal dengan tingkat kepedasannya yang membuat Anda berapi-api ketika memakannya. Namun, baikkah makanan pedas itu untuk kesehatan? 

Menurut Halodoc, makanan pedas yang sehat memiliki manfaat bagi tubuh yang mana diperoleh dari capsaicin, sejenis senyawa yang aktif memberikan sensasi pedas dari cabai, paprika, dan lada. Di antara manfaatnya adalah: 

1. Menumbuhkan Bakteri Baik Pada Usus

Tidak hanya untuk menurunkan bobot tubuh, capsaicin juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada di usus. Bakteri ini berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan agar lancar. Selain itu, bakteri baik yang ada pada usus juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus yang membuat Anda tidak gampang sakit. 

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Makanan pedas akan memudahkan tubuh untuk memecah lemak, yang akhirnya membuat Anda terhindar dari penyakit hipertensi atau kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya, kesehatan jantung pun akan tetap terjaga. 

3. Mengurangi Berat Tubuh

Capsaicin sangat efektif untuk menaikkan metabolisme tubuh, yang mana akan membantu Anda dalam menurunkan bobot tubuh secara berkala. Sebab, capsaicin akan memudahkan tubuh untuk memecah lemak dan menghasilkan energi. 

Selain itu, capsaicin juga membantu mengendalikan nafsu makan berlebih dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk ngemil akan lebih terkontrol. 

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Capsaicin juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Sehingga kesehatan akan terjaga dan terhindar dari penyakit kanker. 

Makanan pedas memang bermanfaat untuk tubuh, tetapi ikuti aturan dalam mengkonsumsinya.  Sebab, jika terlalu berlebihan akan menimbulkan jerawat, diare, sampai ke insomnia. 

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Diet Bagi Pecinta Pedas

Bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan diet tetapi suka sekali makan makanan pedas seperti buldak, tenang saja. Sebab, ada rekomendasi makanan sehat bergizi yang bisa dikonsumsi dengan level kepedasan yang diinginkan. Di antaranya: 

1. Ayam Taliwang

Makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ini mengandung gizi yang cukup lengkap seperti protein tinggi, mineral, vitamin, serta rendah lemak. Jika ditambahkan nasi merah, maka cocok sekali untuk makan siang saat diet. 

2. Ayam Penyet

Makanan ini sudah bisa ditemui di mana-mana. Agar lebih sehat, Anda bisa memasak sendiri menggunakan minyak zaitun untuk menggorengnya dan menggunakan cabai segar untuk membuat sambal. Jangan lupa untuk menambahkan nasi merah agar lebih bergizi sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh sudah terpenuhi.  Anda juga bisa mencoba menu ayam lainnya yaitu ayam bakar jimbaran bali untuk variasi menu sehat. 

3. Ikan Kakap dengan Sambal Matah

Bosan dengan olahan ayam, Anda bisa mencoba Ikan Kakap yang dicampur dengan sambal matah. Menu ini sehat dan cocok untuk diet lantaran mengandung mineral, protein, energi, serta rendah lemak. Cocok untuk teman santap siang. 

4. Ceker Ayam Pedas

Makanan ini memiliki cita rasa yang super pedas. Warna merah memenuhi seluruh area ceker ayam yang membangkitkan selera makan. Cocok untuk teman makan siang dengan nasi merah agar lebih bernutrisi. 

Jadi, makanan pedas tetap bagus untuk tubuh selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Nah, selain keempat makanan yang direkomendasikan, Korean Beef Buldak bisa menjadi alternatif lain untuk makanan sehat dengan citarasa pedas kesukaan. 

Anda bisa memesan makanan sehat dengan takaran gizi yang tepat sesuai kebutuhan dari Mealfit. Banyak pilihan menu yang sehat dan praktis untuk dibuat. Segera hubungi kami untuk berlangganan atau berkonsultasi tentang menu yang Anda inginkan.