Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

Anda Hobi Makan? Kenali Dampak Positif dan Negatifnya

Written by Mealfit | Jan 15, 2024 3:00:00 PM

Apakah Anda menyukai makanan tertentu seperti hobi makan berbagai macam gorengan, junk food, makanan bersantan, makanan pedas, atau senang berburu kuliner yang sedang viral? Tentunya, setiap orang memiliki konsep tersendiri mengenai pola makan yang dianutnya. 

Sebagian orang mungkin terbiasa makan dengan porsi mini, namun ada juga yang terbiasa menghabiskan makanan dengan porsi besar. Sebenarnya, tidak ada yang salah tentang kebiasaan yang satu ini. Sebab, hobi tersebut bisa berdampak positif dan mendatangkan keuntungan. 

Hanya saja, kebiasaan makan secara berlebihan atau dalam porsi besar bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Apa saja dampak positif dan negatif dari kebiasaan makan dengan porsi besar? Berikut ulasannya. 

5 Dampak Negatif Hobi Makan dalam Porsi Besar

Dilansir dari laman healthline.com, kebiasaan makan secara berlebihan sangat berisiko terkena penyakit kronis. Berikut lima dampak negatif yang bisa dialami oleh orang yang suka makan dengan porsi yang sangat banyak. 

1. Obesitas

Seseorang yang memiliki hobi mengonsumsi makanan dengan porsi yang sangat banyak menjadikan tubuhnya menyimpan kalori yang besar pula. Jika tidak dikeluarkan, kalori inilah yang akan menjadi lemak tubuh

Ketika lemak tubuh yang tersimpan tidak mengalami proses pembakaran dengan baik, maka yang terjadi adalah berpeluang besar akan mengalami obesitas. Banyak riset yang menyatakan bahwa orang-orang yang menderita obesitas umumnya mempunyai kebiasaan makan secara berlebihan atau makan makanan yang mengandung kalori dalam jumlah besar. 

2. Hobi Makan secara Berlebihan Meningkatkan Peluang Terkena Diabetes

Para pakar juga menemukan bahwa selain meningkatkan risiko obesitas, makan secara berlebihan juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Selain faktor keturunan, penyakit ini juga bisa timbul akibat pola makan yang buruk serta kebiasaan makan makanan dalam porsi besar. 

Seperti diketahui, penyakit diabetes ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan. Sebab, diabetes tidak bisa disembuhkan, tapi hanya bisa dikontrol jika ditangani dengan benar. 

Artinya, penderita diabetes harus bisa mempertahankan kadar gula darahnya tetap dalam batas normal agar tidak menimbulkan komplikasi atau penyakit lanjutan yang lebih parah lagi.  

3. Menurunkan Fungsi Otak

Berdasarkan penelitian, para ahli menemukan bahwa orang yang hobi makan secara berlebihan bisa menurunkan fungsi otak. Hasil riset menyatakan bahwa berat badan yang berlebih bisa berdampak negatif pada memori. Dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal, penderita obesitas secara signifikan berisiko mengalami penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia. 

4. Meningkatkan Risiko Jantung

Selain fungsi otak yang menurun, individu yang mengalami obesitas karena makan dalam porsi besar juga berisiko terkena penyakit berbahaya lainnya, salah satunya penyakit jantung. Saat tubuh mengalami obesitas, organ jantung akan lebih sulit dalam memompa darah menuju paru-paru dan ke seluruh tubuh. 

Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan fungsi jantung mengalami kerusakan. Hal ini pun bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, serta naiknya kadar gula dalam tubuh. 

5. Depresi

Orang yang makan dalam jumlah yang sangat besar akan berpotensi mengalami depresi dan perubahan mood (mood swing). Hasil riset menyatakan bahwa individu yang mengalami mood swing dan merasa depresi akan membuat nafsu makannya makin meningkat. Ini dikarenakan bagi sebagian orang yang sering merasa depresi, makan dianggap sebagai jalan keluar paling tepat untuk mengatasi masalah depresi. 

2 Dampak Positif Gemar Makan dalam Porsi Besar

Walaupun banyak riset yang menemukan berbagai macam dampak negatif jika terlalu banyak makan, namun kebiasaan yang satu ini ternyata juga memiliki dampak yang positif bagi sebagian orang. Setidaknya ada dua dampak positif yang bisa diambil dari hobi makan dengan jumlah yang besar tersebut, yaitu: 

1. Baik untuk Kesehatan

Walau terdengar cukup aneh, namun siapa sangka jika gemar makan makanan tertentu bisa menyehatkan. Salah satu contohnya adalah orang yang hobi dengan makanan pedas sehat. Rasa pedas dari cabai menurut penelitian memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

  1. Melancarkan metabolisme tubuh, ini terbukti dengan pencernaan yang menjadi lebih lancar ketika mengonsumsi makanan yang pedas.  
  2. Meredakan nyeri otot dan migrain karena cabai mengandung zat endorfin yang berfungsi sebagai anti nyeri alami. 
  3. Cabai mengandung antioksidan yang berguna untuk menghancurkan lemak sehingga membuat jantung menjadi lebih sehat, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah risiko terkena stroke. 
  4. Meningkatkan sistem imun karena cabai mengandung berbagai vitamin, terutama vitamin C. 
  5. Meredakan hidung yang tersumbat. 
  6. Meredakan stres. 

2. Dijadikan Profesi

Siapa sangka jika dari hobi bisa dimanfaatkan sebagai profesi yang menguntungkan. Sudah banyak yang sukses meraih penghasilan tinggi dengan profesi yang berkaitan dengan makan dalam jumlah besar tersebut. Selain penghasilan, Anda pun akan mendapatkan beberapa keuntungan lainnya, seperti: 

  1. Bisa makan enak secara gratis.
  2. Memiliki banyak followers
  3. Memiliki banyak relasi. 
  4. Menjadi terkenal.
  5. Mengetahui menu terbaru sekaligus resepnya. 

Itulah dampak positif dan negatif jika hobi makan dalam porsi yang besar. Pada dasarnya, semua yang dilakukan jika terlalu berlebihan akan berdampak tidak baik, terutama bagi kesehatan tubuh. Itu sebabnya, penting bagi setiap orang untuk bisa mengatur pola makan yang sehat. 

Hanya saja, ada sebagian orang tidak punya waktu lebih untuk menyiapkan menu makanan yang sehat tersebut. Maka dari itu, kehadiran Mealfit menjadi satu solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan makanan dengan gizi yang berimbang. Anda bisa menanyakan berbagai menu yang tersedia di sini.