Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

8 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Written by Mealfit | Jul 7, 2023 2:00:00 PM

Memahami ciri-ciri makanan sehat sangatlah penting agar tubuh mendapat asupan gizi lengkap dan seimbang. 

Makanan sehat tidak hanya memberikan energi yang Anda butuhkan untuk menjalani hari, tetapi juga memberikan nutrisi penting yang mendukung fungsi tubuh.

Apa Saja Ciri-ciri Makanan Sehat Bagi Tubuh? 

Dalam menjaga kesehatan tubuh, penting untuk mengenali ciri makanan sehat yang memiliki 8 karakteristik utama.

1. Memiliki Asupan Gizi yang Lengkap dan Seimbang

Makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Artinya, makanan tersebut mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, karbohidrat memberikan energi, lemak sehat mendukung fungsi otak dan hormon.

Sementara vitamin dan mineral memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh, seperti mendukung sistem imun dan menjaga kesehatan tulang.

2. Melalui Proses Pengolahan yang Optimal

Makanan sehat adalah makanan yang diproses dengan cara yang tepat dan optimal sehingga nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Proses pengolahan yang panjang dan menggunakan suhu tinggi bisa mengurangi kandungan gizi dalam makanan.

Oleh karena itu, makanan sehat biasanya melalui proses pengolahan yang minimal, seperti dikukus, direbus, atau di panggang.

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi yang Sesuai

Makanan sehat adalah makanan yang nutrisinya disesuaikan dengan kebutuhan individu. Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

Misalnya, orang yang aktif secara fisik membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan orang yang kurang aktif. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin perlu menghindari atau membatasi asupan nutrisi tertentu.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, setidaknya makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan minal.

Karbohidrat berperan sebagai sumber utama energi. Lemak dapat membantu perkembangan otak dan penyerapan vitamin.

Protein dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh. Sementara itu, vitamin dan mineral bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Terjamin Kebersihannya dan Bebas dari Kontaminasi

Ciri-ciri makanan sehat selanjutnya adalah kebersihan yang terjaga dan bebas dari kontaminasi. 

Hal ini penting untuk mencegah adanya bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Makanan sehat juga bebas dari kontaminasi zat berbahaya, seperti pestisida dan logam berat.

5. Menghindari Penggunaan Pengawet dan MSG yang Berlebihan

Ciri-ciri makanan sehat selanjutnya adalah minim menggunakan pengawet dan MSG. Pengawet dan MSG (Monosodium Glutamate) bisa berdampak negatif pada kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran yang besar.

Beberapa jenis pengawet makanan seperti natrium benzoat, nitrat, dan nitrit dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti iritasi lambung, gangguan usus, dan perubahan dalam komposisi mikrobiota usus.

Sementara itu, MSG bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Penggunaan Garam, Gula, dan Minyak yang Bijak

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung garam, gula, dan minyak dalam jumlah yang seimbang.

Pasalnya, mengkonsumsi garam, gula, dan minyak dalam jumlah berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, makanan sehat biasanya memiliki rasa yang alami dan tidak terlalu manis, asin, atau berminyak.

7. Tinggi akan Serat

Ciri-ciri makanan sehat selanjutnya adalah mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus, yang mendukung kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan yang kaya serat cenderung lebih mengenyangkan karena memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan dan menjaga berat badan.

Makanan yang kaya serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

8. Warna, Bau, Rasa, dan Bentuk Tidak Berubah

Warna, baru, rasa, dan bentuk merupakan ciri-ciri makanan yang sehat dan alami. Pasalnya, makanan ini tidak mengalami perubahan akibat proses pengolahan atau penambahan bahan kimia.

Misalnya, buah dan sayuran segar memiliki warna yang cerah, bau yang segar, rasa yang khas, dan bentuk yang utuh. Jika empat komponen ini berubah, bisa jadi makanan tersebut sudah rusak atau mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Demikianlah 8 ciri-ciri makanan sehat yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat membuat pilihan makanan yang lebih baik dan menikmati manfaat kesehatan jangka panjang dari diet seimbang.

Untuk membantu Anda menjalani diet sehat dengan mudah, percayakan kepada MealFit. Kami menyediakan berbagai menu makanan sehat yang lezat dan bergizi, siap dikirim ke lokasi Anda! Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin melakukan pemesanan, segara hubungi kami di sini.