Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Black Madras Rice: Varietas, Nutrisi, dan Kelezatannya

Written by Mealfit | Dec 27, 2023 3:00:00 AM

Bagi orang-orang yang sedang melakukan diet atau sedang dalam kondisi kesehatan tertentu, berbagai bahan makanan perlu dipertimbangkan, termasuk asupan nasi. Bisa dibilang, mereka akan cenderung diarahkan untuk menghindari nasi putih. Maka dari itu, ada berbagai alternatif lain untuk menggantikannya, salah satunya black madras rice.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang jenis nasi yang satu ini? Jika belum, mari simak artikel ini hingga tuntas dan pastikan Anda bisa mendapatkan alternatif tepat untuk makanan sehat. Namun, sebelum mengkonsumsi makanan sehat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu 8 kriteria makanan sehat. Agar komposisi nutrisi lebih terjaga dan lebih baik. 

Mengenal Black Madras Rice (Varietas dan Asal-usulnya)

Untuk orang-orang yang sedang meminimalisir konsumsi beras putih yang dijual pada umumnya, maka sebenarnya ada berbagai alternatif lain yang bisa dikonsumsi.

Salah satunya yaitu beras merah yang sering digadang sebagai salah satu menu sehat, karena bisa menurunkan berbagai risiko penyakit, seperti jantung, stroke, dan diabetes. Namun, jenis beras yang satu ini bisa saja tidak disukai oleh sebagian orang, sehingga alternatif lain pun dicari untuk bisa menggantikan beras putih.

Maka dari itu, beras black madras yang satu ini pun dapat menjadi pilihan lainnya bagi Anda. Jika dibandingkan dengan jenis beras merah, maka beras ini dinilai memiliki tingkat kelezatan yang lebih tinggi.

1. Varietas Black Madras Rice yang Populer

Meski belum terlalu dikenal secara luas, namun varietas beras black madras ini mulai dikenal dan menjadi budidaya untuk salah satu daerah di Indonesia, yaitu Kediri.

Ada berbagai kelebihan dari membudidayakan jenis beras ini, salah satunya yaitu karena memiliki masa panen yang terbilang cukup singkat, yaitu hanya sekitar 75 sampai 80 hari.

Masa panen ini terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, sehingga dapat membuat petani semakin cepat untuk melakukan mendapatkan keuntungan dari hasil panen.

2. Asal-usul Black Madras Rice

Di Indonesia, salah satu daerah yang mengembangkan beras black madras yaitu Kediri, Jawa Timur. Namun, jika mengulik dari asal-usulnya, maka beras ini awalnya memang dikembangkan di negara Jepang, sebelum akhirnya dibudidayakan oleh berbagai negara lainnya.

Nutrisi yang Terkandung dalam Black Madras Rice

Beras ini digadang sebagai alternatif sumber karbohidrat yang sehat, karena mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting bagi tubuh. Ketahui pula bawah black madras rice termasuk contoh makanan bernutrisi yang baik untuk tubuh manusia. 

1. Komposisi Nutrisi Black Madras Rice

Seperti yang sudah sering disinggung sebelumnya, jenis beras ini terkenal dengan kadar gulanya yang rendah, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang sedang meminimalisir konsumsi gula. Selain itu, ada berbagai kandungan nutrisi di dalam jenis beras yang satu ini, antara lain yaitu lemak, serat, karbohidrat, protein, dan zat besi.

2. Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Black Madras Rice

Karena kadar gula dalam beras ini terbilang sangat rendah, maka ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, berikut merupakan beberapa di antaranya:

  • Dapat membantu dalam memelihara kesehatan jantung
  • Mengurangi kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh, hal ini dikarenakan beras ini mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh
  • Membantu proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan pun akan menjadi semakin lancar dan mikroba baik dapat terpelihara dengan optimal
  • Memiliki sifat antikanker, sehingga dapat mencegah risiko dari penyakit berbahaya yang satu ini
  • Dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata Anda

Kelezatan dan Penggunaan Black Madras Rice dalam Masakan

Meski beras yang satu ini terbilang rendah gula dan sangat baik untuk kesehatan, namun kelezatannya pun tetap layak untuk dipertimbangkan. Sebenarnya, jika Anda kreatif, berbagai jenis bahan makanan sehat bisa menjadi makanan lezat yang tidak kalah jika bersaing dengan jenis makanan lain yang kurang sehat. Serta, hindari makanan yang bikin gemuk agar tubuh Anda lebih sehat dan bugar. 

Inspirasi Menu Menggunakan Black Madras Rice

Itulah berbagai penjelasan tentang jenis beras yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ini, terutama untuk penderita diabetes atau masalah kesehatan yang mengharuskan untuk mengurangi kadar gula di dalam tubuh.

Anda telah membaca tentang varietas, asal-usul, komposisi, manfaat, hingga inspirasi menu yang bisa memanfaatkan jenis beras ini. Pada dasarnya, membuat menu yang sehat memang merupakan tantangan sulit bagi banyak orang, terlebih untuk mereka yang tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan berbagai persiapannya.

Namun tenang saja, Meal Plan dari Mealfit dapat menjadi solusi tepat bagi Anda, salah satunya  yaitu Cajun Jerk Chicken with Madras Rice yang terbuat dari bahan black madras rice. Jadi, jangan ragu untuk segera melakukan pemesanan, langsung saja hubungi kami sekarang juga!