Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Kokohu: Olahan Sehat dan Kaya Manfaat Ikan Tenggiri

Written by Mealfit | Oct 25, 2023 2:00:00 PM

Manfaat ikan tenggiri yang populer adalah mencegah penyakit serius seperti gangguan otak. Khasiat tersebut ada karena kandungan ikan tenggiri yang kaya omega-3 serta protein. Anda bisa memperoleh khasiat ikan tenggiri melalui hidangan bernama kokohu atau kohu-kohu. 

Kokohu merupakan makanan lezat berisi sayuran yang disajikan dengan ikan gurih seperti tenggiri. Kuncinya ada pada cara masak ikan yang tidak digoreng, sehingga tentu lebih sehat. Untuk mengenal lebih jauh tentang kokohu dan manfaat ikan tenggiri di dalamnya, mari simak di bawah ini. 

Sekilas tentang Kokohu

Kokohu merupakan makanan khas Maluku yang belum umum dikenal oleh masyarakat luas. Namun, bukan berarti hidangan ini tidak bisa bersaing dengan makanan populer dari Maluku lainnya. 

Anda akan menemukan tampilan kokohu yang mirip seperti urap dari daerah Jawa. Tetapi, satu komponen kokohu yang menjadi bintang dalam meningkatkan rasa makanannya adalah ikan tenggiri. Ciri ikan yang digunakan dalam kokohu adalah cara memasaknya dengan dikukus.

Cara membuat kokohu pun tidak susah. Selain bahannya mudah Anda temukan di pasar, proses pemasakan juga tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, kokohu termasuk makanan sehat karena terdiri dari sayuran serta ikan yang dikukus.

Dalam satu porsi kokohu, Anda akan memerlukan bahan-bahan seperti:

  • Ikan tenggiri
  • Wortel 
  • Brokoli
  • Jamur shitake
  • Beras organik
  • Bumbu dapur mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, lada putih, jeruk nipis, pala, gula merah, lada hitam, ketumbar bubuk, hingga kunyit

Komposisi tersebut kemudian Anda proses dengan cara membuat berikut ini:

  • Masak beras organik agar hingga menjadi nasi yang matang
  • Haluskan bumbu dapur, kecuali jeruk nipis, hingga semua tercampur rata
  • Campurkan perasan jeruk nipis ke bumbu halus
  • Bersihkan ikan tenggiri lalu kukus hingga matang
  • Cuci sayuran berupa wortel, brokoli, dan jamur shitake, lalu kukus sebentar
  • Suwir ikan tenggiri yang sudah matang
  • Sajikan sayuran, ikan tenggiri suwir, serta seporsi nasi pada piring untuk dinikmati

Anda bisa menemukan kokohu sebagai santapan sehari-hari maupun pada perayaan khusus seperti pernikahan. Rasa kokohu yang nikmat semakin sempurna dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. 

5 Manfaat Ikan Tenggiri yang dapat Diperoleh dari Kokohu

Terdiri dari sayuran segar hingga ikan tenggiri, mari cek apa saja manfaat yang Anda dapatkan jika mengonsumsi olahan ikan kokohu berikut ini.

1. Mencegah Anemia

Dalam ikan tenggiri terdapat vitamin B12, zat besi, hingga folat, yang bisa mencukupi nutrisi tubuh Anda agar terhindar dari anemia. Pastikan Anda tidak kekurangan kandungan nutrisi tersebut bila tidak ingin merasakan gejala anemia seperti kelelahan ekstrim hingga lemah otot.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B12 pada tenggiri juga bermanfaat untuk menurunkan level homosistein darah, yang apabila levelnya terlalu tinggi maka berisiko mengancam kesehatan jantung dan membuat Anda stroke. 

3. Memelihara Kesehatan Otak

Keberadaan DHA, atau docosahexaenoic acid, sebagai salah satu omega-3 yang merupakan manfaat ikan tenggiri akan membantu memelihara kesehatan otak Anda. Caranya dengan mengatur proses pelepasan dari pembawa pesan kimiawi otak, jadi membantu peningkatan fungsi otak secara berkelanjutan.

4. Menghindari Risiko Diabetes Tipe 2

Dilansir dari Halodoc, Ikan tenggiri juga memiliki lemak tak jenuh yang mana berdasarkan penelitian dapat membantu Anda terhindar dari risiko diabetes tipe 2. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 pada tenggiri yang berperan dalam mengatur gula darah.

Tentu saja Anda tidak bisa hanya mengandalkan ikan tenggiri, jadi sebaiknya kombinasikan dengan pola hidup sehat juga agar lebih optimal.

5. Meningkatkan Imunitas

Sebuah ikan tenggiri mengandung lisin, salah satu jenis asam amino esensial, yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda. Lisin bekerja dengan meningkatkan energi dan kekebalan tubuh Anda. 

Selain itu, kandungan vitamin A turut berperan meningkatkan imun tubuh dengan menjaga mekanisme pertahanan pada tubuh. 

Kokohu dari MealFit

Saat ini menikmati manfaat ikan tenggiri bisa lebih praktis dengan tersedianya menu Kokohu Ikan Tenggiri dari MealFit. Perpaduan ikan tenggiri dan bumbu halus menghasilkan rasa gurih yang kaya untuk Anda nikmati. Keberadaan sayuran segar, seperti wortel, brokoli, hingga jamur shitake, pun melengkapi sehingga nutrisi Anda terjamin terpenuhi!

Sajian satu porsi Kokohu dari MealFit sebanyak 350 gram mengandung 506,7 kalori, 29,6 gram protein, 21,4 gram lemak, hingga 45,5 gram karbohidrat. Perpaduan sempurna untuk makan siang atau makan malam Anda yang sehat dan mengenyangkan.

Demikian manfaat ikan tenggiri dalam kokohu yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan praktis jika berlangganan Meal Plan dari Mealfit. Jika ingin hidup sehat dan ingin terima beres, Hubungi Mealfit dan percayakan saja pada Kami.