Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

7 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Berat Badan Anda Naik

Written by Mealfit | Jul 24, 2023 2:00:00 PM

Banyak orang mengira penyebab berat badan naik hanya karena mengonsumsi makanan berlebihan. Padahal seseorang bisa saja  mengalami kenaikan berat badan akibat pola hidup yang buruk.

Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari kenaikan berat badan yang terjadi pada seseorang. Namun masih banyak orang yang tidak menyadarinya.

Selain makan berlebihan dan pola hidup yang buruk, kenaikan berat badan juga dapat terjadi karena kebiasaan yang tidak sehat. Untuk mengetahui akar masalahnya, maka Anda perlu mengetahui apa kebiasaan buruk tersebut dan mencoba menguranginya.

Penyebab Berat Badan Naik

Sebenarnya masih banyak kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya berat badan naik. Selengkapnya simak penjelasan yang dikutip dari Healthline di bawah ini.

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Penyebab berat badan naik yang pertama ialah terlalu banyak konsumsi gula. Makanan dan minuman yang mengandung gula, seperti kue, permen, es krim, es teh dan kopi manis dapat menjadi salah satu faktor penyebab berat badan bertambah.

Sejumlah penelitian menyebutkan penambahan berat badan dan konsumsi gula dapat menyebabkan munculnya gejala penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes. 

Selain itu, penelitian terhadap 242.352 anak-anak dan orang dewasa membuktikan adanya hubungan antara konsumsi minuman manis dengan penambahan berat badan hingga obesitas. 

Sehingga penting untuk Anda mengatur dan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung lebih banyak gula mulai dari sekarang.

2. Kurang Gerak atau Sedentary Lifestyle

Gaya hidup sedentary lifestyle atau kurang gerak bisa menjadi penyebab terjadinya kenaikan berat badan. Hal ini karena aktifitas yang tidak banyak gerak seperti bermain game, menonton TV atau bekerja di meja belajar seharian menghabiskan lebih sedikit kalori. Apalagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas lainnya. 

Jika Anda menghabiskan waktu sehari-hari dengan aktivitas kurang gerak, maka Anda bisa mencoba meluangkan waktu beberapa kali untuk bergerak setiap beberapa menit sekali.

Selain mencoba bergerak lebih sering, Anda bisa mencoba untuk mulai lebih rajin olahraga. Karena selain dapat mengontrol berat badan Anda, olahraga juga dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan sehat. 

3. Terlalu Sering Konsumsi Fast Food

Makanan olahan dan makanan cepat saji mengandung banyak unsur berbahaya, seperti biang gula, pengawet dan kadar lemak jahat. Beberapa penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa tingkat obesitas  di negara tersebut meningkat akibat peningkatan kebiasaan makan makanan olahan dan fast food setiap tahunnya,

4. Sering Begadang

Penyebab berat badan naik lainnya yang sering tidak disadari adalah kurang tidur atau sering begadang semalaman. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur yang kurang dari 6 jam setiap hari akan meningkatkan BMI dan dapat menghasilkan lemak lebih banyak. 

Durasi tidur yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengganggu produksi hormon dan menyebabkan tidak terkontrolnya rasa lapar dan nafsu makan.  Hal inilah yang menyebabkan berat badan terus naik tanpa kita sadari.

Sebagai solusinya, Anda bisa mulai menetapkan jadwal tidur yang efektif agar kondisi tubuh Anda tetap prima dan sistem metabolisme tubuh berjalan baik.

5. Stres 

Tahukah Anda bila stres juga dapat berdampak pada berat badan? Hal tersebut terjadi karena nafsu makan akan meningkat ketika kadar hormon stres kortisol tinggi. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka tidak heran bila berat badan Anda terus bertambah.

Demi menurunkan berat badan Anda kembali, Anda harus bisa mengatur manajemen stres lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan mencoba beberapa teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga atau melakukan aktivitas fisik ringan lainnya secara rutin.

6. Makan Terlalu Cepat

Tidak disangka jika makan terlalu cepat juga dapat menjadi penyebab berat badan naik. Saat makan dalam ritme yang cepat, Anda cenderung akan makan dalam porsi yang lebih besar. Jika hal tersebut terjadi secara berkesinambungan, maka Anda bisa berpotensi mengalami obesitas. 

Sebagai solusi, Anda bisa coba makan lebih lambat sambil mendengarkan musik, menonton televisi.  Karena ketika otak Anda bisa lebih fokus terhadap hal-hal di sekitar, Anda akan makan secara perlahan.

7. Kondisi Medis Tertentu

Kenaikan berat badan yang signifikan juga dapat terjadi akibat kondisi medis tertentu. Kondisi seperti hypothyroidism dapat memengaruhi kelenjar tiroid yang menyebabkan penambahan berat badan secara drastis.

Kondisi lain seperti diabetes dan sindrom cushing juga bisa memicu pertambahan berat badan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi yang tepat dari dokter. 

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab berat badan naik yang tidak Anda sadari. Pastikan untuk mengurangi kebiasaan buruk dan pola makan yang berantakan serta segera beralih ke gaya hidup sehat. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ialah dengan menjaga berat badan dan mengonsumsi menu makanan sehat dari MealFit sebagai asupan nutrisi yang lengkap dan bergizi untuk tubuh Anda. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan kunjungi kontak kami di sini.