Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Contoh Makanan Bernutrisi: Kenali Menu Sehat dari MealFit

Written by Mealfit | Dec 4, 2023 3:00:00 PM

Ada banyak contoh makanan bernutrisi yang bisa ditemukan di sekitar dan bisa menjadi bagian dari diet sehat Anda. Dari buah-buahan segar yang kaya vitamin hingga sayuran hijau penuh serat, pilihan untuk makan sehat sangat beragam. 

Ada lagi protein yang diperoleh dari daging, ikan, atau kacang-kacangan. Penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sementara itu, biji-bijian memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. 

Mengonsumsi makanan bernutrisi tidak untuk mereka yang ingin menjaga berat badan ideal saja, tetapi untuk semua orang yang ingin menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. 

Apa itu Makanan Bernutrisi?

Makanan bernutrisi adalah makanan yang mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik. Kriteria makanan sehat bernutrisi mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, sementara karbohidrat memberikan Anda energi. Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam ikan dan kacang-kacangan, dibutuhkan untuk kesehatan otak dan jantung. 

Vitamin dan mineral mendukung berbagai fungsi tubuh, dari menjaga kesehatan mata hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan bernutrisi juga harus rendah dalam gula tambahan, garam, dan lemak jenuh untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

4 Contoh Makanan Bernutrisi

Terdapat banyak contoh makanan yang bisa mendukung asupan nutrisi tubuh Anda, seperti:

1. Salmon

Salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi yang juga kaya akan omega-3. Omega-3 penting untuk kesehatan otak dan jantung. Salmon juga sumber vitamin D yang baik, penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh

2. Daging dan Telur

Contoh makanan bernutrisi seperti daging tanpa lemak adalah sumber protein yang sangat baik. Protein mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel serta pembentukan otot. 

Telur, di sisi lain, adalah salah satu sumber protein paling lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Telur juga kaya akan kolin, yang penting untuk fungsi otak dan hati.  Namun, Anda juga perlu memperhatikan protein hewani dan protein nabati yang baik untuk tubuh Anda.

3. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Serat membantu pencernaan dan dapat mencegah masalah seperti sembelit. 

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin K. Vitamin ini bagus untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Jeruk dan stroberi mengandung banyak vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi. 

Buah-buahan dan sayuran juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian utuh seperti quinoa, beras merah, dan gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, magnesium, dan zat besi. 

Karbohidrat kompleks memberikan energi yang lebih lama dan stabil dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, dan kacang hitam, kaya akan protein nabati, serat, dan zat besi. 

Menu Makanan Bernutrisi dari MealFit: Solusi Diet Sehat Tanpa Repot

Agar Anda bisa mendapat gizi seimbang dari contoh makanan bernutrisi di atas, Anda perlu menghitung terlebih dahulu kebutuhan gizi pribadi. Sebab, kekurangan atau kelebihan nutrisi bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Tidak ingin repot menghitung hal ini? Tenang, ada solusi praktis dari MealFit. Anda cukup beritahu meal plan yang diinginkan, dan tim kami akan menyiapkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini beberapa rekomendasi menu sehat dari MealFit.

1. Baked Tuscan Salmon with Steam Cassava

Menu ini adalah pilihan ideal bagi Anda yang mencari sumber protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3. Salmon yang dipanggang dengan bumbu Tuscan tidak hanya lezat, tetapi juga mendukung kesehatan jantung dan otak. 

Ubi rebus yang disajikan bersama salmon menambahkan serat dan karbohidrat kompleks yang baik untuk energi.  Menu ini juga kaya akan sayuran yang menyediakan vitamin dan mineral penting, seperti edamame, jagung manis, tomat ceri, dan wortel.

Dengan total 390 kalori, Baked Tuscan Salmon with steam cassava menyediakan 26.6 gram protein, 16.2 gram lemak, dan 28.5 gram karbohidrat.

2. Beef Stroganoff

Pilihan ini cocok untuk Anda yang membutuhkan asupan protein untuk mendukung pembentukan otot dan pemulihan setelah aktivitas fisik. Beef Stroganoff menyediakan 37 gram protein, 23 gram lemak, dan 39 gram karbohidrat, dengan total 543 kalori.

Daging sapinya mengandung protein berkualitas tinggi, sementara sayuran seperti jamur shitake dan paprika menambahkan serat dan nutrisi tambahan. Menu ini juga mengandung krim dan susu yang memberikan kalsium dan vitamin D, penting untuk kesehatan tulang. 

3. Ayam Bumbu Naniura

Menu ini adalah contoh makanan bernutrisi yang baik bagi Anda yang mencari rasa khas Indonesia dengan nutrisi seimbang. Sebab, menu ayam naniura mengandung 29.9 gram protein, 19.6 gram lemak, dan 45.0 gram karbohidrat, dengan total 488.9 kalori.

Ayam, sebagai sumber protein, sangat berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Bumbu khas seperti kunyit dan jahe juga memberikan cita rasa yang unik dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. 

Disajikan dengan sayuran dan nasi basmati, menu ini menawarkan kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang sehat. Setiap menu dirancang dengan mempertimbangkan keseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat, sehingga Anda bisa menikmati makanan enak sambil menjaga kesehatan.

Penutup

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa contoh makanan bernutrisi ini di rumah. Namun untuk Anda yang waktunya terbatas dan kesusahan dalam penghitungan kalori, sebaiknya lakukan pemesanan pada laman shop mealfit.  

Jadi, tunggu apa lagi? Klik Meal plan MealFit dan temukan rencana makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda! Informasi selengkapnya dapat Anda tanyakan melalui kontak kami untuk detail yang lebih lengkap!