Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Kandungan Gizi Ikan Kakap dalam Olahan Snapper Fish Curry Flavour

Written by Mealfit | Nov 1, 2023 4:00:00 AM

Ikan kakap, atau snapper, bukan hanya mengundang selera dengan rasa lezatnya, tetapi juga menyimpan sejumlah nilai gizi yang tinggi. Kandungan gizi ikan kakap ini membuat banyak orang tergiur untuk mengolahnya dengan berbagai macam cara.

Salah satu cara populer untuk menikmati ikan kakap adalah melalui hidangan Snapper Fish Curry Flavour. Selain memberikan pengalaman rasa yang luar biasa, olahan ini juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Mengenal Kandungan Gizi Ikan Kakap 

Ikan Kakap adalah salah satu jenis ikan laut yang populer di berbagai belahan dunia. Ikan ini ditemukan terutama di perairan hangat dan tropis, termasuk di Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Atlantik. 

Umumnya memiliki bentuk agak gepeng dan bulat, dengan sirip yang menonjol. Warna tubuhnya bervariasi tergantung pada spesiesnya, mulai dari merah muda hingga merah tua atau oranye. Beberapa spesies ikan kakap juga memiliki pola atau bercak-bercak pada tubuhnya.

Kepopuleran ikan kakap ini juga didukung oleh kalangan pecinta masakan laut. Selain memang rasanya yang lezat, ada banyak sekali kandungan gizi kakap yang cocok untuk menjaga kesehatan.

Kandungan Gizi Ikan Kakap Sebelum dan Setelah Dimasak

Nilai gizi pada ikan kakap sebelum dan sesudah dimasak sebenarnya tidak jauh beda. Namun tentu ada beberapa perbedaan, terutama dalam bumbu yang juga berperan dalam ikan kakap ini.

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi pada ikan kakap:

1. Protein Tinggi

Ikan kakap adalah sumber protein hewani yang sangat baik. Protein adalah nutrisi esensial yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan fungsi-fungsi tubuh lainnya. Dengan mengonsumsi ikan kakap, Anda mendapatkan asupan protein berkualitas tinggi yang mendukung kebutuhan tubuh Anda.

Dalam 100 gram ikan kakap segar, Anda akan mendapatkan 20,51 gram protein. Sementara  jika Anda memasak 350 gram  ikan kakap, maka proteinnya mencapai 31,1 gram. Kandungan ini cocok untuk Anda yang ada dalam masa diet sehat.

2. Asam Lemak Omega-3

Ikan kakap kaya akan asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mendukung fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Dalam 100 gram ikan kakap segar, terdapat 0,31 gram asam lemak omega-3. Sementara untuk total lemaknya setelah dimasak yakni sekitar 27,6 gram dalam 350 gram ikan kakap.

3. Vitamin dan Mineral

Ikan kakap juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Beberapa di antaranya termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin B12, seng, dan selenium. Vitamin A berperan penting dalam kesehatan mata, vitamin D mendukung penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang, dan vitamin B12 diperlukan untuk produksi sel darah merah.

Kandungan vitamin A misalnya dalam 100 gram ikan kakap, yakni 106 IU. Sementara Vitamin D yaitu 408 IU. Sementara untuk mineral, masing-masing kandungannya dalam 100 gram ikan kakap adalah Fosfor 198 mg; Kalsium 32 mg; Zinc 0,36 mg; dan Zat Besi 0,18 mg. 

Kandungan gizi ikan kakap total setelah dimasak adalah 6 gram per porsi, yang merupakan 21 persen dari jumlah rekomendasi gizi harian.

Anda bisa mendapatkan kandungan gizi lengkap ikan kakap dari menu kami. Sajiannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda.

Olahan Snapper Fish Curry dan Gizinya 

Snapper Fish Curry adalah hidangan yang memadukan cita rasa lezat ikan kakap (snapper) dengan rempah-rempah khas curry. Tentu saja kombinasi ini dapat menggoda lidah. 

Jika Anda belum tahun, curry adalah saus yang terkenal dalam masakan Asia Selatan, terutama India. Namun setiap daerah, memiliki curry khas sendiri, tergantung tradisi kulinernya. Meski demikian, ketika digunakan untuk memasak ikan kakap, hasilnya adalah hidangan yang lezat dan kaya rempah.

Ada beberapa bahan yang bisa Anda siapkan untuk memasak menu yang satu ini. Antara lain

  • Ikan Kakap
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih 
  • Kemiri 
  • Garam 
  • Lada Putih 
  • Jeruk Nipis
  • Pala 
  • Ketumbar bubuk
  • Beras Organik 
  • Wortel
  • Brokoli 
  • Okra 
  • Garam masala 
  • Bawang Bombay 
  • Kari Madras 
  • Jahe 
  • Santan.

Olahan ini memiliki kandungan gizi yakni energi sebesar 582,2 kalori; protein 31,1 gram; total lemak 27,6 gram; karbohidrat 53,8  gram; sodium 1 gram.

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa memasak makanan sehat ini di rumah. Namun untuk Anda yang waktunya terbatas dan kesusahan dalam penghitungan kalori, sebaiknya lakukan pemesanan pada laman shop mealfit.  

Tentu saja cara ini lebih praktis ketimbang Anda harus memasak dan menghitung kandungan gizi ikan kakap sendiri. Anda juga bisa menyesuaikan paket meal plan sesuka hati!

Jadi, tunggu apa lagi? Klik meal plan MealFit dan temukan rencana makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda! Informasi selengkapnya dapat Anda tanyakan melalui kontak kami untuk detail yang lebih lengkap!