Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Jumlah Ideal Kalori Seafood untuk Tubuh dan Contohnya

Written by Mealfit | Jan 1, 2024 3:33:00 AM

Apakah Anda pencinta seafood? Makanan laut memang sangat enak dan membuat siapa saja ketagihan. Namun, kandungan kolesterol dan kalori seafood cukup tinggi sehingga perlu dibatasi agar tidak membahayakan kesehatan. 

Jika tidak ingin kadar kolesterol di dalam darah meningkat sebaiknya jaga pola makan Anda mulai dari sekarang. Mau tahu berapa jumlah kalori makanan laut yang ideal untuk tubuh? Simak detail takarannya di bawah ini. 

Jumlah Kalori Seafood yang Ideal untuk Umum

Walaupun tidak sedang diet Anda perlu menjaga asupan makanan laut supaya kadar kolesterol di dalam darah tetap stabil. Berdasarkan keterangan dari American Heart Association, asupan kolesterol sebaiknya di bawah 300 mg per harinya. 

Apabila jumlah asupan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh melebihi 300 mg per hari, maka kolesterol jahat akan menumpuk di bagian pembuluh darah. Kondisi ini tentu sangat membahayakan karena dapat memicu penyakit jantung dan stroke. 

Untuk menghindari risiko tersebut Anda tidak disarankan mengonsumsi kalori seafood terlalu tinggi. Seperti yang ada pada udang, kepiting, kerang, lobster dan lainnya lebih dari 8 ons dalam seminggu. Jumlah kalori yang terkandung dalam takaran tersebut masih tergolong aman untuk kesehatan karena hanya 226 mg.  

Jumlah Kalori Seafood yang Ideal untuk Diet

Apa boleh mengonsumsi seafood saat diet? Sebenarnya Anda boleh mengonsumsinya saat sedang diet tapi jumlah asupannya harus dijaga ketat. Umumnya jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet antara 1.500 sampai 1.800 kalori per hari.

Sedangkan jumlah protein yang dibutuhkan tubuh normalnya 10% sampai 15% dari kebutuhan kalori harian. Atau sekitar 0,8 sampai 1 gram per kilogram berat badan Anda dalam satu hari. 

Misalnya, berat badan Anda 95 kilogram maka asupan protein yang ideal adalah 75 sampai 95 gram per hari. Menurut University of Michigan Integrative Medicine seseorang dianjurkan mengonsumsi ikan sebanyak 2 sampai 4 kali dalam seminggu dengan takaran porsi 4 sampai 6 ons. 

5 Jenis Seafood yang Aman Dimakan Saat Diet

Anda tidak perlu takut gagal diet saat mengonsumsi makanan laut. Justru beberapa jenis ikan memiliki kandungan kalori yang rendah namun tinggi akan protein. Kandungan protein yang ada di dalam seafood akan membantu membentuk dan menambah massa otot di dalam tubuh.

Beberapa jenis diet bahkan menggunakan makanan laut sebagai menunya, contohnya diet peskatarian dan diet mediterania. Berikut beberapa jenis makanan laut yang aman dikonsumsi saat sedang menjalankan program diet. 

1. Cumi-cumi

Selain mengandung sedikit lemak, cumi-cumi juga kaya akan asupan protein bahkan kandungannya lebih tinggi dari udang. Maka tak heran jika cumi-cumi sering dijadikan sebagai menu diet kebanyakan orang. 

2. Ikan Salmon

Makanan laut yang aman dikonsumsi saat diet kali ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan protein di dalamnya juga tergolong tinggi sehingga dapat membantu menstabilkan hormon yang berguna untuk mengontrol nafsu makan. 

Ikan salmon menjadi salah satu menu andalan saat diet karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin menurunkan berat badan sekaligus memelihara kesehatan jantung, maka ikan salmon menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu menu diet Mealfit ada yang menggunakan ikan salmon, menu tersebut adalah ‘Baked Tuscan Salmon with Steam Cassava’. Menu diet ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung program diet Anda. 

Di dalamnya mengandung jumlah kalori yang tepat untuk kebutuhan diet yaitu 390 kkal kalori, 26.6 gram protein, 16.2 gram lemak, dan 28.5 gram karbohidrat. Sehingga aman dikonsumsi saat menjalani program penurunan berat badan. 

3. Scallop

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science, ternyata scallop memiliki sifat anti-obesitas. Ini karena kandungan kalorinya yang rendah namun tinggi akan asupan protein.

Fakta tersebut memungkinkan Anda mengonsumsinya setiap hari tanpa perlu khawatir berat badan naik. Walaupun kadar kalori seafood ini rendah Anda harus menjaga porsinya agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

4. Ikan Tuna 

Daging ikan tuna mengandung sedikit lemak namun tinggi akan protein, sehingga aman dikonsumsi saat sedang diet. Selain tinggi protein, ikan tuna juha mengandung banyak vitamin di antaranya vitamin D, vitamin B12, kalsium, dan zat besi. 

5. Udang Karang

Berbeda dengan udang biasa, udang karang mengandung sedikit lemak sehingga aman dikonsumsi saat diet. Udang karang merupakan jenis seafood yang mirip seperti lobster tapi ukurannya lebih kecil. 

Jenis udang satu ini juga disebut sebagai makanan laut yang menyehatkan karena mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Di antaranya yaitu vitamin B, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc. 

Dari beberapa jenis seafood di atas, makanan laut apa yang menjadi favorit Anda saat diet? Menyiapkan menu diet sendiri memang merepotkan karena harus menghitung dan menimbang makanan. Kini Anda tidak perlu repot-repot melakukannya karena Mealfit menyediakan beragam menu diet sehat dengan takaran kalori seafood yang tepat untuk diet. 

Selain ‘Baked Tuscan Salmon with Steam Cassava’ ada menu seafood lain yang tidak kalah enak yaitu ‘Snapper Fish Curry Flavor’ dan ‘Ikan Kakap Sambal Matah’. Tertarik mencobanya? Segera hubungi kontak kami untuk melakukan pemesanan.