Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Jenis Lemak Tubuh: Kenali Perbedaan, Sumber dan Solusinya

Written by Mealfit | Dec 15, 2023 6:14:05 AM

Lemak adalah salah satu asupan nutrisi yang memiliki peran penting di dalam tubuh, misalnya untuk menjadi cadangan energi dan menjaga organ vital di dalam tubuh. Namun, perlu diketahui juga ada berbagai jenis lemak tubuh yang sebaiknya Anda ketahui.

Ada jenis lemak yang memang diperlukan untuk tubuh, khususnya dalam porsi tertentu. Selanjutnya, ada pula sumber lemak yang sebaiknya dihindari, karena memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

7 Jenis Lemak Tubuh: Perbedaan dan Sumbernya

Supaya bisa mengontrol pola makan yang baik, terlebih dalam mengatur asupan lemak, maka sebaiknya Anda pahami penjelasan dari 7 jenis lemak di bawah ini.

1. Lemak  Jenuh

Pertama, ada jenis lemak jenuh yang berbentuk padat jika diletakkan pada suhu ruangan. Sumber dari lemak ini umumnya berasal dari produk hewani, misalnya lemak kulit unggas, susu tinggi lemak, daging merah, dan mentega.

Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dan penumpukan jenis lemak ini di dalam tubuh dapat memberikan berbagai risiko buruk bagi kesehatan, misalnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam aliran darah. Selain itu, risiko terkena berbagai penyakit jantung juga jadi meningkat.

2. Lemak Tak Jenuh Tunggal

Kedua, ada lemak tak jenuh tunggal yang dapat bermanfaat bagi tubuh, misalnya untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Jenis lemak tubuh ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, misalnya buah alpukat, minyak zaitun, serta kacang-kacangan.

3. Lemak Tak Jenuh Ganda

Masih dari lemak tak jenuh, ada pula jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini terbagi menjadi dua jenis kelompok utama, yaitu omega-6 dan omega-3. Omega-6 bisa bersumber dari  minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak bunga matahari. Selanjutnya, sumber dari omega-3 antara lain biji rami, salmon, tuna, dan sarden.

Kedua kelompok tersebut memiliki berbagai kandungan yang penting untuk tubuh, namun tetap diperhatikan pola konsumsinya, jangan sampai berlebihan.

4. Lemak Trans

Selanjutnya, ada jenis lemak trans, hasil dari minyak nabati yang mengalami proses hidrogenasi. Contoh sumber bahan makanannya yaitu margarin dan berbagai jenis makanan cepat saji

Ini jenis lemak tubuh yang perlu dihindari, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

5. Lemak Terhidrogenasi

Lemak terhidrogenasi adalah jenis lemak yang telah mengalami proses hidrogenasi secara utuh, sehingga dampaknya bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit jantung dan meningkatkan kadar dari kolesterol jahat. Sumbernya bisa berasal dari lemak sayuran padat dan margarin keras.

6. Lemak Subkutan

Lemak subkutan adalah jenis lemak tubuh yang biasanya ditemukan di bawah kulit, misalnya di bagian bokong, paha, dan lengan. Kelebihan lemak ini bisa meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Lemak ini bersumber dari berbagai jenis makanan yang tinggi kalori.

7. Lemak Visceral

Terakhir, ada lemak visceral yang bisa disebutkan sebagai jenis lemak paling jahat untuk tubuh manusia, karena bisa menjadi penyebab penyakit pada organ hati dan bisa mengeringkan darah.

Sumber dari jenis lemak ini antara lain yaitu makanan cepat saji, daging merah, kopi beku, sereal manis, dan minuman dengan gula atau bahan kimia.

Solusi Kelebihan Lemak Tubuh

Seperti penjelasan dalam berbagai bagian di atas, kelebihan lemak di dalam tubuh bukanlah hal yang baik, karena menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan. Maka dari itu, berikut adalah berbagai solusi yang bisa Anda lakukan jika kandungan lemak sudah berlebih:

  1. Kontrol pola makan dengan membatasi asupan kalori, misalnya dengan mengurangi porsi makan menjadi setengahnya.

  2. Usahakan untuk selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi, pastikan Anda makan makanan yang bernutrisi dengan gizi seimbang.

  3. Lakukan olahraga rutin setiap harinya, atau minimal 5 kali sehari.

  4. Atur emosi dan kurangi tingkat stress.

Solusi Kekurangan Lemak Tubuh

Meski di atas telah dijelaskan bahwa kelebihan lemak di tubuh bukanlah hal yang baik, namun perlu dipahami juga bahwa tubuh manusia juga tetap memerlukan kandungan lemak, sehingga jangan sampai kekurangan asupan yang satu ini.

Ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan jika tubuh kekurangan lemak, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Konsumsi makanan yang mengandung berbagai sumber lemak tak jenuh.

  2. Pastikan kebutuhan lemak selalu terpenuhi, atur pola makan yang baik.

  3. Makan camilan sehat.

  4. Makan dalam porsi lebih kecil, namun intensitasnya lebih sering.

  5. Lakukan olahraga latihan beban.

Itulah berbagai penjelasan tentang macam-macam lemak tubuh yang sebaiknya Anda ketahui, sehingga dapat lebih mengontrol kesehatan tubuh. Sebaiknya, tubuh Anda memiliki kandungan lemak yang cukup, tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan.

Di atas juga sudah dijelaskan berbagai solusi untuk kelebihan dan kekurangan lemak, sehingga langkah-langkah tersebut dapat dijalankan dengan optimal. Pada dasarnya, menjaga pola hidup yang sehat adalah kunci untuk mengontrol kandungan lemak ini, salah satunya yaitu dengan pola makan yang baik dengan konsumsi gizi yang seimbang.

Namun, tidak semua orang memiliki tenaga atau waktu yang cukup untuk menyiapkan menu sehat dengan gizi seimbang dan terhindar dari jenis lemak tubuh yang jahat. Maka dari itu, beragam menu dari Mealfit bisa menjadi solusi untuk kesehatan Anda, hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut.