Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Hobi Makan Pasta? Intip 5 Manfaat Spaghetti bagi Kesehatan

Written by Mealfit | Oct 20, 2023 2:00:00 PM

Spaghetti merupakan salah satu menu khas Italia yang digemari banyak orang. Menu pasta yang satu ini juga terbilang cukup populer di Indonesia. Namun, ternyata manfaat spaghetti ternyata tidak hanya memanjakan lidah dan terut! Makanan pasta satu ini sebenarnya menawarkan segudang kebaikan bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat dari hidangan nikmat ini? Simak penjelasan pada artikel ini hingga tuntas, lalu pastikan Anda mendapatkan menu spaghetti terbaik!

Manfaat Spaghetti bagi Kesehatan

Jika melihat dari bahan dasarnya, spaghetti terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan telur. Secara umum, bisa dibilang hidangan ini mirip dengan mie yang umum ditemui di Indonesia.

Untuk menambah rasa nikmat, ada berbagai jenis topping yang bisa ditambahkan, misalnya daging, sayuran, keju, rempah, dan saus. Bentuk dan rasa dari spaghetti pun bisa dilihat dari jenisnya. Ada berbagai jenis spaghetti yang umum ditemui, misalnya spaghetti aglio olio dan napolitana.

Selain terkenal dengan cita rasa yang khas dan nikmat, berikut adalah berbagai manfaat spaghetti yang bisa Anda peroleh.

1. Membantu dalam Mengurangi Berat Badan

Banyak orang mungkin menganggap bahwa hidangan pasta dapat membuat berat badan mudah naik, karena mengandung banyak karbohidrat di dalamnya.

Namun, perlu diketahui bahwa kandungan karbohidrat yang dikonsumsi secara wajar tidak akan membuat berat badan Anda naik. Maka dari itu, hal yang perlu dipastikan yaitu tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

2. Dapat menjadi Menu Diet Sehat

Jika bicara soal kenaikan berat badan, maka sudah sedikit dijelaskan pada bagian sebelumnya. Tenang saja, Anda tetap dapat mengkonsumsi spaghetti meski sedang dalam masa diet untuk penurunan berat badan.

Ada berbagai manfaat spaghetti jika dilihat dari kandungannya, karena dapat menjadi sumber serat dan energi untuk Anda. Hal tersebut membuat spaghetti cocok untuk menjadi pilihan untuk menu diet sehat.

3. Rendah Garam

Hidangan spaghetti terbilang rendah garam, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai penyakit akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Misalnya, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Di dalam hidangan spaghetti, secara umum cita rasanya menjadi kaya karena kandungan dari tomat, bawang putih, minyak zaitun, serta berbagai rempah yang dapat menyehatkan tubuh.

Saus yang terbuat dari bahan yang sehat pun dapat menjadi alternatif untuk memperoleh cita rasa yang nikmat. Namun, Anda tetap akan mendapat berbagai manfaat spaghetti untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Rendah Lemak

Selain rendah garam, menu spaghetti juga rendah lemak. Namun, hal ini dapat diperoleh ketika Anda membeli menu spaghetti yang sehat. Pasta yang sehat dapat menjadi menu andalan ketika Anda sedang dalam masa mengurangi berat badan.

5. Membantu Menjaga Kadar dari Gula Darah

Bahan pasta memiliki kandungan glikemik yang terbilang cukup tengah. Secara sederhana, glikemik adalah ukuran dari secepat apa kandungan gula yang dikonsumsi akan masuk ke aliran darah pada tubuh Anda.

Dengan mengonsumsi menu dengan kadar glikemik yang rendah, maka Anda dapat menjaga kadar gula darah. Selanjutnya, Anda juga dapat mencegah risiko dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh gula darah, misalnya diabetes dan obesitas.

Sekilas tentang Spaghetti Aglio Olio

Salah satu jenis spaghetti yang populer dan dapat menjadi rekomendasi menu untuk Anda yaitu spaghetti aglio olio. Jika dilihat dari segi bahasa, kata ‘aglio olio’ merujuk pada bahan pendukung dari menu ini, yaitu ‘bawang putih serta minyak zaitun’.

Kedua bahan tersebut menjadi penting untuk mendukung pembuatan saus pada jenis spaghetti yang satu ini. Berbagai tambahan bahan pun bisa mendukung cita rasanya, misalnya tambahan daging asap atau smoked beef.

Supaya kandungan gizi dalam hidangan ini tidak berkurang, maka pemilihan bahan dan cara pembuatannya pun perlu diperhatikan dengan baik. Menu andalan dari Mealfit, Spaghetti Aglio Olio with Smoked Beef, dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. 

Menu tersebut terbuat dari bahan berupa pasta spaghetti, smoked beef atau daging asap, bawang putih, minyak zaitun, bawang bombay, cabai hijau,  garam, tepung, kemangi segar, oregano, dan keju parmesan. 

Sekilas tentang Spaghetti Napolitana

Selanjutnya, spaghetti napolitana pun tidak kalah menarik untuk menjadi rekomendasi menu sehat untuk Anda. Ini merupakan menu pasta ala Barat yang sangat terkenal di Jepang, karena merupakan hidangan yang nikmat namun praktis.

Spaghetti ini sangat mengandalkan cita rasa khas dari saus tomat, lalu dipadukan berbagai topping lainnya. Sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan menu sehat, maka Anda dapat mengandalkan Spaghetti Napolitana dari Mealfit.

Bahan yang mendukung menu andalan tersebut yaitu spaghetti, tomat, keju parmesan, lada hitam, lada putih, garam, minyak zaitun, bawang putih, bawang bombay, oregano, peterseli, daun salam, dan daging asap atau smoked beef.

Menikmati spaghetti sebagai menu makanan sehat tentu saja dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat merasakan cita rasa khas Italia yang nikmat, namun tetap memperhatikan aspek kesehatan.

Berbagai manfaat spaghetti pun dapat Anda temukan dari menu Mealfit, segera hubungi kami untuk pemesanan Meal Plan atau informasi lebih lanjut. Mari biasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi!