Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Hadapi Rutinitas dengan Manfaat Makan Makanan Sehat

Written by Mealfit | Nov 10, 2023 5:00:00 AM

Setiap hari selalu dihadapkan dengan kesibukan yang padat dan polusi udara yang buruk bisa berisiko menyebabkan Anda terserang penyakit. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan manfaat makanan sehat yang bisa diperoleh dengan MealFit. 

Makanan sehat adalah kombinasi berbagai makanan yang mengandung beragam nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat sampai lemak. Nutrisi tersebut akan melindungi kesehatan tubuh Anda dari efek buruk padatnya aktivitas di tengah polusi udara yang buruk.

Manfaat Makanan Sehat, Persiapkan Tubuh Hadapi Rutinitas

Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang seimbang. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit tak menular yang banyak menyebabkan kematian pada orang dewasa yang dipicu dengan tekanan darah tinggi atau kardiovaskuler. 

Tekanan darah tinggi maupun kardiovaskuler bisa disebabkan karena pola hidup tidak sehat seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak memiliki gizi seimbang.

Anda bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan memperbanyak mengonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan atau biji-bijian serta sayuran. 

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Paparan polusi udara yang buruk seperti asap kendaraan maupun asap industri bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu meningkatkan risiko terkena kanker. 

Risiko tersebut bisa meningkat jika Anda tidak menjaga pola makan sehat. Salah satu manfaat makanan sehat yaitu dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Makanan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker diantaranya yaitu makanan yang mengandung beta karoten, antioksidan, dan vitamin A seperti buah-buahan, sayuran, sampai kacang-kacangan. 

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memiliki fungsi yang penting dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika sistem pencernaan bermasalah, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Anda bisa menjaga sistem pencernaan atau metabolisme tubuh Anda dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dan rendah lemak jenuh seperti buah-buahan, sayuran, telur, yoghurt, dan ubi jalar. 

Makanan tinggi serat dapat menjaga sistem pencernaan tetap lancar dan Anda dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. 

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak termasuk organ vital yang memiliki fungsi yang sangat penting sehingga Anda dapat berpikir, berkonsentrasi serta merekan memori. Menjaga kesehatan otak sejak Anda masih muda dapat menjadi investasi baik saat Anda tua nanti.

Manfaat makanan sehat sendiri dapat menjaga kesehatan otak Anda dari masalah penurunan kognitif dan memperkuat daya ingat. Makanan yang baik untuk otak adalah makanan yang mengandung Omega 3, vitamin E, C, D, dan flavonoid. 

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi di atas diantaranya yaitu buah-buahan seperti buah beri, salmon, biji-bijian, sarden, ikan patin, ikan bandeng, ikan tuna, serta sayur-sayuran. 

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Jika Anda tidak menjaga kesehatan tulang dengan baik maka Anda akan sangat berisiko terkena gangguan osteoporosis atau tulang keropos di kemudian hari. 

Untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis, Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung tinggi mineral seperti magnesium dan kalsium, serta makanan yang mengandung vitamin K dan vitamin D.

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi di atas diantaranya yaitu sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, dan kol, kacang almond, kacang mete, susu, serta ikan laut seperti sarden atau ikan teri. 

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat mengonsumsi makanan sehat berikutnya yaitu dapat membantu menjaga berat badan agar selalu ideal. Berat badan berlebih atau obesitas sangat berisiko menyebabkan munculnya beragam penyakit seperti darah tinggi, diabetes sampai penyakit jantung.

Penyakit yang disebabkan karena berat badan berlebih bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga. 

7. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Selain penyakit jantung, penyakit diabetes juga termasuk penyakit tak menular yang banyak menyerang orang dewasa. Penyakit ini bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula atau makanan manis.

Terlalu sering mengonsumi makanan yang manis-manis dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang bisa menyebabkan diabetes. 

Manfaat makanan sehat yang rendah garam dan gula seperti kacang almond, timun, kacang hazelnut, dan sayuran dapat menjaga kadar gula darah sehingga Anda terhindar dari diabetes. 

8. Meningkatkan Suasana Hati

Makanan sehat dapat memicu tubuh memproduksi hormon bahagia sehingga suasana hati Anda menjadi lebih baik. Jika suasana hati Anda baik, maka Anda bisa terhindar dari stres atau gejala depresi. 

Kini mengonsumsi makanan sehat yang seimbang semakin mudah dengan adanya meal plan dari MealFit. MealFit menyediakan berbagai paket menu makanan bergizi dan lezat yang bisa Anda pilih di meal plan kami.  

Itulah beberapa manfaat makanan sehat untuk bantu menghadapi rutinitas harian Anda sehingga tubuh tetap bugar dan sehat. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai menu makanan sehat MealFit dengan segera menghubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut.