Artikel | Mealfit - Catering Sehat yang Fresh & Praktis

5 Olahraga Simpel di Rumah dan Meal Plan Pendukungnya

Written by Mealfit | Oct 9, 2023 2:00:00 PM

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan olahraga simpel di rumah. Pertama, berolahraga di rumah jauh lebih praktis dan hemat waktu. Anda tidak perlu membuang waktu dan energi tambahan untuk pergi ke tempat fitness.

Selain itu, berolahraga di rumah juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki akses ke fasilitas kebugaran atau memiliki jadwal yang padat. Apalagi, ada banyak sekali jenis olahraga simpel yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

5 Rekomendasi Olahraga Simpel di Rumah

Lalu, apa saja pilihan jenis olahraga sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke tempat fitness, gym, atau pusat kebugaran lainnya? Berikut ini beberapa opsi yang bisa Anda coba:

1. Gerakan Duduk dan Berdiri

Gerakan ini sangat sederhana dan hanya memerlukan kursi sebagai alat bantu. Anda dapat melakukannya di mana saja, bahkan di ruang yang terbatas. Caranya, cukup duduk selama 3 detik lalu berdiri kembali, dan ulangi gerakan ini secara berirama.

Selama melakukan gerakan ini secara repetitif, pastikan untuk duduk tanpa bersandar sambil menjaga posisi tubuh tetap tegak, dan menarik perut ke dalam. Ini adalah latihan yang bagus untuk melatih pernapasan dan otot-otot kaki Anda.

2. Jogging di Tempat

Jogging adalah salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan di mana saja, termasuk di rumah. Bahkan, Anda tidak perlu pergi ke luar ruangan atau memiliki alat treadmill yang mahal.

Cukup cari ruangan yang cukup luas di dalam rumah, seperti ruang tamu atau koridor, dan mulailah berjalan atau berlari di tempat. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kardiovaskular sekaligus membakar kalori.

Namun sebelum memulai jogging, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebagai langkah menghindari cedera. Contoh pemanasan sederhana yang bisa dicoba yaitu berjalan di tempat atau menggerakkan lengan dan kaki sebelum berlari.

3. Naik Turun Tangga

Jika di rumah Anda terdapat tangga, ini bisa dimanfaatkan sebagai space yang tepat untuk olahraga simpel di rumah. Caranya pun sangat mudah, cukup naik dan turun tangga seperti yang biasanya dilakukan sehari-hari.

Sebab, pembakaran kalori dari naik turun tangga bisa sama atau bahkan lebih besar dari aktivitas jogging. Sebaiknya, lakukan gerakan ini secara berulang kali dan sesuai dengan irama. Anda bahkan dapat meningkatkan kecepatan jika mulai terbiasa.

4. Push-up

Push-up adalah gerakan yang efektif untuk melatih otot tubuh bagian atas. Anda juga tidak memerlukan peralatan khusus untuk melakukan olahraga ini, sehingga siapapun bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja saat berada di rumah.

Cara melakukannya adalah dengan berbaring tengkurap dengan posisi tangan berada di bawah bahu. Angkat tubuh ke atas dengan tangan sambil menjaga tubuh tetap lurus, lalu turunkan kembali tubuh ke bawah. Lakukan gerakan ini secara berulang.

5. Sit-up

Selain push-up, alternatif lainnya adalah sit-up. Ini adalah jenis olahraga simpel di rumah yang sangat bagus untuk melatih otot perut. Anda dapat melakukannya di lantai dengan posisi kaki ditekuk atau lurus.

Kemudian, posisikan tangan di belakang kepala atau di dada, lalu angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut dan turunkan kembali ke lantai. Sama seperti push-up, sebaiknya lakukan gerakan ini berulang kali.

Alasan Meal Plan sebagai Pendukung Olahraga

Selain melakukan olahraga simpel di rumah secara teratur, menjaga pola makan yang sehat juga merupakan kunci dalam mencapai tubuh yang bugar. Inilah yang menjadi alasan mengapa meal planning atau perencanaan makanan sangat penting.

Pasalnya, merencanakan asupan makanan dapat membantu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat dan seimbang, baik itu karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Ini akan membantu tubuh Anda tetap bertenaga saat berolahraga.

Dukung Olahraga dengan Meal Plan!

Dalam mengejar target tubuh yang bugar dan sehat melalui olahraga, penting untuk memiliki dukungan menu makanan yang tepat. Oleh karena itu, MealFit adalah solusi sempurna untuk memastikan Anda mendapatkan makanan yang sehat sesuai kebutuhan nutrisi harian.

MealFit menyediakan layanan Meal Plan dengan berbagai pilihan menu makanan sehat bergizi seimbang sesuai kebutuhan dan preferensi diet Anda. Berikut ini berbagai benefit yang bisa Anda peroleh melalui program Meal Plan dari MealFit:

  1. Sehat: Makanan dari MealFit bebas MSG, rendah glikemik, kaya protein, dan bergizi, sesuai untuk mendukung gaya hidup sehat Anda.

  2. Segar: Kemasan MealFit mampu mempertahankan kesegaran dan kerenyahan makanan hingga satu minggu di dalam kulkas, sehingga Anda selalu bisa mendapatkan makanan segar.

  3. Praktis: Teknologi vacuum skin packaging membuat menu makanan MealFit siap disantap kapan saja hanya dalam 3 menit, tahan tumpah, dan sangat praktis saat Anda sedang bepergian.

Jadi, apa target olahraga rutin Anda? Apakah untuk menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan, atau meningkatkan massa otot? Apapun tujuannya, dukung kegiatan olahraga simpel di rumah dengan berlangganan Meal Plan dari MealFit. Hubungi kami di sini!