Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Hungarian Beef Goulash: Sejarah dan Cita Rasa Hungary

Written by Mealfit | Dec 25, 2023 3:00:00 AM

Menjadi salah satu hidangan tradisional yang lezat dari Eropa, Hungarian Beef Goulash yang dulunya hanya dikonsumsi oleh penggembala kini telah menjadi santapan di bagi seluruh rakyat Hungaria. 

Hidangannya pun telah diadaptasi dan disesuaikan dengan standar masakan Eropa, jadi bisa bertahan sebagai hidangan tradisional yang dicintai orang Eropa hingga masa kini. 

Tidak hanya itu, hidangan sup daging ini pun memiliki kandungan gizi yang beragam, cocok untuk Anda yang sedang memperbaiki pola makan. Sebelum mengetahui informasi lainnya, simak sejarah beef goulash terlebih dahulu berikut ini. Namun, Anda juga dapat mengetahui informasi terkait olahan beef lainnya yaitu, hidangan beef Stroganoff asal Rusia. 

Mengenal Sejarah Hungarian Beef Goulash

Hidangan khas masyarakat Hungaria ini dicintai karena memiliki cita rasa kuat dan penuh manfaat bagi berbagai kalangan. Adapun hidangan ini memiliki sejarah yang cukup unik, seperti yang tertera pada pembahasan di bawah ini.

Awal Perkembangan Hungarian Beef Goulash

Hidangan beef goulash berawal dari abad ke-9, di mana pada masa itu terdapat penggembala yang membawa bekal daging untuk melintasi Eropa. Sebelum dikeringkan dan disimpan dalam tas, hidangan penuh bumbu ini dimasak dengan ketel besi.

Ketika penggembala telah sampai tujuan, campuran kering beef goulash akan dimasak dalam air mendidih untuk penggembala nikmati. Beef goulash semakin dikenal seiring para petani desa terdekat dengan Alföld menggunakan daging, seperti kambing hingga unggas, ke dalamnya.

Hidangan yang awalnya menggunakan lada hitam ini kini menggunakan paprika, sebab lebih murah dan warna merahnya menjadikan sup lebih menarik. Beef goulash mulai masuk ke kota pada abad 19. 

Awal Hungarian Beef Goulash di Masa Kini 

Pada masa sekarang, beef goulash telah tersedia dan bisa Anda nikmati di berbagai restoran. Komposisi hidangannya pun kini lebih lengkap, terdiri dari rebusan daging, dengan tambahan kentang, tomat, wortel, serta racikan rempah tradisional ala Hungaria.

Tertarik mengenal sejarah olahan makanan lainnya? Simak juga sejarah ayam bakar taliwang yang menggugah selera. Anda juga bisa menikmati rasa dari ayam bakar taliwang dengan komposisi kandungan nutrisi terbaik di meal plan ayam bakar taliwang

Kandungan Gizi Hungarian Beef Goulash

Hidangan sup daging penuh nutrisi ini mengandung protein, serat, hingga lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Rempah-rempahnya pun mengandung antioksidan untuk kesehatan. 

Terdapat versi non soup Hungarian Beef Goulash yang menarik untuk Anda coba, tersedia di Mealfit dan disajikan dengan nasi basmati, kacang panjang, serta lentil merah. Untuk porsi 350 gram, Anda bisa mendapatkan protein sebanyak 14.3 gram serta total kalori 442, mengenyangkan dan sehat!

Manfaat Kesehatan Hungarian Beef Goulash yang Tidak Terduga

Hidangan ini telah menjadi salah satu hidangan nasional Hungaria selama berabad-abad. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Hungarian Beef Goulash juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak terduga. 

Selain itu, sama halnya dengan manfaat ikan tenggiri, hidangan ini mengandung protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan Hungarian Beef Goulash yang tidak terduga:

1. Membantu Menurunkan Berat badan 

Hungarian Beef Goulash adalah hidangan yang cukup mengenyangkan, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hungarian Beef Goulash mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hungarian Beef Goulash mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk daya tahan tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, dan zat besi. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, vitamin A dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan, dan zat besi dapat membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

4. Meningkatkan Daya Tahan Jantung

Hungarian Beef Goulash mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Protein juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Membantu Mencegah Kanker

Hungarian Beef Goulash mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Zat antioksidan juga dapat membantu mencegah kanker. Tentu saja, manfaat kesehatan Hungarian Beef Goulash ini tidak hanya terbatas pada hal-hal di atas. Hidangan ini masih memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang belum diketahui.

Penutup

Jika Anda sedang mencari hidangan yang lezat dan bergizi, Hungarian Beef Goulash adalah pilihan yang tepat. Hidangan ini dapat menjadi bagian dari pola makan sehat Anda. Selain itu, Anda bisa menikmatinya dengan nasi Basmati dan lentil merah, serta sayur kacang buncis jika ingin versi non sup yang menarik dan juga sehat.

MealFit menyediakan hidangan hungarian beef goulash versi non sup tersebut sebagai salah satu menu meal plan sehat untuk Anda apabila sedang diet atau ingin hidup lebih sehat. Daging di beef goulash dari MealFit menggunakan tenderloin sebagai sumber proteinnya. Opsi minyak zaitun juga digunakan agar ramah kolesterol. Hubungi kami untuk mendapatkan versi non sup dari beef goulash atau konsultasi terkait meal plan sehat harian Anda!