Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Awasi,  7 Bahaya Kekurangan Protein untuk Tubuh Anda

Written by Mealfit | Nov 8, 2023 5:00:00 AM

Saat ini banyak orang yang abai dengan kebutuhan protein. Padahal bahaya kekurangan protein bisa menyebabkan terganggunya sistem imun dan metabolisme tubuh. 

Protein sendiri adalah nutrisi yang memiliki peran penting untuk membentuk dan melindungi jaringan tubuh. 

Kurangnya protein dalam tubuh atau defisiensi protein bisa dicegah dengan mengonsumsi protein setiap hari dengan jumlah yang tepat. Lalu, apa penyebab tubuh bisa kekurangan protein? Berikut ulasan lengkapnya. 

Penyebab dan Bahaya Kekurangan Protein

Tubuh bisa kekurangan protein karena kebutuhan harian protein tubuh tidak tercukupi. Setiap hari tubuh memerlukan protein sekitar 45 sampai 55 gram. Kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan berat badan masing-masing. 

Kebutuhan protein juga bisa tidak tercukupi dengan baik jika Anda mengonsumsi protein yang kurang berkualitas seperti diet rendah protein. Salah satu makanan yang mengandung protein berkualitas yaitu kacang-kacangan.

Selain disebabkan karena kurangnya asupan protein, defisiensi protein juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit seperti AIDS, penyakit paru, gagal ginjal sampai kanker. 

Apabila Anda menderita penyakit di atas, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara memenuhi kebutuhan protein harian tubuh Anda. 

Dampak Bahaya Kekurangan Protein bagi Tubuh

Anda tidak boleh menganggap sepele defisiensi protein karena bisa menyebabkan gangguan atau gejala seperti berikut ini.

1. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu fungsi protein yaitu membentuk atau memproduksi sel darah putih dan antibodi. Seperti yang Anda ketahui, sel darah putih berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi virus maupun bakteri. 

Apabila tubuh tidak memiliki cukup protein, maka produksi sel darah putih juga akan menurun sehingga Anda akan lebih rentan terserang penyakit. 

Selain berfungsi membentuk sel darah putih, protein juga berfungsi untuk membentuk jaringan. Jika jumlah protein berkurang maka proses penyembuhan jaringan atau sel tubuh yang terluka juga akan melambat. 

2. Massa Otot Menurun

Otot adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak menyimpan dan menggunakan protein. Jika tubuh Anda kekurangan protein, maka tubuh Anda akan mengambil protein dari otot. 

Apabila kondisi tersebut terjadi secara terus menerus maka massa otot akan berkurang. Berkurangnya massa otot bisa menyebabkan Anda merasakan kram atau nyeri sendi. Jadi, jika Anda sering mengalami nyeri sendi bisa jadi tubuh Anda kekurangan protein. 

3. Rambut Mudah Rontok

Tahukah Anda jika rambut tersusun atas protein yang disebut dengan keratin. Saat kebutuhan protein tidak tercukupi, folikel rambut akan bermasalah sehingga rambut Anda melemah dan mudah rontok. 

Tidak hanya itu, pertumbuhan rambut Anda juga akan melambat akibatnya rambut Anda akan terlihat tipis dan kusam. 

3. Munculnya Masalah Kuku

Selain menyebabkan gangguan pada rambut, bahaya kekurangan protein juga bisa menyebabkan masalah pada kuku Anda. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar komponen kuku juga tersusun dari protein. 

Kurangnya protein dalam tubuh bisa mengakibatkan kuku menjadi lebih mudah patah atau retak. Selain itu, saat tubuh mengalami defisiensi protein akan muncul bercak putih pada permukaan kuku. 

4. Sulit Berkonsentrasi

Apakah Anda sering mengalami sulit berkonsentrasi atau sulit berpikir? Bisa jadi tanda tersebut menunjukkan jika tubuh Anda kekurangan asupan protein. 

Protein memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh Anda agar selalu stabil. Seperti yang Anda ketahui, agar dapat melakukan tugasnya dengan baik otak memerlukan energi yang dihasilkan oleh karbohidrat atau gula darah. 

Jika tubuh kekurangan protein maka kadar gula darah menjadi tidak stabil. Akibatnya otak tidak bisa bekerja dengan baik karena kekurangan energi dan Anda akan sulit untuk fokus atau berpikir. 

3. Susah Tidur

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda sulit tidur seperti mengonsumsi kafein berlebihan, stres dan termasuk salah satunya yaitu defisiensi protein. 

Mengapa kekurangan protein bisa sebabkan Anda susah tidur? Hal tersebut dikarenakan protein berperan penting dalam mengontrol hormon tubuh yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Jadi, Anda bisa memperbaiki pola makan dan kualitas tidur Anda dengan mencukupi kebutuhan protein harian tubuh Anda. 

7. Pembengkakan Tubuh

Protein memang memiliki banyak sekali fungsi penting termasuk salah satunya yaitu berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Adanya protein dapat menahan air dan garam dalam tubuh.

Bahaya kekurangan protein bisa menyebabkan keseimbangan cairan akan terganggu sehingga jaringan akan menyerap cairan dan terjadi penumpukan cairan yang bisa menyebabkan pembengkakan tubuh terutama di area kaki.

Kondisi ini biasanya menandakan jika tubuh Anda mengalami defisiensi protein yang sangat parah. Penyakit yang ditandai dengan pembengkakan ini sering disebut dengan kwashiorkor. 

Apabila Anda kesulitan menentukan jumlah atau jenis makanan apa yang bisa mencukupi kebutuhan protein harian Anda maka Anda bisa menggunakan meal plan dari MelaFit. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa kunjungi pilihan meal plan kami.

Itulah beberapa bahaya kekurangan protein untuk tubuh yang perlu Anda waspadai. Apapun tujuannya, penuhi kebutuhan protein harian Anda dengan berlangganan Meal Plan dari MealFit. Hubungi kami di sini!