Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Anti Ribet: Tips Sarapan Bernutrisi di Meja Kantor

Written by Mealfit | Jan 22, 2024 3:00:00 AM

Aktivitas pagi yang sibuk, jarak dari rumah ke kantor yang jauh membuat Anda tidak punya waktu yang cukup untuk sarapan di rumah. Akhirnya, lebih memilih untuk sarapan di meja kantor agar lebih praktis, sembari mengecek agenda atau jadwal harian. 

Namun, Anda mungkin cemas, makanan sehat apa yang cocok untuk dijadikan sarapan di kantor? Apakah harus memasak sendiri atau membeli? Jangan sampai juga makanan Anda memicu kecemasan!

Nah, biar tidak bingung, ikuti tips agar bisa menikmati sarapan bergizi di kantor dengan praktis, ya. 

Tips Sarapan di Meja Kantor yang Sehat 

1. Datang ke Kantor Lebih Awal

Ketika sudah meniatkan untuk sarapan di kantor, usahakan untuk datang lebih dulu dari rekan lainnya. Tujuannya, agar tidak ada waktu kerja yang terpotong dan Anda juga bisa menikmati sarapan dengan nyaman, tanpa harus diburu-buru. 

2. Membawa Bekal dari Rumah

Agar kandungan gizi dari makanan tetap terjaga, Anda bisa membawa bekal dari rumah. Biar tidak ribet, bisa lho menyiapkan makanan di malam harinya. Misal, overnight oatmeal atau yogurt bowl

3. Memesan Catering Sehat

Semakin praktis jika Anda berlangganan catering sehat seperti Mealfit. Selain praktis, kandungan gizi didalamnya juga terjaga sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anda juga tidak perlu capek-capek memasak atau membawa bekal selama perjalanan. Begitu sampai di kantor, makanan sudah siap sedia di meja dan tinggal menyantapnya. Praktis, sehat, dan mengenyangkan. 

Makan sehat di kantor tidak hanya membuat Anda lebih sehat, namun juga bisa meningkatkan produktivitas Anda.

4. Sarapan Bersama Rekan Kerja

Sarapan di meja kantor akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama rekan kerja dengan menu yang sama-sama sehat. Selain menyenangkan, kegiatan ini bisa membantu memperbaiki mood sehingga siap untuk memulai semua agenda yang sudah terjadwal. Lebih mengasyikkan lagi, Anda bisa saling icip makanan yang dibawa rekan kerja. 

5. Pilih Menu yang Praktis dan Tidak Berbau

Agar kegiatan sarapan Anda tidak mengganggu rekan kerja lainnya, pastikan memilih makanan sehat yang tidak meninggalkan bau tidak sedap di ruangan. Jadi, pilih makanan ringan yang praktis tetapi mengenyangkan dalam waktu lama. Contoh, oatmeal, granola bar, buah, atau sandwich

Menu Sarapan Bergizi yang Cocok untuk di Kantor

Ada banyak menu makanan yang bisa dijadikan sarapan di meja kantor dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Tentunya mengenyangkan dan praktis dalam membuatnya. Bahkan, Anda bisa membuat di kantor dan cukup menyediakan bahan-bahannya di laci meja. 

Nah, apa saja makanan sehat tersebut? Intip, yuk!

1. Oatmeal 

Menu paling mudah yang sudah banyak tersedia di toko-toko dalam kemasan instan. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat selama beberapa menit. Agar lebih creamy, bisa menggunakan susu hangat dan ditambahkan kacang-kacangan atau buah-buahan. 

Anda bisa menyetok oatmeal instant di laci meja, tanpa harus repot-repot membawa dari rumah. Namun, makanan ini mengandung gula di dalamnya sehingga kurang tepat untuk diet. Bila sedang diet, Anda bisa membuat overnight oatmeal yang terbuat dari havermut utuh dan memasaknya di malam hari dengan campuran susu, buah, serta madu. 

2. Sereal 

Makanan sehat dan praktis ini mengandung kalori yang cukup untuk tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa menyeduhnya dengan susu hangat serta memberi topping tambahan sesuai selera. Misal, topping pisang, stroberi, kacang-kacangan, atau bahkan anggur. 

3. Smoothies 

Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan di meja kantor. Selain mudah dibuat, kandungan seratnya juga banyak dan membuat kenyang dalam waktu lama. Agar lebih sehat, Anda bisa mencampurkan buah dengan susu yang rendah lemak, perasan jeruk untuk menambahkan rasa segar di dalamnya, serta pisang untuk memberi rasa manis. 

4. Bubur Quinoa

Serupa dengan gandum, tetapi quinoa memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, sehingga menyehatkan. Anda bisa menggunakan quinoa instan yang mudah diperoleh di toko-toko dan mencampurkannya dengan susu hangat. Tambahkan topping kesukaan agar menambah rasa yang membangkitkan selera. 

5. Salad Buah atau Sayur

Salad termasuk makanan yang rendah kalori, banyak mengandung serat, dan cocok untuk Anda yang sedang diet tetapi ingin tetap sarapan. Banyak jenis sayur atau buah yang bisa dijadikan pilihan seperti mentimun, tomat, kale, asparagus, kubis, apel, dan lain-lain. 

Agar lebih mengenyangkan, Anda bisa menambahkan telur rebus atau daging ayam bagian dada yang sudah direbus dan dibumbui. 

6. Roti Isi

Menu sarapan di meja kantor yang praktis selanjutnya adalah roti isi. Anda bisa membuat sendiri dari rumah, membeli di jalan, atau berlangganan catering. Agar lebih sehat, Anda bisa menggunakan roti gandum, yang dilengkapi dengan daging, telur, dan sayuran. Kandungan dari roti isi cukup lengkap, sebab terdapat karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Pastinya juga rendah kalori sehingga cocok untuk menu sarapan saat sedang diet. 

Nah, di antara keenam menu sarapan di meja kantor tersebut, mana nih yang paling sering Anda santap? Agar lebih praktis dan tidak perlu ribet memasak atau membeli di jalan, Anda bisa berlangganan di Mealfit. 

Makanannya sudah pasti terbuat dari bahan-bahan yang segar, sehat karena tanpa MSG, tinggi protein, dan pastinya praktis. Pasalnya, menu Mealfit bisa disajikan dalam waktu 3 menit. Jadi, Anda bisa menyimpan makanannya di kantor dan cukup dipanaskan di microwave sebelum mengkonsumsinya agar lebih nikmat. Yuk, kontak kami untuk berkonsultasi!