Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

7 Rekomendasi Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Diet Sehat

Written by Mealfit | Aug 30, 2023 2:00:00 PM

Banyak orang yang masih salah dalam menjalani diet, misalnya dengan menunda atau bahkan melewati waktu makan. Padahal, meski sedang diet, tubuh manusia tetap membutuhkan asupan nutrisi. Terdapat berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi untuk diet yang bisa dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.

Dengan tetap memperhatikan kandungan nutrisi, maka Anda bisa menjalani diet dengan cara yang sehat. Aktivitas sehari-hari pun bisa berjalan dengan lancar karena asupan nutrisi telah terpenuhi dengan baik.

Rekomendasi Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Diet

Untuk bisa menjalani diet dengan sehat dan nutrisi tubuh tetap terpenuhi, berikut adalah rekomendasi makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh, seperti mineral, vitamin, dan folat. Selain itu, kandungan serat dan protein yang dimiliki juga terbilang tinggi, sehingga bisa menjadikan Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Karena berbagai kandungan tersebut, kacang-kacangan menjadi salah satu makanan bernutrisi tinggi untuk diet. Berbagai jenis kacang bisa Anda pilih misalnya kacang merah, kacang tanah, dan kacang kedelai.

2. Gandum

Gandum merupakan makanan yang cocok untuk diet, karena memiliki kandungan serat yang tinggi serta bisa menjadi sumber karbohidrat. Jika ingin membuat diet menjadi lebih optimal, maka Anda bisa memanfaatkan gandum untuk mengganti nasi.

Gandum juga bisa membuat Anda lebih lama merasa kenyang, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengontrol supaya tidak makan secara berlebihan. Sebaiknya, Anda memilih jenis gandum utuh, tidak perlu dicampur dengan berbagai bahan lainnya.

3. Kentang

Makanan bernutrisi tinggi untuk diet lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menu diet yaitu kentang. Selain menjadi sumber karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan kalium yang bisa bermanfaat untuk membuat tekanan darah Anda tetap berada dalam kondisi yang stabil.

Kalori yang terkandung dalam kentang juga terbilang rendah, sehingga cocok untuk menjadi pengganti nasi. Berbagai kandungan vitamin juga bisa Anda peroleh, misalnya vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, serta vitamin B9.

Supaya berbagai nutrisinya tidak hilang, maka sebaiknya diolah dengan cara yang sehat, misalnya dengan dikukus atau direbus.

4. Berbagai Jenis Ikan

Selain menjadi sumber protein yang sehat, terdapat berbagai jenis nutrisi lain yang terkandung dalam ikan. Kandungan tersebut meliputi vitamin D, selenium, serta asam lemak omega-3. Hal tersebut membuat ikan menjadi bahan makanan bernutrisi tinggi untuk diet.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri cukup tinggi, misalnya ikan tongkol dan ikan tuna. Konsumsi ikan jenis ini perlu dibatasi saat diet. 

Anda bisa memilih berbagai jenis ikan lainnya yang rendah akan merkuri, misalnya ikan sarden dan ikan salmon.

5. Sayur dan Buah

Makanan bernutrisi tinggi untuk diet berikutnya adalah berbagai jenis buah dan sayur. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayur dan buah sangat bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jika ingin bahan makanan yang cepat kenyang supaya bisa lebih mendukung program diet, Anda bisa memilih buah dan sayur yang memiliki serat dan kadar air yang tinggi. Sebagai contoh, Anda bisa mengkonsumsi semangka, stroberi, selada, dan timun.

Supaya terlihat lebih menarik, Anda bisa membuat menu yang menyenangkan seperti salad buah atau salad sayur. Anda juga bisa mencampurkan berbagai bahan sehat lainnya, seperti keju rendah lemak dan yogurt.

6. Teh Hijau

Teh hijau juga bagus untuk program diet Anda, sebab bisa kandungannya bisa berfungsi untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, metabolisme tubuh juga bisa ditingkatkan dengan kandungan dari teh hijau.

Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, karena terdapat kandungan kafein di dalamnya. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai efek negatif, seperti sakit kepala, insomnia, dan dada berdebar dengan terlalu cepat.

7. Cokelat Hitam

Ketika diet, berbagai jenis camilan manis perlu Anda hindari, supaya berat badan tetap terjaga. Namun, jika masih ingin mengkonsumsi camilan yang enak, maka cokelat hitam bisa menjadi alternatif yang cocok untuk Anda.

Cokelat hitam bisa mengurangi hormon ghrelin atau hormon yang menyebabkan timbulnya rasa lapar dalam tubuh. Ini bisa menjadi solusi yang bagus jika Anda sering kesulitan dalam mengontrol rasa lapar.

Namun, jumlah konsumsinya tetap perlu diperhatikan, jangan dikonsumsi secara berlebihan. Meski cocok untuk camilan diet, tetap saja memiliki kandungan kalori sehingga konsumsinya perlu dibatasi.

Itulah berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi rekomendasi menu diet untuk Anda. Dengan kandungan nutrisi yang seimbang, maka Anda bisa menjalani diet dengan sehat sekaligus mencegah risiko berbagai penyakit.

Setelah mengetahui jenis-jenis makanan bernutrisi tinggi untuk diet, maka Anda bisa menyusun menu diet yang lebih sehat.  Jika merasa kesulitan dalam membuat menu atau memilih bahan, maka menu makanan dari Mealfit bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi solusi. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!