Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Bagaimana Cara Menghitung BMI (Body Mass Index)?

Written by Mealfit | Jul 21, 2023 2:00:00 PM

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui berat badan ideal Anda adalah memahami cara menghitung BMI. Body Mass Index atau BMI sendiri merupakan perkiraan lemak tubuh yang didasarkan pada berat dan tinggi badan.

Dengan menghitung BMI, maka Anda akan tahu apakah berat badan Anda sekarang sudah normal, kurus (underweight), atau obesitas (overweight).

Menghitung BMI akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana kondisi tubuh Anda, misalnya jika Anda overweight, maka Anda harus hati-hati karena kondisi tersebut rawan terkena penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Lantas, bagaimana cara menghitung Body Mass Index? Simak selengkapnya di sini!

Cara Menghitung BMI (Body Mass index)

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk menghitung berapa BMI Anda. Namun yang pasti, Anda harus mengukur tinggi dan berat badan saat ini sebelum memulai penghitungan. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, maka Anda bisa melanjutkan proses perhitungan yaitu:

1. Hitungan Pengukuran Metrik

Cara menghitung BMI yang pertama ialah menggunakan sistem pengukuran metrik. Hal ini berarti rumus BMI adalah berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m2). 

Karena tinggi badan diukur dalam satuan (cm), maka rumus perhitungan alternatifnya ialah dengan cara membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam sentimeter kuadrat, lalu dikalikan 10.000.

Rumus:

Berat(kg) : [tinggi (m)]2

Atau

[berat (kg) : tinggi (cm) : tinggi (cm) ] x 10.000

Ketika Anda menggunakan kalkulator elektronik, maka

  • Untuk kalkulator memiliki fungsi kuadrat, berat badan (kg dan tinggi (cm) kuadrat, kalikan dengan 10.000, lalu bulatkan ke desimal.
  • Sedangkan kalkulator yang tidak memiliki fungsi kuadrat, berat badan dengan tinggi dikalikan dua, seperti yang ditunjukkan rumus di atas, lalu kalkan dengan 10.00 dan bulatkan ke desimal.

2. Hitungan Pengukuran Imperial

Pola imperial adalah cara menghitung BMI selanjutnya, yang mana sistem ini banyak digunakan di Amerika Serikat. Rumus pengukuran imperial menggunakan satuan pound untuk menghitung berat badan serta inci untuk tinggi badan.

Jika Anda ingin menggunakan pola pengukurna ini, namun tidak terbiasa dengan satuannya, maka Anda bisa mengkonversikan kedua hasil angka yang dibutuhkan ke satuan yang akan digunakan.

Lalu bagaimanakah cara perhitungan BMI imperial?

Berat badan (pound) : tinggi badan (inci), kuadrat lalu dikalikan dengan faktor konversi 703 sehingga rumusnya tampak seperti:

[(pound x 703): inci2)

Berapa Kategori BMI yang Normal?

Menurut WHO, perhitungan BMI dapat dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu:

  1. Obesitas = BMI sama dengan atau di atas 30
  2. Berat badan berlebih = BMI antara 25–29,9
  3. Berat badan normal = BMI antara 18,5–24,9.
  4. Berat badan di bawah normal = BMI di bawah 18,5

Data yang berbeda jika Anda tinggal di Asia, termasuk Indonesia, yaitu:

  1. Obesitas = BMI lebih dari atau sama dengan 25
  2. Berat badan berlebih = BMI antara 23-24,9
  3. Berat badan normal = BMI antara 18,5-22,9
  4. Berat badan di bawah normal = BMI di bawah 18,5 

Skor BMI yang tidak normal dapat meningkatkan risiko terjadi masalah kesehatan. Skor BMI dalam kategori overweight atau kelebihan berat badan bahkan obesitas akan menunjukan bahwa seseorang berpotensi terkena penyakit kronis, seperti:

  • Penyakit jantung.
  • Sleep apnea.
  • Kolesterol tinggi.
  • Masalah hati.
  • Osteoartritis.
  • Diabetes tipe 2.
  • Batu empedu.
  • Tekanan darah tinggi. 
  • Kanker.

Setelah mengetahui tingkat bahaya skor BMI yang tinggi, Maka Anda harus melakukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup Anda. Salah satu caranya Anda bisa mulai dengan mengonsumsi makanan sehat dari MealFit yang akan menjamin asupan nutrisi untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.

Hal berbeda jika skor BMI Anda sudah mencapai kategori normal, yang berarti kondisi kesehatan tubuh Anda juga dalam keadaan normal atau sehat. Orang yang memiliki skor BMI normal berarti harus mempertahankan kondisinya agar tetap pada skot tersebut.

Pentingnya Menjaga Berat Badan

Terlepas dari segala kekurangannya,  memahami cara menghitung BMI dapat menjadi pengingat bagi Anda untuk menjaga berat badan dan pola makan Anda. Dengan berat badan yang ideal, maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya:

  1. Tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar
  2. Kualitas tidur lebih baik dan efisien
  3. Kerja jantung lebih ringan
  4. Peredaran darah aman terkendali
  5. Serta Anda pun dapat melakukan aktivitas lebih banyak

Mengingat banyaknya manfaat saat memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal, maka Anda harus menjaga dan mempertahankan skor BMI Anda dengan baik. Pastikan juga untuk melakukan pola makan dan hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menghitung BMI dan cara menjaga badan. Untuk menjaga asupan bergizi bagi tubuh, Anda bisa mulai menggunakan MealFit untuk mendapatkan tubuh sehat dan berat badan yang ideal. Selengkapnya Anda bisa menghubungi kami di halaman ini.